Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker

10 Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Kanker Ilustrasi bawang merah. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/ORLIO

Merdeka.com - Bawang merah tentu sudah familiar bagi kebanyakan orang. Bawang jenis ini biasa digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai salah satu bumbu dapur utama mereka. Namun, apakah Anda juga telah mengetahui bahwa khasiat bawang merah ini juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita?

Bawang merah memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti sodium, kalium, folat, vitamin A, C, dan E, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi. Bawang merah adalah makanan super yang bisa menjadi sumber makanan yang sangat baik bagi tubuh kita.

Agar dapat mengetahui dengan rinci, berikut ini kami telah rangkum 10 khasiat bawang merah untuk kesehatan, yang dilansir dari Healthshots.

Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Tulang

ilustrasi bawang merah

©Pixabay

1. Bantu Jaga Kesehatan JantungKhasiat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat dapat menjaga kesehatan jantung. Bawang kaya akan flavonoid dan tiosulfinat. Kegunaan flavonoid dalam bawang merah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh Anda dan tiosulfinat diketahui menjaga konsistensi darah dengan benar, seperti pengencer darah. Karena itu, risiko serangan jantung dan stroke berkurang berkali-kali lipat.

Sebuah laporan dari Cambridge University Press juga mengatakan bahwa flavonoid yang ada dalam bawang merah membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat.

2. Bantu Tulang Lebih SehatKhasiat bawang merah yang selanjutnya adalah dapat membuat tulang menjadi lebih sehat. Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), hanya satu bawang merah yang mengandung 25,3 mg kalsium. Kalsium sama dengan tulang yang kuat, jadi menambahkan sayuran ini ke salad dapat membangun kesehatan tulang yang lebih baik.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Cegah Kanker

ilustrasi bawang merah

©Shutterstock

3. Tingkatkan Kekebalan TubuhKhasiat bawang merah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Antioksidan yang ada dalam bawang dapat membantu Anda memperkuatnya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mediators of Inflammation, komposisi kimia bawang merah sangat kuat sehingga membantu peningkatan kekebalan dan juga memiliki sifat anti kanker.

4. Cegah KankerKhasiat bawang merah untuk kesehatan yang berikutnya adalah memiliki zat yang dapat menjadi bahan untuk cegah kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, melakukan studi terhadap seberapa sering orang Italia dan Swiss konsumsi bawang merah, bawang putih, dan sayuran. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak bawang merah, risiko kanker semakin rendah.

Khasiat bawang merah ini berkat adanya kandungan quercetin dan antosianin, yang dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker sel kolon dan payudara.

Atasi Masalah Pernapasan dan Bantu Penglihatan Lebih Baik

ilustrasi bawang merah

©2014 Merdeka.com/shutterstock/Nata-Lia

5. Atasi Masalah PernapasanKhasiat bawang merah untuk atasi masalah pernapasan berkat perannya menjadi anti-alergen dalam beberapa kasus. Alergi akan menjadi peran utama dalam memberi kita masalah pernapasan. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal DARU Journal of Pharmaceutical Sciences , makan bawang merah memiliki efek relaksasi pada otot-otot trakea yang terisolasi yang membantu pasien asma bernapas dengan mudah. Ini terjadi karena adanya flavonoid di dalamnya.

6. Bantu Penglihatan Menjadi Lebih BaikKhasiat bawang merah yang selanjutnya adalah dapat membantu penglihatan menjadi lebih baik. Konjungtivitis selama tahun-tahun ini sangat umum. Selenium dalam bawang membantu dalam produksi vitamin E, yang pada gilirannya mencegah masalah mata yang menyakitkan ini. Padahal, obat tetes mata sone natural juga mengandung ekstrak sari bawang merah.

Tingkatkan Kesehatan Mulut dan Seksual

ilustrasi bawang merah

©©shutterstock.com/Roobcio

7. Tingkatkan Kesehatan MulutBerkat adanya kandungan vitamin C di dalamnya, khasiat bawang merah dianggap dapat meningkatkan kesehatan mulut. Banyak dari kita menghindari makan bawang karena bau mulut yang ditinggalkannya. Namun ternyata umbi ini baik untuk kebersihan mulut, berkat kandungan vitamin C-nya.

8. Tingkatkan Kesehatan SeksualKhasiat bawang merah berikutnya adalah bermanfaat untuk tingkatkan kesehatan seksual. Jika pasangan Anda sedang menghadapi disfungsi ereksi maka buat dia makan bawang karena menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biomolecules, itu dapat membantu dalam memperbaikinya. Studi tersebut juga mengatakan bahwa itu juga membantu meningkatkan tingkat testosteron pada pria.

Buat Kulit Bercahaya dan Sehatkan Rambut

ilustrasi bawang merah

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/spaxiax

9. Berikan Kulit Bercahaya dan Awet MudaBawang mengandung vitamin A, C, dan K – dan Anda membutuhkan semuanya untuk kulit yang sempurna. Vitamin ini tidak hanya membantu Anda menghilangkan pigmentasi tetapi juga melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya.

10. Sehatkan RambutKhasiat bawang merah yang terakhir adalah akan dapat meningkatkan kesehatan rambut. Meskipun tidak banyak bukti ilmiah yang membuktikan hal ini, banyak produk rambut yang beredar di pasaran menggunakan campuran jus bawang untuk pertumbuhan rambut. 

Selain itu, karena sifat antibakterinya, bawang merah membantu menjauhkan ketombe dan kutu dari kulit kepala Anda.

(mdk/raf)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Pelengkap Masakan yang Bisa Cegah Kanker
8 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan, Pelengkap Masakan yang Bisa Cegah Kanker

Daun bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak hanya menambah aroma dan rasa pada masakan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Baca Selengkapnya
6 Manfaat Konsumsi Buah Kering bagi Kesehatan, Praktis dan Kaya Nutrisi
6 Manfaat Konsumsi Buah Kering bagi Kesehatan, Praktis dan Kaya Nutrisi

Selain memberikan kelezatan, buah kering juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Baca Selengkapnya
Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Gairah Pria
Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Gairah Pria

Manfaat buang pinang untuk kesehatan yang jarang diketahui. Namun perlu diwaspadai juga efek sampingnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jenis Kerang Aman Dikonsumsi, Ketahui Kandungan Nutrisinya
Jenis Kerang Aman Dikonsumsi, Ketahui Kandungan Nutrisinya

Jenis kerang yang aman dikonsumsi ini meliputi kerang hijau, kerang bambu, kerang simping, kerang tiram, kerang kepah, hingga kerang kijing.

Baca Selengkapnya
8 Manfaat Kesehatan Buah Naga yang Tidak Boleh Disepelekan
8 Manfaat Kesehatan Buah Naga yang Tidak Boleh Disepelekan

Sejumlah manfaat kesehatan bisa diperoleh dari konsumsi buah naga.

Baca Selengkapnya
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa
Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Berbuka Puasa

Pada saat berbuka puasa, terdapat sejumlah makanan yang terbaik untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Baca Selengkapnya
Makan Buah Malam Hari, Amankah?
Makan Buah Malam Hari, Amankah?

Makan buah pada malam hari umumnya aman dan bahkan dianjurkan sebagai bagian dari pola makan sehat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya
Manfaat Kesehatan Pisang dan Tips Mengkonsumsinya

Pisang adalah buah serbaguna yang terkenal lezat dan kaya manfaat. Yuk, simak apa aja manfaat pisang dan tips mengkonsumsinya!

Baca Selengkapnya
20 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Terdapat di Dalam Pisang
20 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Terdapat di Dalam Pisang

Pisang merupakan buah yang mudah ditemukan dan dikonsumsi di seluruh Indonesia. Buah ini tak hanya lezat tapi juga menyimpan beragam nutrisi penting.

Baca Selengkapnya