Wagub DKI Ingatkan Penyelenggara Vaksinasi Covid-19 Perhatikan Alur Antrean

Selasa, 23 Februari 2021 20:06 Reporter : Yunita Amalia
Wagub DKI Ingatkan Penyelenggara Vaksinasi Covid-19 Perhatikan Alur Antrean Pedagang Pasar Tanah Abang Jalani Vaksinasi Covid-19. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta panitia penyelenggara vaksinasi Covid-19 memperhatikan alur antrean bagi calon penerima vaksin. Hal ini sehubungan antrean vaksinasi di Tanah Abang yang membludak sehingga dibubarkan oleh polisi.

"Ke depan kita minta panitia yang menyelenggarakan vaksin di Pasar Tanah Abang agar mengatur secara teknis dan detail. Umpamanya, kedatangan calon yang akan menerima vaksin itu diatur jamnya jangan sekedar dibagikan kupon hari dan tanggalnya saja," kata Riza di Balai Kota, Selasa (23/2).

Riza menyebutkan, calon penerima vaksin hari ini di Tanah Abang sebanyak 500 orang. Dia menduga, persiapan untuk mengatur orang dengan jumlah tersebut tidak disiapkan dengan matang.

Dia meminta agar kejadian hari ini tidak ditanggapi negatif. Sebab menurutnya kondisi tersebut masalah sederhana.

"Saya kira ini masalah yang sangat sederhana sesungguhnya. Ke depan kita minta untuk segera dibenahi. Apa yang dilakukan kapolsek dan jajaran sangat baik dan menjadi pembelajaran bagi semua dalam rangka pelaksanaan vaksin agar tetap mengatur sedemikian pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan," tandasnya.

Di samping itu, Riza menganggap kondisi tersebut menunjukan animo masyarakat menerima vaksin cukup tinggi.

"Alhamdulillah kami bersyukur sekalipun tadi ada antrean yang cukup di Tanah Abang dan di lansia, ini menunjukan animo kesungguhan dan dukungan dari masyarakat," katanya.

Riza menyatakan pihaknya akan terus melakukan pembenahan teknis agar antrean vaksinasi bisa ditekan agar tidak menjadi klaster penularan Covid-19. Selain itu, respon positif juga dikatakan Riza datang dari organisasi masyarakat.

Dalam satu hari ini, kata Riza, Pemprov DKI mendapat 1-2 telepon masuk dari organisasi masyarakat yang menawarkan kolaborasi melaksanakan vaksinasi, khususnya terhadap lansia.

"Hari ini saja saya sudah dapat 2 - 3 telepon dari beberapa organisasi yang ingin juga membantu mengumpulkan lansia dan mendapatkan perlakuan khusus agar terpisah dari yang lain agar tidak terjadi kerumunan dan sebagainya," jelasnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan daftar sementara fasilitas kesehatan yang dijadikan tempat vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia atau lansia. Lokasi vaksinasi yang tersebar di lima kota administrasi itu diunggah akun instagram @dinkesdki.

"Lokasi layanan vaksinasi Covid-19 ini sementara ya karena akan berkembang sejumlah lokasi vaksin yang dikirim dari Kementerian Kesehatan ke Dinkes DKI," tertulis pada unggahan. 

Baca Selanjutnya: Berikut sejumlah lokasi vaksinasi Covid-19...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini