Tanda-Tanda Hamil Empat Minggu dan Cara Mengatasinya, Perlu Diketahui

Sabtu, 8 Agustus 2020 13:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Tanda-Tanda Hamil Empat Minggu dan Cara Mengatasinya, Perlu Diketahui ilustrasi kehamilan. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Tanda-tanda hamil memang selalu muncul dan dirasakan oleh setiap wanita yang sedang mengandung. Baik di awal hingga di akhir masa kehamilan sebelum waktu persalinan tiba. Dari setiap masa kehamilan, tentu tanda-tanda hamil yang muncul bisa berbeda. Hal ini tentu saja berkaitan dengan perubahan hormon dan kondisi fisik yang dialami ibu di setiap trimesternya.

Salah satu tanda-tanda hamil yang perlu diperhatikan adalah saat usia kehamilan memasuki empat minggu. Ini masih dikatakan sebagai tahap awal di masa kehamilan. Dengan begitu, tanda-tanda hamil yang muncul pada masa ini bisa semakin memastikan seorang ibu bahwa terdapat janin yang berhasil dibuahi di dalam rahimnya.

Selain memperhatikan tanda-tanda hamil ini, Anda juga bisa menggunakan alat test pack untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Sebab, biasanya pada usia kehamilan empat minggu akan diperoleh hasil positif dengan jelas pada tes kehamilan urin yang dilakukan. Sehingga akan diperoleh hasil yang jelas menunjukkan bahwa Anda telah positif hamil.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa setiap wanita harus memperhatikan tanda-tanda hamil yang terjadi pada tubuhnya. Jika tanda-tanda hamil dapat disadari sejak awal, tentu akan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan ibu untuk menjaga kandungannya dengan baik. Hal ini secara tidak langsung juga mengurangi risiko terjadinya keguguran atau kemungkinan buruk lainnya pada kandungan ibu.

Bagi Anda yang sedang menunggu kehamilan khususnya anak pertama, perlu mengenal dan memahami tanda-tanda hamil pada tahap awal berikut. Dilansir dari laman Healthline, berikut kami telah merangkum ulasan tanda-tanda hamil empat bulan yang perlu diketahui.

2 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil Awal

010 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock

Sebelum mengetahui tanda-tanda hamil empat minggu, tentu perlu diketahui tanda-tanda hamil dasar yang biasanya terjadi. Secara umum, tanda fisik yang akan dialami oleh seorang wanita hamil adalah telat datang bulan. Dalam hal ini tentu setiap wanita memiliki siklus menstruasi setiap bulannya. Jika Anda telah melewati tanggal menstruasi yang seharusnya terjadi, ini bisa menjadi salah satu tanda kehamilan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kadar progresteron yang ada pada tubuh Anda telah memengaruhi keseimbangan hormon untuk mempertahankan kehamilan. Seiring berjalannya waktu, janin di dalam kandungan akan berkembang dan tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Hormon tersebut biasanya berkembang setelah 7 hari sampai 11 hari setelah terjadinya pembuahan yang akhirnya akan berubah menjadi plasenta.

3 dari 5 halaman

Perkembangan Bayi Usia 4 Minggu

005 siti rutmawati©americanpregnancy.org

Sebelum mengetahui tanda-tanda hamil empat minggu, sebelumnya perlu dipahami bahwa pada usia ini biasanya perkembangan janin akan berlangsung cepat. Di mana setengah dari sel-selnya akan berubah menjadi embrio sebesar biji opium di terakhir minggu keempat. Sementara, setengah sel lainnya akan berfungsi menjaga dan melindungi janin serta memberi makan untuk pertumbuhannya.

Meskipun perkembangan janin masih kecil, namun di dalamnya sudah terbentuk berbagai karakteristik lain yang membentuk tubuh. Seperti bakal warna mata, warna rambut, jenis kelamin, dan yang lainnya. Beberapa karakteristik ini tidak lain berkembang dan dapat ditentukan melalui kromosomnya.

4 dari 5 halaman

Tanda-Tanda Hamil Empat Minggu

002 destriyana©2015 Merdeka.com/shutterstock

Dapat dikatakan, tanda-tanda hamil awal memang sering kali tidak disadari oleh sebagian wanita. Bahkan tidak jarang banyak wanita tidak menyadari bahwa dirinya hamil berminggu-minggu terutama saat tidak mengikuti siklus menstruasi setiap bulannya. Hal ini sebenarnya, perlu dihindari. Sebab dengan mengetahui dan menyadari tanda-tanda hamil di tahap awal bisa membantu menjaga kondisi janin dalam kandungan tetap baik.

Beberapa tanda-tanda hamil empat minggu berikut bisa menjadi salah satu gejala kehamilan awal yang bisa Anda perhatikan, seperti :

  • Payudara terasa nyeri
  • Mudah lelah
  • Sering buang air kecil
  • Muncul perasaan mual
  • Indera perasa dan penciuman menjadi sensitif
  • Mengidam makanan atau menghindari makanan tertentu

Beberapa tanda-tanda hamil yang muncul di usia empat minggu tersebut dikatakan hampir mirip dengan gejala normal sebelum menstruasi. Dengan begitu, tidak heran jika banyak wanita yang tidak menyadari bahwa itu merupakan tanda-tanda hamil.

Namun hal ini masih dapat dibuktikan lebih lanjut dengan menggunakan tes kehamilan urine. Jika hasil yang didapatkan positif, maka gejala yang sebelumnya terjadi memang merupakan tanda-tanda hamil di tahap awal.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi

ilustrasi hamil©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Subbotina Anna

Setelah mengenali beberapa tanda-tanda hamil empat minggu di atas, Anda juga perlu memahami bagaimana cara mengatasi setiap gejala yang dirasakan. Berikut beberapa cara mengatasi tanda-tanda hamil yang bisa Anda praktikkan :

  1. Gunakan bra yang nyaman di siang maupun malam hari saat hendak tidur untuk mengurangi ras nyeri yang dirasakan.
  2. Jika merasa cepat lelah, cobalah untuk tidur sebentar di siang hari.
  3. Rutin lakukan olahraga ringan untuk mendapatkan energi tambahan, sehingga aktivitas sehari-hari dapat dikerjakan dengan baik.
  4. Kurangi konsumsi air jika sudah terlalu sering buang air kecil, namun tetap perhatikan kebutuhan hidrasi tubuh yang baik dan cukup.
  5. Jika mengalami gejala mual, dapat diatasi dengan cara makan dalam porsi kecil, hindari berbagai makanan yang memicu perasaan mual. Anda juga bisa mulai mengonsumsi karbohidrat dan makanan asam untuk mengurangi rasa mual yang ada.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini