62 Tahun Berkarya, Ini 5 Potret Transformasi Rhoma Irama Bersama Soneta

Selasa, 25 Februari 2020 12:30 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani
62 Tahun Berkarya, Ini 5 Potret Transformasi Rhoma Irama Bersama Soneta Rhoma Irama. ©2020 Merdeka.com/Instagram Rhoma Irama

Merdeka.com - Raden Haji Oma Irama yang populer dengan nama Rhoma Irama lahir di Tasikmalaya, 11 Desember 1946 silam. Ia adalah seorang musisi dangdut legendaris dari Indonesia yang memiliki julukan "Raja Dangdut".

Puluhan tahun lalu, Rhoma mulai dikenal sebagian bintang film kanak-kanak, Djendral Kantjil, sekitar tahun 1958. Kariernya di musik dimulai sejak ia usia 11 tahun. Rhoma telah menjadi musisi ternama dan sudah mengalami jatuh bangun dalam industri musik, dimulai sejak ia mendirikan band musik, band Gayhand tahun 1963.

Tak lama kemudian, ia pindah masuk Orkes Chandra Leka, sampai akhirnya membentuk band sendiri bernama Soneta yang sejak 13 Oktober 1973 mulai berkibar. Bersama grup Soneta yang dipimpinnya, Rhoma tercatat pernah memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya.

Sebagai musisi, pencipta lagu, dan bintang layar lebar, Rhoma selama kariernya, seperti yang diungkapkan, telah menciptakan kurang lebih 1000 buah lagu dan bermain di lebih 20 film. Berikut transformasi Rhoma Irama dari awal karier hingga saat ini.

2 dari 6 halaman

1. Rhoma Irama bersama Grup Soneta di Masa Lalu

rhoma irama
2020 Merdeka.com/instagram Rhoma Irama


Pada postingan yang diunggah oleh Rhoma Irama di akun instagram pribadinya, Rhoma Irama memamerkan foto lawasnya bersama grup Soneta di masa lalu. Saat bersama Soneta, karier Rhoma memuncak.

Dalam caption-nya, Rhoma menuliskan pesan duka untuk salah satu personil Soneta yang meninggal dunia.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya atas nama Keluarga besar #Soneta Group menyatakan sangat berduka cita atas wafatnya Sri Dadi Bambang Handoko yang merupakan trumpeter #Soneta. Mari kita berdo'a semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala menerima amal ibadah beliau, dan mengampuni segala dosa beliau, serta mendapatkan tempat yang terbaik dan mulia disisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Aamiin. Allahummaghfirlahuu Warhamhuu Waafiihi Wafuanhuu," tulis sang Raja Dangdut.




3 dari 6 halaman

2. Tampil di Alun-Alun Tastura Kota Praya Loteng

rhoma irama
2020 Merdeka.com/instagram Rhoma Irama


Foto ini diambil ketika Rhoma Irama dan grup Soneta sedang mengisi sebuah acara yang diselenggarakan di Lombok Tengah. Acara ini banyak dihadiri oleh Forsa, nama penggemar Soneta. Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan fans setia sonata yang sudah hadir untuk menyaksikan penampilannya bersama Soneta.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih kepada Forsa dan juga masyarakat Lombok Tengah yang telah menyaksikan penampilan saya dan Soneta Group tadi malam. FORSA Keren!" tulis Rhoma.

4 dari 6 halaman

3. Masih Manggung hingga Saat Ini

rhoma irama
2020 Merdeka.com/instagram Rhoma Irama


Foto pada unggahannya kali ini diambil saat Rhoma dan Soneta Grup sedang manggung di Alun-Alun Kidul Surakarta. Ia terlihat mengenakan pakaian serba hijau dan membawa gitar khas kesayangannya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang hadir untuk menontonnya dan juga fans setianya.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Terima kasih kepada para pemirsa di rumah dan FORSA serta warga Surakarta yang telah menyaksikan penampilan saya dan Soneta Group di Konser #SemarakIndosiar tadi malam. FORSA Keren!" tulisnya.

5 dari 6 halaman

4. Masih Aktif Tampil di Layar Televisi

rhoma irama
2020 Merdeka.com/instagram Rhoma Irama


Foto yang diunggah Rhoma Irama kali ini merupakan foto saat dirinya dan grup Soneta nya sedang check sound saat akan mengisi sebuah acara di televisi. Ia juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan penampilannya.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saksikan penampilan Saya dan Soneta Group Malam ini di acara "Irama Ramadan Rhoma Irama" Live di @indosiar pukul 20.30 WIB FORSA, Keren. Tulisnya.

6 dari 6 halaman

5. Saat Mengisi Acara di Salah Satu TV Swasta

rhoma irama
2020 Merdeka.com/instagram Rhoma Irama


Dalam foto ini terlihat Rhoma Irama dengan pakaian panggung yang serba putih dilengkapi dengan surban merwarna merah putih. Foto ini diambil ketika ia dan grup nya sedang mengisi acara di sebuah stasiun televisi swasta. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada penonton yang sudah berkenan untuk hadir di studio.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat malam. Terima kasih kepada para penonton yang hadir di studio 6 @indosiar dan pemirsa di rumah yang telah menyaksikan penampilan saya dan Soneta dalam acara "Irama Ramadan Rhoma Irama", 4 Juni 2018 FORSA Keren. tulisnya.

[asr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini