Keseruan Penutupan ASEAN Para Games 2022, Kental Nuansa Nusantara

Senin, 8 Agustus 2022 15:23 Reporter : Shani Rasyid
Keseruan Penutupan ASEAN Para Games 2022, Kental Nuansa Nusantara Penutupan ASEAN Para Games 2022. ©Instagram/@jokowi

Merdeka.com - Digelar sejak 30 Juli 2022, perhelatan ASEAN Para Games resmi ditutup pada Sabtu (6/8) di Stadion Manahan Solo. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara khusus menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada Wali Kota Solo sekaligus Ketua INASPOC Gibran Rakabuming atas kesuksesan ajang kali ini.

Menurutnya, Gibran telah mencurahkan dedikasinya dalam penyelenggaraan APG Solo ini sehingga acara tersebut dapat terlaksana sukses. Ia menambahkan, Gibran telah bekerja keras menyiapkan kegiatan APG 2022 ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab beserta seluruh jajaran panitia dan sukarelawan yang tergabung dalam INASPOC.

Lalu bagaimana keseruan penutupan ASEAN Para Games 2022? Berikut selengkapnya:

2 dari 5 halaman

Kental Suasana Nusantara

penutupan asean para games 2022

©Instagram/@jokowi

Dilansir dari ANTARA, hiburan musik hingga tari pada acara penutupan itu hampir seluruhnya mengangkat budaya asli Indonesia. Musisi seperti Alffy Rev dan Novia Bachmid tampil menyanyikan lagu daerah namun dibawakan dengan aransemen kekinian.

Sementara itu, pada latar belakang panggung terlihat hiasan yang memvisualisasikan berbagai kekayaan Indonesia, mulai dari batik, wayang, hingga aksara Jawa. Selain itu juga ada gambar Candi Borobudur, Candi Prambanan, Pura Bali, dan destinasi wisata lain. Creative Director ASEAN Para Games 2022, Eko Supriyanto mengatakan, konsep tersebut menjadi gambaran perayaan untuk para atlet.

“Ini lebih pada selebrasi atau perayaan atas kemenangan para atlet yang sudah bertanding. Sifatnya lebih menghibur pemenang dengan penuh semangat,” ujar Eko.

3 dari 5 halaman

Ribuan Aparat Pengaman Disiagakan

penutupan asean para games 2022
©Instagram/@jokowi

Demi memastikan keamanan acara penutupan ASEAN Para Games 2022, ribuan aparat yang merupakan gabungan dari TNI, Polri, dan kolaborasi Pemkot Surakarta disiagakan. Bahkan jumlahnya lebih banyak dua kali lipat dibandingkan acara pembukaan sebulan sebelumnya.
“Sebanyak 2.371 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan acara penutupan APG. Dipertebal dibanding acara pembuka sebesar 1.375 personel,” kata Kapolres Surakarta Ade Safri Simanjuntak dikutip dari ANTARA pada Minggu (7/8).

4 dari 5 halaman

Antusiasme Masyarakat

penutupan asean para games 2022

©Instagram/@jokowi

Prihatsari, salah satu warga yang hadir langsung di acara penutupan itu, mengaku senang karena bisa datang langsung ke stadion. Acara itu kemudian ditutup dengan pesta kembang api yang begitu indah.

“Terima kasih pada seluruh delegasi dari semua negara, terutama bagi para atlet yang telah menunjukkan sportivitas dan persaudaraannya selama perhelatan ini berlangsung,” tulis Presiden Jokowi dalan Instagramnya.

5 dari 5 halaman

Prokes Lebih Ketat

upacara penutupan asean para games 2022

©2022 ASEAN Para Sports Federation

Sementara itu, Sekjen INASPOC Rima Ferdianto mengatakan bahwa rangkaian acara penutupan APG 2022 di Stadion Manahan dibuka pukul 15.00 dan ditutup pada pukul 19.00. Berbeda dengan acara pembukaan, pada acara penutupan ini protokol kesehatan akan diterapkan dengan lebih ketat.

“Prokes hampir sama. Menerapkan PeduliLindungi dan penonton juga dikurangi saat pembukaan sekitar 15.000 orang, tapi saat acara penutupan hanya 10.000 orang. Hal ini demi menjaga prokesnya lebih ketat dilakukan,” kata Rima dikutip dari ANTARA.

[shr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita
  3. Jateng
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini