5 Cara Merawat Burung Pleci dengan Mudah, Cepat Berkicau Lantang dan Nyaring

Kamis, 21 Mei 2020 16:41 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Cara Merawat Burung Pleci dengan Mudah, Cepat Berkicau Lantang dan Nyaring 5 Cara Merawat Burung Pleci dengan Mudah, Cepat Berkicau Lantang dan Nyaring. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Burung menjadi hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang, terutama oleh masyarakat Indonesia. Bagi para pecinta burung, tentu saja memelihara hewan yang satu ini dapat menjadi hobi tersendiri. Bahkan banyak di antaranya menjadikan burung ini sebagai usaha ternak yang dapat menghasilkan uang.

Jenis burung yang banyak dipelihara masyarakat Indonesia pun beragam. Mulai dari burung lovebird, kenari, parkit, nuri, dan masih banyak lagi. Salah satu burung peliharaan yang tidak kalah digemari oleh masyarakat Indonesia adalah burung pleci. Biasanya banyak orang tertarik memelihara jenis burung yang satu ini karena kemampuan berkicaunya yang lantang dan nyaring.

Kemampuan berkicau dengan suara yang lantang dan nyaring tersebut memang menjadi keistimewaan tersendiri yang jarang dimiliki jenis burung lain. Meskipun begitu, keahlian ini tidak bisa terlihat begitu saja. Melainkan harus dirawat dan dilatih agar burung mempunyai kemampuan berkicau yang mumpuni.

Namun harus diakui, cara merawat burung pleci tidak semudah yang dibayangkan. Diperlukan ketekunan dan kesabaran, agar burung bisa mempunyai kemampuan berkicau yang hebat.

Bagi Anda yang memiliki peliharaan ini, perlu menyimak beberapa cara merawat burung pleci berikut ini agar burung cepat berkicau lantang dan nyaring.

Dilansir dari situs Wikicau.com, merdeka.com telah merangkum beberapa cara merawat burung pleci dengan mudah, yang bisa Anda lakukan.

1 dari 5 halaman

Pengembunan di Pagi Hari

5 cara merawat burung pleci dengan mudah cepat berkicau lantang dan nyaring

©2020 Merdeka.com/Liputan6.com

Cara merawat burung pleci yang pertama dimulai dengan melakukan pengembunan di pagi hari. Cara ini perlu dilakukan apalagi bagi Anda yang memiliki peliharaan dalam jumlah yang cukup banyak.

Caranya, gantungkan sangkar burung dengan jarak yang berjauhan setiap pagi hari, sebelum matahari terbit. Nantinya setelah matahari mulai terbit, burung-burung akan berkicau, memanggil satu sama lain.

Letak sangkar yang berjauhan, memicu burung untuk mengeluarkan suara yang lebih keras dan lantang agar terdengar oleh temannya. Hal ini pun dinilai efektif untuk melatih kemampuan burung untuk berkicau dengan baik.

Lakukan cara ini rutin setiap pagi, maka Anda bisa melatih kicauan burung pleci agar memiliki suara yang lantang dan nyaring.

2 dari 5 halaman

Rutin Memandikan Pleci Setiap Pagi

Cara merawat burung pleci selanjutnya adalah rutin memandikan pleci setiap pagi. Cara ini dilakukan tepat setelah proses pengembunan selesai. Sebaiknya, kegiatan memandikan burung ini dilakukan antara pukul 06.25 - 07.30 WIB.

Terdapat dua cara mudah untuk memandikan burung pleci dengan benar. Pertama, menggunakan alat semprot yaitu dengan meletakkan sangkar burung di lantai kemudian semprotkan air mengarah pada burung hingga basah kuyub.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkan wadah berisi air ke dalam sangkar, lalu tunggu hingga burung pleci mandi sendiri. Hal ini sudah bisa dilakukan burung pleci, bahkan saat mereka di alam bebas. Mereka sering kali mandi di sungai maupun sumber air lainnya.

3 dari 5 halaman

Menjemur Pleci setelah Dimandikan

5 cara merawat burung pleci dengan mudah cepat berkicau lantang dan nyaring

©2020 Merdeka.com/Arenahewan.com

Cara merawat burung pleci yang tidak kalah penting adalah melakukan penjemuran. Setelah selesai mandi, selanjutnya perlu melakukan penjemuran burung agar air yang menempel pada tubuh burung bisa kering. Jika Anda mempunyai peliharaan burung pleci dalam jumlah banyak, penjemuran bisa dilakukan secara bersamaan.

Caranya, letakkan sangkar di lantai, bisa dengan jarak jauh maupun berdekatan. Pastikan tempat penjemuran berada di bawah sinar matahari langsung. Lakukan proses penjemuran ini sekitar 35 menit, jika sudah selesai letakkan atau gantungkan sangkar burung di tempat yang lebih teduh.

4 dari 5 halaman

Proses Pemasteran

Cara merawat burung pleci selanjutnya yang penting untuk melatih kicauan burung adalah melakukan proses pemasteran. Proses ini dilakukan setelah selesai penjemuran, yaitu dengan memancing burung untuk berkicau dengan suara kicauan burung. Anda bisa menirukan suara kicauan burung asli, atau bisa juga dengan menggunakan rekaman suara burung melalui ponsel.

Dengan memasang suara kicauan burung tersebut, maka burung pleci dengan sendirinya akan mengeluarkan kicauannya. Hal ini juga bisa melatih burung untuk mendapatkan kicauan yang keras dan lantang. Jika dilakukan secara rutin, maka semakin lama burung pleci akan terbiasa dan berkicau tanpa adanya suara buatan untuk memancingnya.

5 dari 5 halaman

Tutup Sangkar di Malam Hari

5 cara merawat burung pleci dengan mudah cepat berkicau lantang dan nyaring

©2020 Merdeka.com/Wikicau.com

Cara merawat burung pleci langkah terakhir adalah dengan menutup sangkar burung setiap malam hari. Hal ini dilakukan agar burung dapat beristirahat dengan tenang tanpa gangguan. Apalagi jika sangkar burung diletakkan di tempat yang ramai. Dengan menutup sangkar burung menggunakan kain, maka bisa meminimalisir berbagai gangguan yang bisa merusak waktu istirahat burung. Termasuk membatasi pandangan burung agar tidak terganggu.

Hal ini pun dinilai cukup efektif agar burung pleci dapat beristirahat dengan maksimal. Bagi Anda yang mempunyai peliharaan dalam jumlah banyak, perlu menyiapkan beberapa kain penutup sangkar agar semua burung bisa istirahat dengan tenang.

[ayi]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jateng
  3. Berita Jateng
  4. Ragam
  5. Burung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini