Bacaan Doa di Hari Jumat, Lengkap Beserta Artinya

Jumat, 2 Desember 2022 06:45 Reporter : Jevi Nugraha
Bacaan Doa di Hari Jumat, Lengkap Beserta Artinya ilustrasi berdoa. © pexels.com/RODNAE Productions

Merdeka.com - Doa di Hari Jumat bisa dibaca dan diamalkan oleh setiap muslim. Hari Jumat menjadi hari paling mulia dan disucikan bagi umat muslim. Pada hari ini, umat muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah salat Jumat.

Banyak sekali keutamaan yang bisa diperoleh umat Islam jika senantiasa membaca dan mengamalkan doa di Hari Jumat. Dalam bahasa Arab, Jumat disebut Yawm al-Jum'ah, yang berarti berkumpul. Pada hari ini, laki-laki muslim akan berkumpul untuk melaksanakan ibadah berjemaah di tengah hari. Adapun perintah mendirikan salat Jumat juga telah disebutkan dalam Alquran dalam surat Al Jumuah ayat 9, yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS. Al-Jumuah ayat 9).

Pada Hari Jumat, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan beberapa doa. Berikut doa di hari Jumat dan artinya yang dilansir dari NU Online:

2 dari 3 halaman

Doa di Hari Jumat dan Artinya

ilustrasi berdoa
©2022 Merdeka.com/pixabay

Doa di Hari Jumat bisa dibaca dan diamalkan oleh umat muslim. Dengan membaca doa ini, setiap muslim akan mendapat perlindungan dari Allah SWT. Berikut doa di Hari Jumat dan artinya:

أسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذي لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ الحَيَّ القَيُّوْمَ وأَتُوْبُ إلَيْهِ

'Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi."

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Selain membaca doa di Hari Jumat tersebut, ada juga beberapa bacaan surat pendek yang bisa dibaca dan diamalkan. Menurut Imam Al Ghazali dalam Bidayatul Hidayah, selepas salat, sebelum mulutnya mengucapkan apa pun, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk mengamalkan bacaan-bacaan berikut:

• Surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali

• Surah Al-Ikhlas sebanyak 7 kali

• Surah Al-Falaq sebanyak 7 kali

• Surah An-Nas sebanyak 7 kali

3 dari 3 halaman

Doa di Hari Jumat Sesuai Sunnah

ilustrasi berdoa

© pexels.com/Timur Weber

Amalan dan doa di Hari Jumat bisa menjadi benteng yang memberikan perlindungan dari gangguan setan. Bahkan, perlindungan ini berlaku dari Hari Jumat hingga Jumat berikutnya. Berikut doa di hari Jumat sesuai sunnah yang bisa diamalkan:

Allâhumma yâ ghaniyyu yâ hamîd, yâ mubdi’u wa yu‘îd, yâ rahîmu yâ wadûd. Aghninî bi halâlika ‘an harâmik, wa thâ‘atika ‘an ma‘shiyatik, wa bi fadhlika ‘an man siwâka.”

Artinya: "Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu.

Keutamaan Hari Jumat

Ada beberapa keutamaan Hari Jumat, di antaranya:

Hari Suci bagi Umat Muslim

Hari Jumat adalah hari suci bagi umat muslim. Maka dari itu, diwajibkan bagi para laki-laki maupun wanita untuk senantiasa beribadah kepada Allah dan meninggalkan urusan dunianya. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu surah Alquran, artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli." (QS Al Jumu'ah [62]:9).

Pahala Dilipatgandakan

Setiap muslim yang mengerjakan amalan saleh pada Hari Jumat akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Keutamaan Hari Jumat satu ini disebut dalam firman Allah, yang artinya:

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah:216).

Dosa Terampuni

Keutamaan doa di Hari Jumat selanjutnya adalah dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah hadis, yang artinya:

"Barang siapa berwudlu kemudian memperbaiki wudlunya, lantas berangkat Jumat, dekat dengan Imam dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR. Muslim)

Nabi Adam Diciptakan

Rasulullah SAW, Nabi Adam diciptakan oleh Allah SWT pada Hari Jumat yang penuh kemuliaan. Berikut sabda Rasulullah SAW:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (H.R Muslim).

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini