Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Perbedaan Teman dan Sahabat, Pahami Pola Hubungannya

Perbedaan Teman dan Sahabat, Pahami Pola Hubungannya ilustrasi sahabat. ©2020 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com - Memiliki seorang teman atau sahabat merupakan suatu anugerah bagi setiap orang. Sebagai makhluk sosial, tentu setiap manusia ingin hidup berkelompok dan berdampingan satu dengan yang lain. Kehadiran teman atau sahabat, termasuk menjadi pelengkap kehidupan sosial bagi setiap orang, setelah keluarga.

Meski sering kali disamakan, namun sebenarnya teman dan sahabat adalah dua hal yang berbeda. Bisa dikatakan, seorang teman belum tentu menjadi sahabat bagi seseorang. Namun, seorang sahabat adalah sosok teman yang setia dan lebih berarti bagi kehidupan seseorang.

Dalam hal ini, terdapat beberapa perbedaan teman dan sahabat yang perlu Anda ketahui. Perbedaan ini dapat dilihat dari sifat hubungan, keberadaan saat dibutuhkan, cara memahami, hingga cara mendukung satu dengan yang lain.

Beberapa hal ini, bisa menjadi pedoman untuk menilai sejauh mana hubungan Anda dengan teman, apakah hanya sebatas teman biasa atau sudah dapat dikatakan sebagai sahabat. Dengan pemahaman ini, tentu akan memudahkan Anda untuk menentukan sebuah rumah yang nyaman, ketika Anda melewati masa-masa sulit dalam hidup.

Pengetahuan ini juga dapat membantu Anda menentukan hubungan pertemanan mana yang harus dijaga dan diutamakan. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum beberapa perbedaan teman dan sahabat yang perlu Anda pahami.

Perbedaan Teman dan Sahabat: Sifat Hubungan, Keberadaan saat Dibutuhkan

Sifat Hubungan

Perbedaan teman dan sahabat yang pertama dapat dilihat dari sifat hubungan. Biasanya teman, hanya memiliki sifat hubungan yang biasa, masih terdapat perasaan canggung, dan saling berhati-hati satu sama lain.

Sementara sahabat, adalah sebuah hubungan pertemanan yang dekat dan menjadi sangat akrab. Biasanya sifat hubungannya menjadi lebih fleksibel, tidak canggung, tidak terlalu berhati-hati, dan sudah sangat mengenal satu sama lain.

Selain itu, hubungan persahabatan juga memiliki koneksi yang lebih dalam dibandingkan hubungan pertemanan. Sehingga teman belum berarti sahabat, namun sahabat berarti teman dengan hubungan yang lebih dekat dan terkoneksi.

Keberadaan saat Dibutuhkan

Perbedaan teman dan sahabat berikutnya adalah dilihat dari keberadaannya saat dibutuhkan. Ini menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan. Saat mengalami masa-masa sulit dalam hidup, seorang teman tidak dapat menjamin keberadaannya untuk Anda ketika dibutuhkan. Sebab, pertemanan hanya memiliki hubungan yang dangkal dan hanya di permukaan saja.

Sedangkan sahabat, tanpa Anda meminta, pasti seorang sahabat akan menunjukkan kehadirannya untuk Anda. Dengan suka rela, sahabat akan terus menemani Anda meskipun Anda sedang mengalami kesulitan dan berada di bawah. Mereka akan terus memberikan dukungan sekaligus kepercayaan, bahwa Anda mampu melewati ujian kehidupan, seberat apa pun itu.

Perbedaan Teman dan Sahabat: Cara Memahami, Cara Mendukung

Cara Memahami

Perbedaan teman dan sahabat selanjutnya dapat dilihat dari cara memahami. Karena hubungan dengan seorang teman hanya bersifat dangkal, maka pemahamannya tentang Anda juga tidak banyak. Mereka hanya mengenal Anda secara sekilas, sehingga tidak benar-benar mengerti kelebihan dan kekurangan Anda.

Berbeda dengan sahabat, mereka mengenal Anda sangat akrab dengan hubungan yang terkoneksi. Mereka memahami kekurangan dan kelebihan Anda, serta berbagai sifat atau karakter yang Anda miliki. Bahkan, seorang sahabat dapat mengerti dan memahami maksud Anda tanpa Anda harus berbicara. Sifat hubungan inilah yang membuat persahabatan menjadi spesial.

Cara Mendukung

Perbedaan teman dan sahabat yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu cara mendukung. Seperti telah disebutkan, hubungan Anda dengan teman tidak terlalu erat. Biasanya ini juga mempengaruhi cara teman mendukung Anda dalam kehidupan sehari-hari. Mereka cenderung ada saat diminta, tidak secara sukarela. Cara mendukungnya juga masih terbatas dalam beberapa hal saja.

Sedangkan sahabat akan mendukung apa pun yang Anda lakukan, sekaligus memberikan kepercayaan yang besar pada Anda. Meski begitu, seorang sahabat tidak akan membiarkan Anda salah arah. Walaupun mereka memberikan kepercayaan, namun mereka tak segan untuk mengingatkan Anda jika hendak memilih jalan yang salah atau kurang tepat. Ini dilakukan, karena mereka ingin yang terbaik dalam hidup Anda.

Cara Mengelola Hubungan Persabahatan dengan Baik

Setelah memahami perbedaan teman dan sahabat, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara mengelola hubungan persahabatan dengan baik. Perlu dipahami, bahwa seorang sahabat adalah sosok yang berarti bagi hidup setiap orang.

Sahabat bisa menjadi rumah di mana Anda merasa nyaman untuk bercerita, meminta dukungan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, penting bagi setiap orang untuk mensyukuri keberadaannya dengan cara mempertahankan hubungan persahabatan yang baik.

Meski tidak mudah, namun terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola hubungan persahabatan dengan baik, yaitu sebagai berikut:

  • Jaga komunikasi. Usahakan untuk terus berkomunikasi dengan sahabat, tidak perlu setiap hari mengobrol. Namun pastikan Anda mengetahui kondisi kesehariannya.
  • Menjaga komunikasi, juga bisa dengan menceritakan berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan Anda kepadanya. Saling berbagi cerita juga dapat mempererat hubungan persahabatan.
  • Sempatkan untuk bertemu dan saling mengunjungi. Tidak perlu setiap hari, namun luangkan waktu untuk bertemu, misalnya di akhir pekan, atau bisa juga Anda merencanakan liburan bersama, makan bersama, dan lain sebagainya.
  • Jalin hubungan baik pula dengan keluarganya, seperti orang tua, saudara, dan orang-orang terpenting dalam hidupnya.
  • Saling bantu dan berikan dukungan satu sama lain, baik dalam keadaan susah maupun senang. Sikap kesukarelaan inilah yang membuat hubungan persahabatan menjadi spesial.
  • Berikan apresiasi ketika sahabat Anda melakukan hal baik pada Anda. Seperti ucapan terima kasih ketika sudah dibantu, ketika mereka ada ketika Anda butuhkan, ketika selalu memberikan dukungan, dan lain sebagainya. Apresiasi kecil ini dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai keberadaan sahabat Anda.
  • (mdk/ayi)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Contoh Kata Buat Sahabat Menyentuh Hati, Jadi Ucapan Spesial untuk Teman Sejatimu
    Contoh Kata Buat Sahabat Menyentuh Hati, Jadi Ucapan Spesial untuk Teman Sejatimu

    Tiap kata yang telah terungkap kepada sahabat mempunyai kekuatan memengaruhi perasaan mereka. Begini ragam contoh katanya.

    Baca Selengkapnya
    Kehilangan Orang Tua dalam Waktu Berdekatan, Perempuan Ini Ungkap Cara Tuhan Membahagiakannya
    Kehilangan Orang Tua dalam Waktu Berdekatan, Perempuan Ini Ungkap Cara Tuhan Membahagiakannya

    Kedua perempuan ini meninggal dengan selisih waktu hanya 2 bulan saja.

    Baca Selengkapnya
    Kesenjangan adalah Perbedaan yang Tak Seimbang, Ketahui Berbagai Contohnya
    Kesenjangan adalah Perbedaan yang Tak Seimbang, Ketahui Berbagai Contohnya

    Masalah kesenjangan ini tidak hanya terjadi dalam aspek sosial masyarakat, tetapi juga berbagai aspek lainnya.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Diskriminasi adalah Perlakuan Berbeda yang Merugikan Golongan Tertentu, Ini Penyebab dan Dampaknya
    Diskriminasi adalah Perlakuan Berbeda yang Merugikan Golongan Tertentu, Ini Penyebab dan Dampaknya

    Diskriminasi sosial adalah suatu sikap membedakan secara sengaja terhadap orang atau golongan yang berhubungan latar belakang tertentu.

    Baca Selengkapnya
    Mengapa Pasangan Bahagia Jarang Berbagi Kehidupan di Medsos? Ini Alasannya
    Mengapa Pasangan Bahagia Jarang Berbagi Kehidupan di Medsos? Ini Alasannya

    Pasangan yang bahagia dengan hubungan mereka tidak tergoda untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain.

    Baca Selengkapnya
    Beda Pusing Hamil dan Pusing Biasa, Pahami Gejalanya
    Beda Pusing Hamil dan Pusing Biasa, Pahami Gejalanya

    Pusing hamil dan pusing bisa memiliki beberapa perbedaan.

    Baca Selengkapnya
    Quote Lucu tentang Teman, Cara Mudah Ekspresikan Persahabatan dengan Tawa
    Quote Lucu tentang Teman, Cara Mudah Ekspresikan Persahabatan dengan Tawa

    Merdeka.com merangkum informasi tentang quote lucu tentang teman yang untuk mengekspresikan persahabatan dengan tawa.

    Baca Selengkapnya
    Apa Perbedaan Fakta dan Opini, Ketahui Karakteristiknya
    Apa Perbedaan Fakta dan Opini, Ketahui Karakteristiknya

    Memahami perbedaan fakta dan opini memberikan banyak manfaat.

    Baca Selengkapnya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya
    10 Contoh Kalimat Fakta dan Opini, Perhatikan Perbedaannya

    10 contoh kalimat fakta dan opini akan memperjelas perbedaan keduanya.

    Baca Selengkapnya