5 Manfaat Surat Ar-Rahman, Bantu Tenangkan Hati dan Pikiran

Senin, 12 April 2021 15:23 Reporter : Jevi Nugraha
5 Manfaat Surat Ar-Rahman, Bantu Tenangkan Hati dan Pikiran ilustrasi membaca Al-Quran. nuraddini.blogspot.com

Merdeka.com - Setiap umat muslim selalu dianjurkan untuk senantiasa membaca kitab suci Alquran. Selain mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT, membaca Alquran juga merupakan upaya untuk mencapai kelapangan hidup agar terhindar dari segala kesempitan.

Melansir dari laman NU Online, seorang mukmin yang senantiasa membaca Alquran digambarkan dalam hadis Abu Dawud, seperti buah yang wangi dan manis. Sedangkan seorang mukmin yang tidak suka membaca Alquran seolah-olah seperti buah yang rasanya manis akan tetapi tidak memiliki aroma wangi.

Salah satu surah di dalam Alquran yang memiliki banyak keistimewaan adalah surat Ar-Rahman. Surat Ar-Rahman sendiri memiliki makna mendalam tentang nikmat. Tak heran jika banyak manfaat surat Ar-Rahman yang bisa didapatkan setiap muslim saat membaca dan memahami maknanya.

Lantas, apa saja manfaat surat Ar-Rahman dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasannya yang dilansir dari NU Online dan Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

Lebih Bersyukur kepada Allah SWT

ilustrasi berdoa
©Pixabay/SuleymanKarakas

Salah satu puncak kebahagiaan adalah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan.

Setiap muslim yang senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, maka akan ditambah kenikmatan dan hidupnya menjadi lebih berkah. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu surah Alquran, Allah SWT berfirman:

Artinya," Sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu nikmat syukur kepada Allah. Barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang tidak bersyukur maka Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji." (QS. Luqman: 12).

Dengan membaca surat Ar-Rahman secara rutin dan memahami maknanya, niscaya akan membuat setiap muslim senantiasa bersyukur kepada-Nya. Pasalnya, membacanya dengan sepenuh hati, akan membuat pembacanya tak mampu untuk mengkufuri semua nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Bisa Dijadikan Mahar Menikah

Surat Ar-Rahman juga bisa dipakai untuk mahar menikah. Mahar ini dapat diberikan dalam bentuk hafalannya, terutama bagi yang tidak memiliki harta benda. Untuk itu, agar bisa dijadikan mahar menikah, sebaiknya membaca surat Ar-Rahman dengan rajin.
Surat Ar-Rahman bisa dijadikan mahar menikah ini berdasarkan salah satu hadis, yang artinya:

"Maka apabila kіta tіdak memіlіkі mahar berupa baju, cіncіn maupun laіn sebagaіnya, maka dapat dіlakukan dengan cara menghafal salah satu surat dalam Al Qur’an yaіtu surat ar rahman." (HR. Bukharі)

3 dari 4 halaman

Menenangkan Hati dan Pikiran

ilustrasi berdoa
freepik.com

Salah satu manfaat surat Ar-Rahman adalah selalu mengingat Allah SWT. Segala pujian kepada Allah akan terucap ketika seorang muslim membaca surat Ar-Rahman. Dengan membaca surat Ar-Rahman di waktu senggang, akan mengingatkan seorang hamba kepada kuasa Allah SWT yang sangat besar.

Mengingat Allah SWT di waktu siang atau malam hari, dapat membuat seorang hamba merasa tenang dan tentram. Tentu saja manfaat ini bisa didapatkan dengan cara membaca dan memahami makna di dalamnya.

Mencintai Ciptaan Allah SWT

Mencintai segala sesuatu yang telah diciptakan Allah SWT adalah wujud keimanan seorang hamba kepada-Nya. Segala makhluk yang nampak dan tidak tampak juga harus diyakini, disayangi, dan dihargai keberadaannya.

Salah satu cara menanamkan rasa cinta terhadap semua ciptaan Allah SWT adalah dengan membaca surat Ar-Rahman. Dengan membaca surat Ar-Rahman, dapat mencintai ciptaan Allah SWT dan mendekatkan diri kepada-Nya. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis, yang artinya:

"Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surat Ar-Rahman dari awal hingga akhir surat, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata, “Aku telah membacakannya kepada jin pada malam berkumpulnya mereka dan mereka meresponsnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban (maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dusta, kan?), mereka berkata kami tidak mendustakan apa pun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi-Mu segala Puji." (H.R. Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Mati Syahid

Manfaat surat Ar-Rahman bagi umat muslim selanjutnya, yaitu mati syahid. Membaca surat Ar-Rahman adalah upaya seorang hamba kembali kepada Rabbnya dalam keadaan sebaik-baiknya. Tentu saja, manfaat ini bisa didapatkan dengan cara membacanya secara rutin dan merenungi setiap maknanya.

Manfaat surat Ar-Rahman satu ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid." (HR. Imam Ja’far)

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini