7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jumat, 3 April 2020 12:02 Reporter : Jevi Nugraha
7 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Meningkatkan Kekebalan Tubuh Ilustrasi daun singkong. ©Flickr/CIAT

Merdeka.com - Daun singkong sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini seringkali daunnya diolah menjadi aneka menu masakan, seperti tumis, gulai, hingga dendeng daun singkong. Selain memiliki cita rasa yang lezat, daun singkong juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan protein, asam amino, vitamin hingga nutrisi pada daun singkong berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, daun singkong juga mengandung berbagai zat yang efektif mencegah berbagai macam penyakit. Lantas apa saja manfaatnya? Simak 7 manfaat daun singkong untuk kesehatan berikut ini.

1 dari 7 halaman

Awet Muda

ilustrasi wajah cantik

2013 Merdeka.com/shutterstock.com/aslysun

Manfaat daun singkong yang pertama ialah dapat membuat awet muda. Kandungan antioksidan pada daun singkong berperan penting dalam mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan berupa lisin, arginin hingga asam amino berfungsi efektif meregenerasi sel tubuh yang sudah rusak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi daun singkong secara rutin dan teratur. Selain mendapatkan kelezatannya, Anda juga akan merasakan manfaatnya.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, sangat rentan terserang penyakit. Pasalnya tubuh memerlukan sistem imunitas yang kuat untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh ialah mengonsumsi daun singkong. Kandungan asam folat dan vitamin C pada daun singkong berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, daun singkong juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga beberapa zat ini dapat membantu tubuh mencegah berbagai macam penyakit.

3 dari 7 halaman

Mengatasi Rematik

ilustrasi rematik

Shutterstock/Melodia plus photos

Rematik atau peradangan sendi disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Gejala paling umum yang dirasakan saat mengalami rematik yaitu adanya rasa nyeri sendi, kaku hingga bengkak. Rematik apabila tidak segara diatasi maka dapat menimbulkan gangguan pada kulit, paru-paru hingga jantung.

Salah satu cara alternatif untuk mengatasi rematik ialah mengonsumsi daun singkong. Pasalnya daun singkong memiliki efek anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan.

Sehingga mengonsumsi daun singkong secara rutin dan teratur dapat berfungsi meredakan rematik atau peradangan sendi.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

di kantor

kintec.net

Manfaat lain dari daun singkong ialah mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin, protein dan mineral pada daun singkong berfungsi efektif menjaga sistem metabolisme tubuh. Sehingga mengonsumsi daun singkong secara teratur dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

5 dari 7 halaman

Mengatasi Anemia

002 siti rutmawati

healthguides.healthgrades.com

Anemia merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat membuat tubuh seseorang menjadi mudah lelah, pusing hingga nyeri dada. Salah satu cara alternatif untuk mengatasi anemia ialah mengonsumsi daun singkong.

Bagi Anda yang memiliki penyakit anemia, sebaiknya mengonsumsi daun singkong. Pasalnya kandungan zat besi pada daun singkong berfungsi efektif membantu mengatasi penyakit anemia.

6 dari 7 halaman

Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Daun singkong memiliki kandungan zat besi yang berperan penting untuk menjaga fungsi organ tubuh. Pasalnya zat besi dapat membantu menyalurkan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, kandungan daun singkong berfungsi efektif membantu menyuplai oksigen sehingga berguna saat proses kontraksi otot.

7 dari 7 halaman

Menjaga Kehamilan

ilustrasi wanita hamil di taman

Shutterstock/S.Borisov

Daun singkong sejak dulu sudah dipercaya dapat membantu menjaga kehamilan. Pasalnya daun singkong memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah penyakit anemia yang sering dialami oleh wanita hamil.

Selain itu, kandungan asam folat pada daun singkong berfungsi efektif mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Sehingga daun singkong cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang mengalami kehamilan.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini