Puasanya Orang-orang yang Saleh, Ketahui Berbagai Tandanya

Kamis, 6 Mei 2021 12:12 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Puasanya Orang-orang yang Saleh, Ketahui Berbagai Tandanya Ilustrasi buka puasa. © Islam.ru

Merdeka.com - Dalam ajaran Islam, tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah orang saleh. Orang saleh sering kali dikaitkan dengan orang-orang yang mempunyai tingkat keimanan lebih baik dari orang biasa. Dalam hal ini, orang-orang yang saleh adalah mereka yang rajin mengerjakan ibadah dan berbagai amalan baik lainnya untuk mendapatkan rahmat kebaikan dari Allah.

Selain golongan orang saleh, menurut pandangan Imam Al Ghazali juga terdapat dua golongan orang lain, yaitu orang awam dan orang pilihan seperti wali dan nabi. Orang awam, orang saleh, dan wali atau nabi ini mempunyai tingkat keimanan yang berbeda. Di mana orang awam adalah golongan paling bawah, kemudian orang saleh menempati tingkat kedua, dan wali atau nabi adalah tingkat tertinggi.

Perbedaan tingkat iman yang dimiliki oleh ketiga golongan orang ini tentu mempengaruhi bagaimana mereka menjalankan ibadah, termasuk ibadah puasa. Bagi golongan orang awam, ibadah puasa yang dilakukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga hingga waktu maghrib. Sedangkan puasanya orang-orang yang saleh lebih dari itu. Dalam hal ini terdapat beberapa tanda yang menunjukkan puasanya orang-orang yang saleh.

Mulai dari puasa dengan menjaga pandangan, ucapan, pendengaran, hingga sikap yang tidak berlebihan saat berbuka puasa. Beberapa tanda-tanda ini perlu Anda pahami dengan baik, dengan begitu Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum tanda puasanya orang-orang yang saleh perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Menjaga Pandangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini