11 Manfaat Buah Durian yang Jarang Diketahui, Bisa Digunakan untuk Usir Tikus

Kamis, 26 Maret 2020 06:06 Reporter : Jevi Nugraha
11 Manfaat Buah Durian yang Jarang Diketahui, Bisa Digunakan untuk Usir Tikus Durian Trenggalek. ©2020 Merdeka.com/Youtube Bapak Mustofa Kepala Jenggot

Merdeka.com - Buah Durian merupakan salah satu buah paling kontroversial di Indonesia. Seringkali buah ini diperdebatkan perihal rasa dan baunya. Ada yang begitu menyukai rasa dan bau khasnya, ada juga yang sama sekali tidak suka.

Terlepas dari itu semua, buah ini selalu dicari para penggemar setianya. Terlebih pada saat musim durian, banyak sekali warung-warung dadakan di pinggir jalan yang menjajakan buah durian. Sehingga sering dijumpai orang-orang yang duduk di pinggir jalan sambil menikmati buah yang diberi julukan 'raja dari segala buah' ini.

Selain memiliki citarasa dan bau yang khas, Buah Durian dipercaya banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Nah, untuk kamu yang menyukai buah yang memiliki kulit berduri ini, berikut beberapa manfaat yang perlu kamu ketahui.

1 dari 11 halaman

Mencegah Depresi

017 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock

Durian mengandung zat triptofan yang dapat merelaksasi perasaan, sehingga saat dimakan akan mendapatkan sebuah pengalaman yang menyenangkan.

Selain itu, buah ini juga sangat kaya akan vitamin B6 yang berfungsi untuk mencegah terjadinya depresi akibat kadar seretonin yang rendah. Pasalnya, buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini mampu memproduksi kadar seretonin.

2 dari 11 halaman

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium 436 mg yang terdapat pada durian dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang memiliki penyakit darah tinggi. Selain itu, dapat juga membantu menjaga kesehatan otot, saraf dan pembuluh darah.

3 dari 11 halaman

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu sudah seharusnya sejak dini melakukan pencegahan-pencegahan untuk melawannya.

Durian yang memiliki kandungan antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker.

Mengonsumsi buah durian secukupnya dan tidak berlebihan akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk melawan berbagai macam penyakit ganas lainnya.

4 dari 11 halaman

Membangkitkan Energi

012 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pexels

Durian yang memiliki cita rasa yang manis dan legit ini juga dipercaya sebagai sumber energi yang mampu membangkitkan semangat untuk aktivitas sehari-hari.

Kandungan karbohidart yang tinggi, di mana terdapat sekitar 150 kalori, membuat buah ini memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan stamina.


5 dari 11 halaman

Menjaga Kesehatan Gigi

008 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock

Bagi seseorang yang pernah mengalami sakit gigi, tentu sangat paham betapa sakitnya menghadapi penyakit satu ini. Nah, untuk mencegah penyakit ini timbul, salah satu solusinya adalah mengonsumsi buah durian.

Buah durian juga dipercaya memberi manfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalium, kalsium serta vitamin B yang terdapat di buah durian sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dari berbagai macam penyakit.

6 dari 11 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Durian juga memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C. Khasiat vitamin C yang terdapat pada buah ini, bisa menjadi antioksidan yang dapat mencegah datangnya radikal bebas yang bisa menimbulkan stres oksidatif.

Apabila radikal bebas dan stres oksidatif bisa dicegah, maka otomatis juga akan memperlambat proses penuaan.

7 dari 11 halaman

Mencegah Penyakit Flu

Perubahan cuaca yang sering terjadi, bisa mengakibatkan tubuh mudah terkena serangan penyakit. Hal ini dipicu karena sistem kekebalan tubuh cenderung menurun.

Untuk mengatasi permasalahan ini, buah durian bisa menjadi solusinya, kandungan Vitamin C-nya yang tinggi dapat melindungi sistem kekebalan tubuh dari bahaya beragam penyakit.

8 dari 11 halaman

Menurunkan Kolesterol

005 tantri setyorini

Ilustrasi durian

Durian juga mengandung serat-serat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat yang terdiri dari buah, biji-bijian dan sayur ini sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

9 dari 11 halaman

Melancarkan Pencernaan

pencernaan

firstcry.com

Tingginya serat yang terdapat pada buah durian dapat mengatasi sembelit serta sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Kandungan Vitamin B1 juga dapat meningkatkan nafsu makan, serta dapat menyehatkan dan menguatkan pencernaan di dalam tubuh.

10 dari 11 halaman

Kesehatan Jantung

ilustrasi penyakit jantung

2013 Merdeka.com/Shutterstock/guoxiangphoto

Sindrom koroner akut atau serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan di seluruh dunia. Hal ini diakibatkan karena otot pada jantung tidak mendapatkan aliran darah. Oleh sebab itu untuk mencegah terjadinya serangan jantung, lebih baik sejak dini melakukan pencegahan-pencegahan.

Salah satunya dengan cara yang mudah, yaitu mengonsumsi buah durian. Pasalnya, raja buah ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

11 dari 11 halaman

Mengusir Tikus

002 destriyana

2015 Merdeka.com/shutterstock/Gallinago_media

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, durian juga efektif membantu mengusir tikus di dalam rumah. Baunya yang sangat menyengat dapat mengganggu indra penciuman tikus. Sehingga tikus merasa tidak nyaman dan pergi meninggalkan sarangnya.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyisakan kulitnya saja setelah mengonsumsi daging durian. Setelah itu letakkan kulit durian di beberapa sudut ruangan yang menjadi sarang tikus.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini