6 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan, Mampu Cegah Kanker

Senin, 15 Juni 2020 18:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
6 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan, Mampu Cegah Kanker Ilustrasi lobak. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/pilipphoto

Merdeka.com - Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi di telinga, termasuk masyarakat Indonesia. Sayuran yang berbentuk seperti wortel namun memiliki warna putih ini memang banyak ditemui dan dijual di pasaran. Baik di pasar tradisional maupun swalayan atau supermarket besar. Biasanya sayuran berdaging putih ini banyak diolah menjadi sajian sup hangat yang lezat.

Menilik dari asal usulnya, sayuran lobak putih ini diketahui berasal dari negara Tiongkok. Sayuran jenis ini sebenarnya masih termasuk satu kelompok dengan sayur kol atau kubis. Sehingga tidak heran jika ketiga sayuran tersebut memiliki rasa yang hampir sama.

Meskipun dikembangkan pertama kali di Tiongkok, kini Indonesia sudah mulai membudidayakan sayur lobak putih ini. Bahkan sayuran ini sangat cocok ditanam di Indonesia, baik saat musim hujan maupun musim kemarau. Meskipun begitu, tanaman lobak putih harus mendapatkan pengairan yang cukup untuk menjaga tanaman tetap subur saat memasuki musim kemarau.

Dari segi kandungan yang dimiliki, lobak putih diketahui memiliki berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, hingga sejumlah kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan dikatakan bahwa berbagai kandungan yang terdapat pada lobak putih ini mampu memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut kami telah merangkum beberapa manfaat lobak putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

2 dari 7 halaman

Membantu Menurunkan Berat Badan

badan
© elembarazo.net

Manfaat lobak putih bagi kesehatan yang pertama adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini tidak lain didapatkan dari kandungan serat pada lobak putih yang cukup tinggi. Dalam hal ini, kandungan serat, seperti yang terdapat pada lobak putih, bekerja mengikat lemak-lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu perut terasa lebih cepat kenyang. Dalam hal ini, serat mampu mengisi ruang pada lambung secara lebih optimal. Setelah dikonsumsi, maka perut akan merasa lebih kenyang dan mengirimkan sinyal pada otak agar tidak mengonsumsi makanan lebih banyak lagi. Dengan begitu, berat badan akan lebih mudah terkontrol dengan mengonsumsi makanan berserat, termasuk lobak putih.

3 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lobak putih yang kedua adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan hasil penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyebutkan bahwa lobak putih memiliki kandungan antioksidan tinggi jenis flavonoid yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bukan hanya itu, kandungan ini juga mampu mencegah risiko serangan jantung dan penyakit stroke.

Selain itu, kandungan antioksidan jenis flavonoid yang terdapat pada lobak putih juga bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung dan pembuluh darah. Hal ini pun dibuktikan dalam berbagai studi, bahwa senyawa flavonoid dapat bekerja secara efektif dalam menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner maupun penyakit stroke.

4 dari 7 halaman

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

008 siti rutmawati©www.telegraph.co.uk

Manfaat lobak putih bagi kesehatan yang tidak kalah penting adalah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan jenis isothiocyanate yang banyak terkandung di dalamnya. Senyawa antioksidan jenis ini bekerja melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit.

Bukan hanya itu, senyawa antioksidan ini juga berguna untuk membersihkan tubuh dati berbagai zat penyebab penyakit kanker maupun tumor. Selain itu, lobak putih juga mempunyai kandungan vitamin C, folat, serta berbagai zat antioksidan lainnya yang turut membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang berbagai penyakit. 

5 dari 7 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat lobak putih bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini tidak lain diperoleh dari senyawa kalium yang banyak terdapat pada lobak putih. Kandungan kalium ini bekerja membantu menekan efek samping dari kadar natrium berlebih yang menyebabkan kondisi tekanan darah tinggi pada tubuh.

Dengan begitu, kadar natrium dalam tubuh dapat dikendalikan dengan baik sehingga mampu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Jika diabaikan, kondisi tekanan darah tinggi ini dapat memicu beberapa penyakit berbahaya lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke.

6 dari 7 halaman

Baik untuk Penderita Diabetes

011 siti rutmawati©www.huffingtonpost.com

Lobak putih diketahui juga sangat baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Manfaat lobak putih bagi kesehatan yang satu ini didapatkan dari indeks glikemik atau kandungan gula rendah yang terdapat di dalamnya.

Perlu diketahui, bahwa konsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah maka semakin sedikit pula pengaruhnya terhadap meningkatnya insulin atau kadar gula darah dalam tubuh.

Maka dari itu, konsumsi lobak putih turut membantu mengatur masuknya asupan gula ke dalam darah. Bahkan berdasarkan hasil penelitian, dikatakan bahwa sayuran lobak memiliki sifat antidiabetes karena mampu meningkatkan penyerapan gula darah dalam tubuh secara optimal.

7 dari 7 halaman

Mencegah Kerusakan Hati

Manfaat lobak putih bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat mencegah kerusakan hati. Diketahui, bahwa lobak putih mengandung enzim khusus yang mempunyai aktivitas hepatoprotektif di dalamnya.

Dalam hal ini, enzim tersebut bekerja melawan segala efek buruk dari agen senyawa tertentu yang dapat merusak organ hati. Dengan begitu, konsumsi sayuran lobak putih dapat berguna untuk menjaga organ hati tetap sehat dan terhindari dari risiko kerusakan.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Ragam
  4. Manfaat Sayur
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini