Temui Wapres JK, Anies Baswedan Sebut Lapor Pelarangan Kendaraan Tua

Jumat, 9 Agustus 2019 15:29 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Temui Wapres JK, Anies Baswedan Sebut Lapor Pelarangan Kendaraan Tua Pawai kampanye damai cagub dki. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (9/8). Dalam pertemuan tersebut membahas pelanggaran penggunaan kendaraan umum yang berusia 10 tahun ke bawah.

"Tadi saya sampaikan bahwa tahun 2019 ini semua kendaraan yang umum yang tua sudah tahun terakhir. Tahun depan sudah mulai kendaraan baru semua. Jadi lebih ke perkembangan-perkembangan itu," kata Anies di Istana Wapres, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (9/8).

Anies menjelaskan peremajaan kendaraan kendaraan itu diwacanakan akan berlaku pada 2020. Menurut dia kendaraan umum 10 tahun ke bawah atau di bawah minimal keluaran tahun 2010 akan dilarang digunakan di Jakarta.

"Ya, jadi seluruh kendaraan yang di atas usia 10 tahun, hanya sampai tahun ini. Tahun 2020 semua kendaraan harus berusia di bawah 10 tahun," ungkap Anies.

Dia mengklaim wacana tersebut dimulai pada saat ini yakni penggunaan angkutan transportasi umum. Peremajaan akan berdampak baik untuk pengalihan penggunaan kendaraan dari yang awalnya menggunakan kendaraan pribadi menjadi ke kendaraan umum. Dalam 2018-2019 kata dia peningkatan tersebut mencapai 100-120 juta penumpang.

"Jadi perubahan itu diakui juga di dunia dan saya jelaskan juga ke Pak Wapres, nanti insya Allah dengan makin terintegrasi, makin luas jangkauannya insya Allah kita menjangkau sampai 95 persen wilayah Jakarta," ungkap Anies. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini