Manfaat Jus Nanas untuk Diet, Bantu Bakar Lemak Perut hingga Lancarkan Pencernaan

Senin, 3 Oktober 2022 10:30 Reporter : Ayu Isti
Manfaat Jus Nanas untuk Diet, Bantu Bakar Lemak Perut hingga Lancarkan Pencernaan Ilustrasi nanas. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/denio109

Merdeka.com - Nanas merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah berwarna kuning dengan kulit bertekstur kasar ini mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari protein, serat, karbohidrat, gula, vitamin A, vitamin C, folat, hingga kalium. Tidak heran, jika menambahkan konsumsi nanas dalam asupan harian dapat mendukung kesehatan tubuh yang lebih baik.

Tidak hanya mendukung asupan nutrisi, konsumsi jus nanas juga dinilai dapat berguna untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini, nanas memiliki kandungan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan yang berlebih bisa lebih ditekan dan risiko penambahan berat badan semakin menurun.

Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat jus nanas untuk diet lainnya yang tak kalah penting. Mulai dari membantu menargetkan pembakaran lemak perut, melancarkan pencernaan, meningkatkan hidrasi yang cukup, hingga melancarkan metabolisme tubuh dengan baik. Bagi Anda yang berencana menurunkan berat badan yang lebih sehat, konsumsi jus nanas bisa menjadi salah satu pilihan.

Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Sehingga Anda bisa memahami batasan-batasan yang tepat dalam mengonsumsi nanas untuk tujuan diet. Dari beberapa sumber, berikut manfaat jus nanas untuk diet dan efek sampingnya:

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Nanas untuk Diet: Rendah Kalori, Membakar Lemak Perut, Melancarkan Pencernaan

  • Rendah Kalori

Manfaat jus nanas untuk diet yang pertama didapatkan dari kandungan rendah kalori dan karbohidrat di dalamnya. Nanas adalah camilan lezat bercita rasa manis namun sehat dan rendah kalori. Diketahui, satu potong nanas hanya memiliki 42 kalori, bahkan hanya 4 persen kandungan karbohidrat yang terdapat di dalamnya.

Tentu, ini menjadi camilan lezat sekaligus ramah bagi berat badan. Bagi Anda yang merencanakan penurunan berat badan yang lebih sehat, konsumsi buah nanas atau jus nanas bisa menjadi salah satu pilihan. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya sehingga kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik.

buah nanas
©2012 michfb.com

  • Membakar Lemak Perut

Manfaat jus nanas untuk diet berikutnya yaitu dapat menargetkan pembakaran lemak perut secara efektif. Dalam hal ini, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim proteolitik yang membantu memecah molekul protein dalam tubuh. Kandungan ini juga bekerja membantu pencernaan dan pemanfaatan protein yang lebih baik, sehingga Anda bisa mendapatkan massa tubuh tanpa lemak.

Selain itu, kandungan bromelain juga berfungsi memobilisasi pembakaran lemak perut secara efektif. Jika memiliki lemak tubuh yang cenderung terkumpul di bagian perut, tentu saran diet ini bisa dicoba. Namun, jika Anda memiliki masalah pencernaan maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan rekomendasi yang lebih aman.

  • Melancarkan Pencernaan

Manfaat jus nanas untuk diet juga dapat melancarkan pencernaan. Manfaat ini masih didapatkan dari kandungan bromelain. Selain melakukan pembakaran lemak perut, kandungan ini dapat bekerja meningkatkan pencernaan dengan memecah molekul protein dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Dengan sistem pencernaan yang tepat dan lancar, maka ini akan meningkatkan metabolisme yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan ekstra. Selain itu, pencernaan yang baik juga dapat membantu mengurangi kembung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Nanas untuk Diet: Kaya Serat, Meningkatkan Hidrasi, Meningkatkan Metabolisme

  • Kaya Serat

Kaya serat termasuk salah satu manfaat jus nanas untuk diet yang bisa Anda dapatkan. Dalam hal ini, nanas mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu Anda menurunkan berat badan lebih efektif.

Selain itu, mengonsumsi buah kaya serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan berlebih bisa lebih diminimalisir. Tentu ini akan membantu program penurunan berat badan lebih cepat dan menunjukkan hasil.

  • Meningkatkan Hidrasi

Manfaat jus nanas untuk diet selanjutnya juga dapat meningkatkan hidrasi. Nanas termasuk jenis buah dengan sumber air yang melimpah. Kandungan air ini dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh dengan baik. Selain itu, kandungan air pada buah nanas juga berkontribusi meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, secara tidak langsung keinginan untuk makan berlebih semakin berkurang. Bukan hanya itu, nanas juga memiliki kandungan antioksidan dan serat tinggi yang membantu fungsi penurunan berat badan lebih baik.

  • Meningkatkan Metabolisme

Manfaat jus nanas untuk diet yang terakhir namun tak kalah penting yaitu dapat meningkatkan metabolisme. Manfaat ini didapatkan dari kandungan mangan yang mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat dalam tubuh Anda, sehingga mempromosikan penurunan berat badan holistik.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa asupan mangan berbanding terbalik dengan lemak perut. Dengan begitu, jika Anda mendapatkan asupan mangan yang lebih tinggi maka lemak pada perut akan semakin berkurang. Bagi yang tertarik, Anda bisa menambahkan jus nanas dalam menu diet sehat dan seimbang yang dikonsumsi sehari-hari.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Konsumsi Nanas untuk Diet

Setelah mengetahui berbagai manfaat jus nanas untuk diet, terdapat beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Perlu diakui, dibalik berbagai manfaat yang menakjubkan, terdapat efek samping tertentu yang mungkin terjadi ketika Anda mengonsumsi buah nanas untuk tujuan diet.

Pertama, nanas dapat memberikan pembakaran kalori yang cukup signifikan, namun kemungkinan besar bisa merasa sangat lapar. Dalam kondisi ini, perasaan mudah tersinggung dan cepat lelah sering kali terjadi karena tubuh sedang dalam situasi yang kurang nyaman.

Selain itu, nanas termasuk buah dengan kandungan asam yang cukup tinggi. Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, mungkin akan terganggu dengan hal ini. Bahkan orang yang sehat tanpa gangguan pencernaan pun, bisa merasakan dampaknya, terlebih jika hanya mengonsumsi nanas sepanjang hari. Risiko diare, mual, hingga muntah juga mungkin akan dialami.

Jika Anda mengikuti program diet yang tidak melibatkan makanan apa-apa selain nanas selama 5 hari atau lebih, Anda bisa mengalami efek samping seperti pusing, pingsan, sakit kepala, nyeri kelaparan, insomnia, kelemahan, dan kelaparan ekstrem. Ini adalah pola diet tidak sehat yang perlu dihindari.

Kesimpulannya, Anda boleh menambahkan jus nanas atau buah nanas dalam diet, tetapi harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat lainnya. Perhatikan juga asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Dengan mengonsumi kombinasi makanan kaya nutrisi tentu bukan hanya penurunan berat badan yang didapatkan, tetapi juga kesehatan tubuh yang lebih baik.

Terakhir, jangan lupa pula imbangi dengan aktivitas olahraga rutin untuk pembentukan masa otot dan pengelolaan berat badan yang lebih terjaga.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini