10 Teknologi Terbaru dan Tercanggih, Perlu Diketahui

Kamis, 14 April 2022 10:01 Reporter : Jevi Nugraha
10 Teknologi Terbaru dan Tercanggih, Perlu Diketahui ilustrasi teknologi. cision.com

Merdeka.com - Teknologi terbaru dan tercanggih semakin mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin manusia membutuhkan banyak hal, semakin banyak juga teknologi-teknologi yang tercipta. Sehingga, tidak ada yang tidak mungkin untuk menghadirkan dan menggunakan teknologi canggih masa depan.

Berbagai wujud teknologi terbaru dan tercanggih seringkali membuat manusia terasa takjub. Tentunya, hal tersebut merupakan pemikiran manusia setelah melalui serangkaian proses yang tak singkat. Yang mana dalam proses pembuatan memerlukan penelitian ilmiah dalam jangka waktu tertentu untuk menghasilkan teknologi terbaru dan tercanggih di dunia.

Saat ini, banyak ditemui beragam teknologi terbaru dan tercanggih di dunia yang digunakan manusia. Berikut sejumlah teknologi terbaru dan tercanggih yang merdeka.com lansir dari Itpportal.com:

2 dari 4 halaman

Virtual Reality (VR)

ilustrasi teknologi

humanresourcesonline.net

Virtual Reality (VR) adalah teknologi terbaru dan tercanggih mampu menciptakan simulasi. Ini artinya, simulasi yang dilakukan mirip seperti dunia nyata, seperti suasana saat Anda makan di sebuah restoran. Selain itu, VR juga dapat mensimulasikan sebuah dunia yang benar-benar berbeda atau hasil dari imajinasi.

Tak hanya dapat melihat layar, pengguna juga bisa tenggelam dan berinteraksi dengan dunia 3D. Sederhananya, VR bisa mensimulasikan indra sebanyak mungkin, seperti pendengaran, penglihatan, bahkan penciuman.

Warp Drive

Salah satu teknologi terbaru dan tercanggih adalah warp drive. Teknologi ini hadir karena kebutuhan manusia akan kecepatan sehingga mempersingkat ruang dan waktu.

Warp drive sendiri merupakan istilah bagi teknologi terbaru dan tercanggih yang memungkinkan manusia untuk dapat menjelajah seluruh isi alam semesta. Nantinya, warp drive mampu menembus waktu dan ruang secara cepat.

Telepati Elektronik

Telepati elektronik merupakan teknologi terbaru dan tercanggih yang akan menghubungkan pemikiran manusia dengan manusia lainnya. Teknologi satu ini memungkinkan manusia untuk dapat berkomunikasi tanpa menggunakan sarana, seperti mulut, telinga, mata, dan lainnya.

Manusia cukup menggunakan teknologi tersebut untuk dapat menerima dan memberikan sinyal tertentu. Hal ini yang kemudian semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi antar sesama.

3 dari 4 halaman

Robotic Process Automation (RPA)

ilustrasi robot
©©shutterstock.com/Ociacia

Teknologi terbaru dan tercanggih selanjutnya, yaitu Robotic Process Automation (RPA). Teknologi terbaru ini digunakan untuk mengotomatiskan tugas sehari-hari, mirip dengan kecerdasan buatan. Nantinya, RPA digunakan untuk mengotomatiskan tugas yang berulang seperti menangani dan membalas email, memproses, dan menangani data bisnis.

Biasanya, teknologi terbaru 2020 satu ini banyak digunakan untuk mengotomatiskan tugas dari karyawan tingkat rendah ke pejabat yang lebih tinggi. RPA sendiri dapat mengotomatiskan lebih dari 40 persen tugas harian.

Mobil Terbang

Teknologi terbaru dan tercanggih masa depan berikutnya, yaitu mobil terbang. Produsen otomotif asal Amerika Serikat bernama Taylor Aerocar diketahui sebagai orang pertama yang mengembangkan mobil terbang. Bahkan, Taylor Aerocar telah mengembangkan mobil terbangnya pada 1949.

Sebentar lagi, Anda akan melihat mobil terbang melayang di angkasa. Di mana mobil tersebut akan berjalan di darat dan udara. Penggunaannya pun perlu disertifikasi pilot demi operasional keselamatan mobil terbang ini.

Internet of Things

Internet of Things (IoT) adalah teknologi terbaru dan tercanggih berupa jaringan yang terhubung satu sama lain. Dengan IoT, perangkat mereka dapat berinteraksi dan berbagi data satu sama lain.

Tak hanya memungkinkan koneksi antar perangkat yang berbeda, IoT juga bisa melakukan akses jarak jauh. Misalnya, Anda mengunci pintu mobil Anda dari jarak jauh, panaskan oven dan geyser Anda.

FitBit yang Anda gunakan untuk melacak jumlah kalori yang Anda bakar juga menggunakan teknologi IoT. Chip IoT yang disematkan pada mesin membantu bisnis untuk menilai kinerja mesin tersebut dan membantu dalam pemeliharaannya.

4 dari 4 halaman

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi terbaru dan tercanggih yang digunakan untuk melengkapi sistem komputer dengan kemampuan membuat keputusan seperti manusia. Adapun tujuan dari AI sendiri yaitu meniru kecerdasan manusia untuk melakukan beragam tugas yang kompleks seperti pengenalan pola, ucapan, ramalan, dan diagnosis medis.

AI sendiri digunakan dalam aplikasi berbasis navigasi seperti Uber, asisten suara seperti Siri, layanan streaming video, perangkat IoT, dan di mesin pencari Google dan Bing. Banyak sekali manfaat adanya AI ini, di antaranya membuat prediksi bisnis, menjadwalkan kereta, hingga merancang mobil tanpa pengemudi.

Aplikasi Cerdas

Aplikasi cerdas adalah teknologi terbaru dan tercanggih yang memanfatkan komponen AI seperti pembelajaran mendalam, pembelajaran mesin, analitik data, dan pemrosesan bahasa alami. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu dalam membuat keputusan berdasarkan data real-time atau data historis.

Blockchain

Teknologi terbaru dan tercanggih selanjutnya, yaitu Blockchain. Teknologi ini didasarkan dengan memberdayakan mata uang elektronik seperti Cryptocurrency. Sederhananya, Blockchain adalah buku besar elektronik yang dapat dibagikan di antara pengguna yang berbeda.

Nantinya, Blockchain dapat membantu membuat catatan transaksi yang tidak dapat diubah. Sehingga, setiap kali ada transaksi baru ditambahkan ke buku besar, tersimpan sebagai blok lain dalam rantai transaksi.

Hyperloop

Teknologi terbaru dan tercanggih lainnya, yaitu hyperloop. Istilah hyperloop tercatat pertama kali disebutkan oleh inventor Amerika Serikat, Elon Musk, pada 2012. Elon Musk menyebutkan bahwa konsep awal hyperloop adalah alat transportasi yang berbentuk kapsul dan bergerak secara elektromagnetis dalam kanal bertekanan udara rendah.

Nantinya, hyperloop akan mendorong kota-kota besar untuk berkembang memiliki mode transportasi yang cepat, aman, dan mampu menampung banyak penumpang. Dengan hyperloop. 20-40 penumpang bisa menempuh kecepatan 1.700 kilometer per jam. [jen]

Baca juga:
ITS Ciptakan Boneka Jolene untuk Ukur Tingkat Kebisingan, Ini Kecanggihannya
Pemuda Pamekasan Bikin Pom Mini Unik, Bisa Isi Bensin Otomatis
Teknologi Mata Bionik, Harapan Baru Bagi Orang Buta yang Ingin Melihat Dunia
Terinspirasi BJ Habibie, Pemuda di Sumedang Berhasil Buat Start Up Pesawat Terbang
Mahasiswa UI Ciptakan Pesawat Canggih Teknologi Microsoft, Mampu Petakan Area

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini