9 Wisata Sumatera Barat yang Indah dan Memesona, Wajib Dikunjungi

Kamis, 18 Agustus 2022 09:05 Reporter : Jevi Nugraha
9 Wisata Sumatera Barat yang Indah dan Memesona, Wajib Dikunjungi Jam Gadang. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Wisata Sumatera Barat memang selalu menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya terkenal dengan aneka makanan lezat, Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat wisata yang indah dan memesona. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah, semua bisa ditemukan di Sumatera Barat.

Ada banyak pilihan wisata Sumatera Barat yang cocok dikunjungi bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Selain indah dan menakjubkan, beberapa tempat wisata Sumatera Barat juga sarat akan nilai-nilai sejarah yang penting untuk diketahui. Sambil keliling menikmati kawasan wisata yang indah, pengunjung juga bisa menjajal aneka masakan lezat khas Sumatera Barat.

Bagi Anda yang tengah berlibur ke Sumatera Barat, ada sejumlah rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi. Berikut wisata Sumatera Barat yang merdeka.com lansir dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Pantai Padang

padang bali

©2015 Merdeka.com/Backpackingworldwide.com

Salah satu wisata Sumatera Barat yang wajib dikunjungi, yaitu Pantai Padang. Tidak hanya bisa menikmati birunya air laut yang menawan, di tempat ini pengunjung juga dapat melihat matahari terbenam.

Selain itu, Pantai Padang juga memiliki beberapa warung makan tenda yang berjajar di tepi pantai. Sambil menikmati keindahan pantai, Anda bisa mencoba aneka menu makan lezat yang tersedia di tempat wisata ini.

Pantai Nirwana

Wisata Sumatera Barat yang selalu ramai pengunjung saat hari libur adalah Pantai Nirwana. Pemandangan kapal-kapal yang merapat ke teluk bayur, bebatuan koral yang bisa dilihat saat air surut, serta ombak yang tenang ditambah dengan semilir angin laut semakin menambah suasana mesra.

Pemandangan yang elok juga membuat Pantai Nirwana sering dijadikan tempat berburu foto. Bila berkunjung ke tempat ini, sebaiknya jangan akhir pekan atau hari libur besar. Karena pada hari-hari tersebut jumlah pengunjung meningkat dan membuat Pantai Nirwana kehilangan unsur romantisnya.

Istana Pagaruyung

Wisata Sumatera Barat yang sebaiknya dikunjungi selanjutnya, yaitu Istana Pagaruyung. Istana ini merupakan objek sosio-historis bagi masyarakat Minangkabau. Dulunya, tempat ini adalah pusat pemerintahan Kerajaan Pagaruyang yang berada di Nagari Pagaruyung, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Isatana Pagaruyung berbentuk arsitektur rumah adat Minangkabau. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan banyak nilai-nilai budaya dan falsafah kehidupan masyarakat Minangkabu. Mulai dari ukiran, fungsi-fungsi tiap lantai, kamar, dan lainnya.

Benteng Fort de Kock

Bukittingi memang memiliki berbagai monumen masa lalu yang sekarang dijadikan tempat wisata. Peninggalan sejarah selanjutnya selain Jam Gadang dan Lubang Jepang adalah Benteng Fort de Kock.

Benteng ini merupakan peninggalan masa penjajahan Belanda, dan merupakan tempat yang luas berbukit dengan berbagai peninggalan benteng. Dari sini, wisatawan bisa sekalian masuk ke Kebun Binatang Bukittingi yang hanya dipisahkan oleh jembatan gantung, yang bernama Jembatan Limpapeh.

3 dari 3 halaman

Jam Gadang

jam gadang bukit tinggi
blogspot.com

Jam Gadang adalah ikon di Kota Bukittinggi yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Di kawasan Jam Gadang, ada banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, seperti Lubang Jepang, Kebun Binatang Bukitinggi, Pasar Atas, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, di kawasan Jam Gadang juga terdapat taman yang cukup luas, sehingga pengunjung bisa nongkrong atau sekedar berswafoto. Bagi Anda yang tengah berada di Bukittinggi, ada baiknya menyempatkan diri mengunjungi tempat ini.

Gunung Singgalang

Gunung Singgalang adalah wisata Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi. Tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, di tempat ini wisatawan juga dapat menemukan suasana Era Ketiga dari Middle Earth di gunung ini yang mirip Hutan Fangorn.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2877 mpdl, yang merupakan jenis gunung vulkanis namun sudah tidak aktif lagi. Udaranya yang sejuk dan suasana yang masih tampak asri, membuat wisata Sumatera Barat ini begitu menakjubkan dan instagramable.

Danau Talang

Wisata Sumatera Barat lainnya yang wajib Anda kunjungi, yaitu Danau Talang. Danau yang terletak di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, ini merupakan kawasan perbukitan yang sejuk dengan panorama alam indah dikelilingi oleh perkebunan buah-buahan dan sayuran.

Bagi Anda yang berkunjung ke Sumatera Barat, ada baiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Danau Talang. Banyaknya pepohonan dan aneka sayuran di sekitar danau, membuat tempat ini begitu asri dan sejuk.

Ngungun Saok

Ngunung Soak merupakan sebuah lubuk yang memiliki panorama alam indah dan memesona. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat jernihnya air dan bebatuan besar nan megah yang mengapit kawasan lubuk. Selain itu, banyaknya pepohonan hijau di sekitar kawasan ini, membuat suasana begitu sejuk dan menawan.

Untuk mencapai lokasi, akses menuju kawasan ini cukup berat dan menantang. Sebab, wisata ini berada di area pegunungan di tengah hutan dan jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini yang kemudian menjadi tantangan tersendiri untuk menikmati keindahan kawasan ini.

Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Sumatra Barat. Danau yang seluas 100 meter persegi ini memiliki pemandangan yang sangat amat menakjubkan.

Danau Maninjau juga merupakan sebagai salah satu danau terhening di Indonesia. Tempat ini sangatlah cocok bagi siapa pun yang ingin menenangkan diri sambil menikmati alam di sekeliling Danau Maninjau.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini