Manfaat Air Tanah Sehari-Hari, Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga hingga Irigasi

Selasa, 9 Agustus 2022 11:55 Reporter : Ayu Isti
Manfaat Air Tanah Sehari-Hari, Penuhi Kebutuhan Rumah Tangga hingga Irigasi Ilustrasi Hujan. mixkit.co

Merdeka.com - Manfaat air tanah sangat beragam untuk kehidupan manusia. Seperti diketahui, air adalah sumber daya alam yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Di mana air dibutuhkan tanaman untuk mendukung proses pertumbuhan. Air dibutuhkan hewan dan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Hingga air yang digunakan manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, mengolah makanan, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, tidak salah jika air dikatakan sebagai sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di bumi. Dalam hal ini, air memiliki sistem siklus di mana air akan terus menerus berproduksi untuk mendukung kelangsungan hidup makhluk di bumi. Di mana air laut menguap, membentuk awan, kemudian dibawa angin melewati pegunungan, hingga akhirnya menurunkan air hujan.

Air hujan yang turun kemudian diserap oleh tanah yang selanjutnya akan terkumpul menjadi sumber air tanah. Air tanah inilah yang akan digali menjadi sumur dan dapat mengalirkan air untuk kebutuhan sehari-hari. Selain untuk memenuhi kebutuhan, terdapat berbagai manfaat air tanah lain yang tidak kalah penting.

Manfaat air tanah juga berguna untuk mengairi sawah atau irigasi, hingga air tanah yang digunakan untuk kebutuhan industri dan pembangkit listrik. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum lebih berbagai manfaat air tanah dalam kehidupan sehari-hari yang perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Mengenal Air Tanah

Sebelum mengetahui berbagai manfaat air tanah dalam kehidupan sehari-hari, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan air tanah. Secara umum, air tanah adalah segala bentuk aliran air hujan yang mengalir di bawah permukaan tanah akibat gaya gravitasi yang terjadi di bumi.

Aliran air hujan pada permukaan tanah ini kemudian diserap oleh tanah dan terkumpul. Selanjutnya, manusia dapat menggali air tanah kemudian membuat sumur, terowongan, atau sistem drainase dengan pemompaan, sehingga air tanah dapat mengalir dan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, air tanah juga dapat keluar sebagai mata air, atau terkumpul menuju sumber air lainnya seperti danau, kolam, sungai, hingga kembali ke laut.

Dapat dipahami bahwa air tanah mulanya dari air laut yang menguap, kemudian membentuk awan yang dibawa ke gunung, dan turun menjadi air hujan, hingga pada akhirnya dapat kembali lagi ke tempat asalnya yaitu laut.

Inilah yang disebut dengan siklus air yang terus bergerak untuk mencukupi kebutuhan setiap makhluk di bumi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Tanah: Kebutuhan Sehari-Hari, Irigasi, Pembangkit Listrik

  • Kebutuhan Sehari-Hari

Manfaat air tanah yang pertama tentu saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air tanah adalah sumber air yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan konsumsi seperti minum dan masak, kebutuhan cuci kakus seperti mandi, mencuci piring, mencuci baju, hingga kebutuhan untuk menyiram tanaman di halaman rumah.

Untuk menghasilkan air tanah yang bersih dan bening, maka pengeboran sumur perlu dilakukan dengan baik, salah satu memperhatikan lokasi. Usahakan untuk mengebor sumur jauh dari septic tank dan tempat pembuangan sampah. Ini dilakukan agar air yang mengalir aman dari kontaminasi kotoran-kotoran tersebut.

  • Irigasi

Manfaat air tanah berikutnya yaitu dapat digunakan untuk mengairi sawah atau irigasi. Ketika curah hujan rendah, biasanya petani membutuhkan sistem irigasi untuk mengairi sawah. Untuk melakukan irigasi yang baik, maka perlu membutuhkan ketersediaan air yang cukup, salah satunya dengan memanfaatkan air tanah.

Dalam hal ini, air dapat dialirkan dari sumur bor yang memompa air kemudian diarahkan ke area persawahan. Aliran air di sawah dibuat sedemikian rupa agar setiap petak sawah bisa mendapatkan air yang cukup untuk tanaman.

  • Pembangkit Listrik

Manfaat air tanah selanjutnya dapat digunakan sebagai pembangkit listrik. Dalam hal ini, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memanfaatkan air tanah permukaan seperti waduk, danau, atau sungai untuk membangun tenaga listrik. Namun, ada pula PLTA yang menggunakan air tanah dalam sebagai sumber pembangkit listrik.

Setelah tenaga listrik dapat dibuat, kemudian listrik dialirkan ke permukiman warga. Dengan teknologi ini, kebutuhan penerangan di lingkungan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik. Bahkan, tenaga listrik yang bersumber dari tenaga air ini lebih ramah lingkungan daripada listrik yang didapat dari batu bara.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Tanah: Laboratorium Alam, Tempat Wisata, Kebutuhan Industri

  • Laboratorium Alam

Manfaat air tanah juga dapat digunakan untuk laboratorium alam. Biasanya sungai dalam gua merupakan tempat yang sering digunakan sebagai laboratorium oleh para peneliti. Dari ini, para peneliti bisa meneliti beragam ilmu yang dibutuhkan. Mulai dari kandungan air, manfaat air, hingga stalakmit dan stalaktit yang dihasilkan dari tetesan air dalam gua.

Berbeda lokasi, tentu sifat air di area gua berbeda dengan air tanah yang terdapat di dataran tinggi atau daerah lainnya. Ini memberikan peluang bagi para peneliti untuk mempelajari lebih jauh kandungan mineral dan khasiat yang dimilikinya.

  • Tempat Wisata

Sebagai tempat wisata juga termasuk salah satu manfaat air tanah yang bisa dimanfaatkan. Air tanah yang mengalir dan terkumpul di sungai atau danau dapat digunakan sebagai tempat rekreasi. Di mana para pengunjung bisa berenang, mencoba beragam wahana air, hingga digunakan sebagai olahraga rafting yang menantang. Selain itu, air tanah yang mengalir kembali ke laut juga menjadi sumber wisata tersendiri. Di mana Anda bisa menikmati aktivitas snorkeling hingga diving menyelami keindahan laut lebih dalam.

  • Kebutuhan Industri

Manfaat air tanah yang terakhir namun tak kalah penting yaitu untuk memenuhi kebutuhan industri. Seperti diketahui, banyak pabrik membutuhkan air untuk proses produksi. Mulai dari industri air minum, industri tekstil, hingga industri kertas. Dalam hal ini, biasanya setiap industri memanfaatkan air tanah untuk mencukupi kebutuhan produksi terebut.

Hal yang selalu menjadi perhatian adalah bagaimana setiap industri mengolah limbah air dan limbah lainnya sehingga tidak menimbulkan dampak pencemaran bagi lingkungan di sekitar. Tentu pemerintah perlu memberikan pengawasan yang ketat tentang AMDAL terhadap berbagai pelaku industri agar tetap tercipta lingkungan yang sehat dan bebas penyakit.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini