Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kenapa Printer Offline dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan

Kenapa Printer Offline dan Cara Mengatasinya, Mudah Dipraktikkan Ilustrasi printer laser dan infus. © bit.com

Merdeka.com - Printer merupakan salah satu perangkat keras yang sering digunakan sehari-hari. Ini adalah mesin otomatis yang dapat mencetak dokumen dalam bentuk kertas dan tulisan ketik di atasnya. Mesin ini perlu disambungkan terlebih dahulu pada komputer atau laptop, kemudian Anda bisa segera mencetak dokumen yang diinginkan.

Sebelum menggunakan, tentu Anda perlu memastikan printer sudah terisi tinta dengan warna lengkap, sehingga dapat mencetak setiap huruf atau gambar dengan sempurna. Selain itu, Anda juga perlu memastikan printer dalam keadaan online saat ingin mencetak dokumen. Sebab, jika dalam keadaan offline printer tidak dapat melakukan fungsinya.

Namun, dalam beberapa kondisi printer offline karena alasan yang tidak jelas. Mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami kondisi ini, di mana printer tiba-tiba offline dan tidak dapat mencetak dokumen. Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab kenapa printer offline yang perlu diketahui. Mulai dari masalah printer tidak kompatibel, masalah kabel power, hingga kerusakan hardware.

Jika sering mengalami hal ini, maka penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi printer offline dengan mudah dan efektif. Beberapa cara ini bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama, ketika printer tiba-tiba berhenti berfungsi. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penyebab kenapa printer offline dan cara mengatasinya, perlu disimak.

Penyebab Kenapa Printer Offline

Saat Anda mengalami kondisi printer yang berhenti berfungsi atau offline, maka perlu diketahui berbagai kemungkinan penyebab kenapa printer offline. Beberapa penyebab ini dapat berasal dari jenis printer yang tidak kompatibel, masalah instalasi driver, kabel power yang bermasalah, hingga terjadi kerusakan pada hardware printer. Berikut penjelasan lengkapnya bisa disimak.

printer

PxHere

Printer Tidak Kompatibel

Penyebab kenapa printer offline yang pertama mungkin berasal dari jenis printer yang tidak kompatibel. Sebenarnya, faktor ini jarang sekali ditemui, namun terkadang dapat terjadi pada beberapa merk atau tipe printer tertentu.

Printer yang tidak kompatibel sering kali mengalami masalah ketika dipasangkan dengan komputer jenis tertentu. Ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa printer tidak dapat berfungsi.

Masalah Instalasi Driver

Penyebab kenapa printer offline berikutnya bisa dipengaruhi oleh masalah intalasi driver. Pada dasarnya, ketika Anda ingin menyambungkan perangkat keras pada kmputer, maka diperlukan software untuk mengatur perintah tersebut.

Software ini yang sering disebut dengan driver. Biasanya sudah terdapat aplikasi driver tersendiri pada perangkat printer, namun terkadang driver yang sudah terpasang mengalami masalah sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Kabel Power Bermasalah

Penyebab kenapa printer offline selanjutnya yaitu bisa datang dari masalah kabel power. Terkadang printer tiba-tiba offline terjadi karena adanya loss power, yaitu kondisi di mana kabel power bermasalah dan tidak dapat bekerja.

Umumnya, kasus ini ditemui pada printer-printer keluaran lama atau printer yang sudah digunakan sejak lama, sehingga kemampuannya semakin berkurang.

Kertas atau Tinta Habis

Penyebab kenapa printer offline juga dapat terjadi karena kertas atau tinta printer yang habis. Biasanya, jika kertas atau tinta printer habis, maka secara otomatis printer Anda akan berhenti berfungsi. Pada kondisi ini, biasanya muncul notifikasi pda layar komputer untuk segera menambah kertas atau mengganti tinta printer agar proses pencetakan dokumen bisa dilakukan dengan baik.

Printer Telalu Banyak Menerima Beban Kerja

Penyebab kenapa printer offline lainnya bisa jadi karena printer terlalu banyak menerima beban kerja. Printer yang terus menerus digunakan untuk mencetak dokumen yang banyak dalam satu waktu, tentu lama-lama printer akan kelelahan dan seketika berhenti bekerja. Dengan begitu, penting untuk memberi jeda beberapa waktu agar mesin printer dingin terlebih dahulu, kemudian dapat kembali digunakan.

Kerusakan pada Hardware

Penyebab kenapa printer offline yang terakhir bisa terjadi akibat kerusakan pada hardware. Umumnya, kondisi printer yang sudah tua, maka kemampuannya akan semakin berkurang. Kondisi inilah yang sering kali menyebabkan printer tiba-tiba offline atau berhenti berfungsi. Jika ini masalah yang dialami, maka sudah waktunya Anda mengganti printer baru yang masih berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Printer Offline

Setelah mengetahui berbagai penyebab kenapa printer offline, terakhir akan dijelaskan beberapa cara mengatasi printer offline dengan mudah dan efektif. Cara mengatasi kondisi ini tidak lain didasarkan pada faktor yang menyebabkan printer berhenti berfungsi. Berikut penjelasannya.

Update Driver Printer

Cara yang bisa dilakukan pertama adalah dengan update driver printer. Ini dilakukan ketika penyebab printer offline adalah masalah driver yang sudah usang. Caranya mudah, yaitu sebagai berikut:

Klik Kanan Tombol “Start” pada laman utama Windows Klik “Device Manager” Pilih “Printers” Klik kanan pada printer yang ingin di-update drivernya Pilih opsi “Update Driver” Klik “Search automatically for updated driver software” jika Anda ingin update driver dengan menggunakan internet Kamu juga dapat klik opsi “Browse my computer for driver software” jika Anda telah memiliki driver printer terbaru Install Ulang Driver Printer

Cara mengatasi penyebab kenapa printer offline berikutnya dengan install ulang driver printer. Langkah ini dilakukan jika penyebab printer offline adalah masalah instalasi driver yang tidak tepat. Caranya mudah, yaitu sebagai berikut:

Buka menu “Start” pada layar utama laptop kamu Klik pada menu “Settings” Pilih menu “Devices” Klik opsi Printers & Scanner Pilih pada driver printer yang ingin dilakukan instalasi ulang Klik “Remove Device”, driver printer telah terhapus dari laptop maupun komputer Selanjutnya Anda perlu untuk menginstall kembali driver printer Pada jendela Printers & Scanners klik “Add a Printer or Scanner” Ketika printer terdeteksi, klik “Add Device” Tunggu hingga proses instalasi selesai. Ketika printer sudah dalam keadaan Ready maka printer kamu sudah tidak lagi offline. Tinta atau Kertas

Cara mengatasi penyebab kenapa printer offline yang bisa dilakukan lainnya adalah mengganti tinta atau kertas pada printer. Biasanya, ketika terjadi masalah tinta atau kertas yang habis, akan muncul notifikasi pada layar monitor yang memerintahkan Anda untuk segera mengganti tinta atau menambah kertas.

Jika Anda mengalami masalah dengan tinta, maka sebaiknya segera diisi sebelum habis sepenuhnya. Sebab, jika tinta printer habis secara total berisiko merusak catridge printer.

Cek Kabel dan Konektivitas

Cara mengatasi printer offline yang terakhir yaitu dengan mengecek kabel dan konektivitas. Pastikan kabel power tersambung dengan baik pada komputer atau laptop. Pastikan pula listrik dapat mengalir dengan baik sehingga printer dapat menjalankan fungsinya dengan mudah.

Tidak hanya sambungan yang terputus, printer yang eror dapat terjadi karena mungkin terdapat kerusakan pada kabel. Pada misalnya terdapat kabel yang digigit tikus atau binatang lainnya. Jika ini masalah yang dihadapi, maka Anda perlu segera mengganti kabel power baru agar laptop dapat kembali berfungsi.

(mdk/ayi)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Mudah & Cepat, Dijamin Ampuh

7 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Mudah & Cepat, Dijamin Ampuh

Berikut cara menghilangkan iklan di HP Android yang mudah dan cepat.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Mata Lelah, Ketahui Langkah Pencegahannya

Cara Mengatasi Mata Lelah, Ketahui Langkah Pencegahannya

Cara mengatasi mata lelah bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Simak informasi selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Gratis! Cara Mudah Ganti e-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Gratis! Cara Mudah Ganti e-KTP Rusak atau Hilang, Sehari Jadi

Pemerintah telah menyediakan layanan mengganti KTP rusak gratis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Menyembunyikan Status Online di WA agar Tak Diganggu, Berikut Langkah Mudahnya

Cara Menyembunyikan Status Online di WA agar Tak Diganggu, Berikut Langkah Mudahnya

Berikut langkah-langkah mudah untuk menyembunyikan stasus online di WhatsApp (WA).

Baca Selengkapnya
Komputer Berusia 50 Tahun Lebih Ditemukan saat Bersih-bersih Rumah, Tanpanya Mustahil Ada Macbook dan Android, Ini Penampakannya

Komputer Berusia 50 Tahun Lebih Ditemukan saat Bersih-bersih Rumah, Tanpanya Mustahil Ada Macbook dan Android, Ini Penampakannya

Ditemukan tak sengaja saat sedang bersih-bersih rumah. Tanpa komputer ini tak akan muncul Apple dan Android.

Baca Selengkapnya
HP Satu Keluarga Lompat dari Apartemen Rusak, Polisi Kesulitan Usut Kabar Kepergian ke Solo dan Hutang Pinjol

HP Satu Keluarga Lompat dari Apartemen Rusak, Polisi Kesulitan Usut Kabar Kepergian ke Solo dan Hutang Pinjol

Kesulitan melacak jejak digital satu keluarga itu setelah polisi melihat kondisi handphone sudah tidak utuh.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Perut Begah dengan Aman dan Efektif, Lakukan Hal Ini

Cara Mengatasi Perut Begah dengan Aman dan Efektif, Lakukan Hal Ini

Memahami penyebab perut begah adalah langkah pertama untuk mengatasi kondisi ini.

Baca Selengkapnya
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop, Mudah Dipraktikkan

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop, Mudah Dipraktikkan

Cara memperbaiki dan membersihkan keyboard laptop sebenarnya cukup mudah dilakukan.

Baca Selengkapnya
HP Wanita Ini Meledak saat Ditaruh di Atas Kulkas, Bukan karena Dicas, Ternyata Ini Penyebabnya

HP Wanita Ini Meledak saat Ditaruh di Atas Kulkas, Bukan karena Dicas, Ternyata Ini Penyebabnya

Meski penyebabnya sepele, namun wanita ini mendapati kejadian apes ketika handphone-nya terbakar saat ditaruh di atas kulkas.

Baca Selengkapnya