7 Cara Mencegah Maag saat Puasa, Hindari Makan Berlebihan Ketika Berbuka

Rabu, 13 Mei 2020 12:55 Reporter : Ayu Isti Prabandari
7 Cara Mencegah Maag saat Puasa, Hindari Makan Berlebihan Ketika Berbuka ilustrasi maag. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/igor.stevanovic

Merdeka.com - Maag dapat dikatakan sebagai ancaman penyakit yang bisa mengganggu pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan. Bukan tanpa alasan, maag biasanya muncul ketika perut dalam keadaan kosong. Di mana tidak adanya asupan makanan yang bisa dicerna oleh organ lambung yang terus bergerak. Hal ini tentu saja bisa terjadi kapan saja terutama saat menjalankan ibadah puasa.

Lebih lagi, bagi orang yang mempunyai riwayat penyakit maag. Pastinya hal ini menjadi suatu kekhawatiran tersendiri selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Orang yang menderita maag akan lebih mudah merasakan berbagai gejala yang mengacu pada gangguan pencernaan yang satu ini. Mulai dari nyeri perut, kembung, mual, hingga dada atau tenggorokan yang terasa perih seperti sensasi terbakar.

Timbulnya gejala-gejala tersebut di tengah ibadah puasa, tentu saja akan menyebabkan kondisi tubuh yang tidak nyaman. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, munculnya beberapa gejala tersebut dapat membuat seseorang harus membatalkan puasanya. Sehingga ibadah puasa Ramadhan pun tidak dapat dilaksanakan dengan lancar.

Bagi Anda yang mempunyai risiko penyakit ini, penting untuk mengetahui beberapa cara mencegah maag saat puasa. Hal ini berguna agar gejala maag yang dapat muncul bisa lebih ditekan. Maka ibadah puasa akan lebih mudah dilaksanakan.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa cara mencegah maag saat puasa yang perlu Anda ketahui dan lakukan.

Baca Selanjutnya: Jangan Lewatkan Sahur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini