Manfaat Bersih-Bersih Rumah bagi Kesehatan Mental, Bisa Tingkatkan Mood

Kamis, 4 Februari 2021 09:25 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Manfaat Bersih-Bersih Rumah bagi Kesehatan Mental, Bisa Tingkatkan Mood Ilustrasi Rumah. ©chicagowindowpros.com

Merdeka.com - Bagi sebagian besar orang, membersihkan rumah merupakan salah satu rutinitas wajib yang dilakukan setiap hari. Terutama bagi ibu rumah tangga, aktivitas membersihkan rumah bisa dilakukan pagi atau sore hari. Kegiatan ini dilakukan tentu untuk menjaga rumah tetap bersih, rapi, dan nyaman ditempati.

Lebih dari sekadar rutinitas harian, kegiatan bersih-bersih rumah ternyata mempunyai beragam manfaat yang bisa didapatkan. Manfaat bersih-bersih rumah yang dilakukan sebagai aktivitas harian, dapat membantu tubuh bergerak lebih banyak dan lebih aktif. Hal ini tentu dapat mendukung kesehatan fisik yang lebih baik.

Bukan hanya itu, ternyata manfaat bersih-bersih rumah juga baik untuk kesehatan mental. Dikatakan, bersih-bersih rumah dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Di samping itu, rumah atau ruangan yang bersih dan rapi juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk fokus guna menyelesaikan berbagai macam pekerjaan.

Bahkan, dengan ruangan yang bersih dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak ide dan inspirasi menarik dan positif. Sehingga aktivitas bersih-bersih rumah bukan sekadar rutinitas harian yang dilakukan tanpa alasan. Lebih dari itu, kegiatan ini dapat memberikan berbagai macam manfaat yang dapat mendukung kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh.

Jika Anda berniat membangun kebiasaan lebih sehat, aktivitas ini perlu masuk ke daftar rencana kegiatan. Anda bisa menyimak beberapa manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental berikut sebagai pertimbangan. Dilansir dari Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental yang perlu diketahui.

2 dari 6 halaman

Ruangan yang Berantakan Berdampak Negatif

ilustrasi rumah
©chicagowindowpros.com

Sebelum mengetahui beberapa manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa ruangan atau rumah yang berantakan dan kacau memberikan beberapa dampak negatif. Dalam hal ini, kondisi rumah yang berantakan dan tidak terurus dapat memicu pikiran stres dan depresi pada seseorang.

Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa wanita yang tinggal di tempat yang berantakan cenderung mudah lelah dan depresi, dibandingkan wanita yang tinggal di rumah yang tenang dan restoratif. Bukan hanya itu, wanita yang tinggal di rumah berantakan juga memiliki hormon kortisol lebih tinggi.

Bukan hanya itu, tinggal di rumah yang berantakan juga menyebabkan otak lebih sulit untuk fokus menyelesaikan pekerjaan yang ada. Kondisi kekacauan ini juga memicu risiko kebingungan, ketegangan, dan emosi yang mudah tersinggung. Sedangkan orang yang tinggal di rumah yang bersih dan rapi dinilai cenderung teratur dalam mengendalikan emosi dan menghasilkan suasana yang lebih positif.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat meningkatkan kesehatan fisik. Hal ini jelas, ketika Anda melakukan aktivitas bersih-bersih rumah tentu seluruh tubuh bergerak lebih aktif.

Bukan hanya itu, rumah yang bersih juga mempengaruhi kesehatan fisik Anda. Berdasarkan hasil penelitian, jelas ditemukan bahwa orang yang tinggal di rumah yang bersih dan rapi cenderung mempunyai kesehatan lebih baik dibandingkan mereka yang tinggal di rumah yang berantakan.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Kondisi Stres

di tempat kerja©Shutterstock

Manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental berikutnya yaitu dapat membantu mengurangi kondisi stres. Berdasarkan studi, dikatakan bahwa orang yang sedang mengalami stres cenderung melakukan perilaku berulang seperti membersihkan rumah karena hal ini dapat memberi mereka kontrol dan kendali selama mengalami kekacauan akibat stres.

Ini sudah menjadi salah satu respon umum yang sering dialami. Di mana ketika pikiran dan tubuh merasa stres ada kecenderungan untuk menertibkan atau membersihkan lingkungan sekitar untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari stress.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Mood

Manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental selanjutnya yaitu dapat meningkatkan mood atau suasana hati lebih baik. Berada di rumah atau lingkungan yang bersih menjadi salah satu faktor pendukung untuk mengurangi pikiran stres dan kecemasan yang dialami. Misalnya ketika Anda membersihkan kamar dan tempat tidur agar lebih rapi dan wangi bisa mendukung kualitas istirahat yang cukup dan baik.

Berdasarkan hasil studi, aktivitas membersihkan rumah ditambah dengan hasil akhir rumah yang bersih dan nyaman terbukti dapat membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi. Kegiatan membersihkan rumah juga dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Fokus

ilustrasi rumah©chicagowindowpros.com

Manfaat bersih-bersih rumah bagi kesehatan mental yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu dapat meningkatkan fokus menjadi lebih baik. Saat rumah berantakan, atau sangat kotor, kekacauan kekacauan tersebut dapat memengaruhi kemampuan untuk fokus.

Kekacauan juga membatasi kemampuan otak untuk memproses informasi. Faktanya, para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang tidak mudah tersinggung, kurang terganggu, lebih produktif, dan lebih mampu memproses informasi adalah mereka yang berada di lingkungan bersih, rapi, dan teratur.

Jika mengalami ini, kegiatan membersihkan ruangan atau rumah perlu dicoba. Berikan waktu beberapa menit untuk mengatur barang-barang dan membereskan segala kekacauan dapat memudahkan Anda untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini