Fisipol UGM Luncurkan Akses Perkuliahan Gratis pada Publik, Ini Manfaatnya

Jumat, 12 Agustus 2022 13:45 Reporter : Shani Rasyid
Fisipol UGM Luncurkan Akses Perkuliahan Gratis pada Publik, Ini Manfaatnya Gedung UGM. ©ugm.ac.id

Merdeka.com - Di zaman teknologi informasi ini, masyarakat bisa mengakses banyak hal dari internet. Banyak informasi yang tidak bermanfaat bagi kehidupan, namun banyak pula informasi yang bermanfaat. Dampaknya, dunia di masa ini cenderung lebih transparan dan pihak-pihak tertentu semakin sulit menutup-nutupi suatu hal.

Demi mendukung informasi yang lebih transparan, Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi, SIP., MPA., Ph.D., meluncurkan Learning Management System Fisipol Online Campus (LMS Focus). Sistem ini merupakan media pembelajaran yang dibentuk untuk memberikan akses perkuliahan gratis kepada publik.

Wawan mengatakan, inovasi ini dihadirkan untuk mendukung sebuah sistem pendidikan dan pembelajaran yang bersifat inklusif, menjangkau semua kalangan, adaptif, fleksibel, dan lincah. Berikut selengkapnya:

2 dari 3 halaman

Mengikuti Kondisi Terkini

menteri bumn erick thohir

©2022 Merdeka.com

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, platform sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM sangat relevan dengan kondisi saat ini. Di mana dunia tengah menghadapi disrupsi teknologi digital. Apalagi disrupsi ini sudah terjadi di berbagai sektor.

“Kita tidak ingin potensi digitalisasi di Indonesia ini justru gagal. Di mana bisa kita optimalkan untuk bangsa sendiri. Tahun 2030 potensi ekonomi digital mencapai Rp 4.500 triliun. Pertumbuhannya delapan kali lipat dari ekonomi digital saat ini,” kata Erick Thohir.

Menurut Erick, setiap perguruan tinggi harus bisa berinovasi dan bertransformasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital agar Indonesia bisa semakin berdaulat dalam ekosistem digital di negeri sendiri.

Walau begitu ia berpesan agar jangan sampai potensi digital itu hanya dinikmati segelintir masyarakat yang menjadikan kesenjangan makin melebar.

3 dari 3 halaman

Menyesuaikan Kebutuhan Pekerjaan Masa Kini

mensesneg pratikno di umm
©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc., Sc mengapresiasi inisiatif Fisipol dalam mengembangkan model pembelajaran yang bisa diakses oleh publik. Menurutnya, banyak sekali anak muda Indonesia yang mau kuliah di UGM, namun keterbatasan kursi yang menghalangi mereka.

Di samping itu, Pratikno berharap dalam kurikulum pembelajarannya Focus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perubahan jenis pekerjaan yang terjadi saat ini.

“Mahasiswa sekarang menghadapi disrupsi yang luar biasa. Jenis pekerjaan berubah. Ada yang hilang dan muncul yang baru. Sejauh mana kurikulum kita mampu beradaptasi dengan dunia yang selalu berubah lebih cepat, ilmu pengetahuan dan teknologi juga begitu. Sehingga dibutuhkan kesiapan anak muda menghadapi perubahan tersebut,” kata Pratikno dikutip dari Ugm.ac.id pada Rabu (10/8).

[shr]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. DIY
  4. Berita
  5. UGM
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini