6 Gejala Herpes yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya

Sabtu, 19 September 2020 19:30 Reporter : Jevi Nugraha
6 Gejala Herpes yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi herpes. ©Shutterstock.com/Levent Konuk

Merdeka.com - Kulit merupakan salah satu organ tubuh manusia yang paling besar. Rata-rata kulit orang dewasa adalah sekitar 2,7 kilogram. Hal ini terdiri dari berbagai lapisan utama, seperti epidermis, dermis, dan hipodermis. Lapisan epidermis merupakan bagian terluar dari kulit manusia.

Sedangkan dermis merupakan tempat melekatnya pembuluh darah, folikel rambut dan saraf. Lapisan ini merupakan tempat dibentuknya protein yang disebut kolegan. Sementara itu, hipodermis adalah kulit lemak atau jaringan ikat yang menjadi tempat kelenjar keringat.

Kulit juga memiliki beberapa komponen, seperti air, protein, lemak, senyawa kimia, dan beberapa jenis mineral. Sehingga kulit manusia berperan penting dalam melindungi tubuh. Namun, kulit juga rentan terkena gangguan, salah satu jenis penyakit kulit yang menimbulkan rasa tidak nyaman dan membahayakan tubuh adalah herpes.

Melansir dari Medical News Today, herpes merupakan gangguan kulit yang ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit yang berwarna kemerahan dan berisi cairan. Gangguan kulit ini termasuk jenis penyakit jangka panjang yang bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh seseorang.

Setiap orang memiliki risiko penyakit herpes, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh karena itu, upaya pencegahan penyakit herpes harus sejak dini dilakukan. Lantas, apa saja gejala herpes dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Selanjutnya: Mengenal Penyakit Herpes...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini