Tarif MRT Dianggap Mahal, Anies Minta Bandingkan dengan Transportasi Lain

Kamis, 28 Maret 2019 19:58 Reporter : Merdeka
Tarif MRT Dianggap Mahal, Anies Minta Bandingkan dengan Transportasi Lain Anies Baswedan. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara mengenai anggapan tarif maksimal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Rp 14 ribu dikategorikan mahal untuk sebagian masyarakat. Dia menyebut mahal tidaknya tarif dapat dilihat dari perbandingan dengan transportasi lainnya.

Anies membandingkan tarif MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) dengan transportasi online dengan rute yang sama.

"Jadi komparasinya itu bukan Rp 0 dan Rp 14 ribu, komparasinya itu anda mau naik apa. Baik ojek ada biayanya dihitung berapa, kemarin keputusannya berapa ojek? Rp 2 ribu. Jarak 16 kilometer kali Rp 2 ribu, berapa? Oke murah mana," kata Anies di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

Tak hanya itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menjelaskan dengan harga Rp 14 ribu, selain memperoleh kenyamanan penumpang juga mendapatkan kepastian akan ketepatan waktu.

Sedangkan bila menggunakan kendaraan pribadi, Anies mengatakan masyarakat harus memikirkan keperluan lainnya, mulai dari bahan bakar serta tarif parkir.

"Jadi ongkos itu saya sudah diperhitungkan ability to pay dan wilingnes to pay. Nah kalau misalnya dibandingkan dengan moda lain, terprediksi waktunya nyaman di perjalanan," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif MRT Jakarta berdasarkan jarak antar stasiun mulai Rp 3 ribu dan maksimal Rp 14 ribu, pada Selasa, 26 Maret 2019.

Kesepakatan itupun dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di gedung DPRD DKI Jakarta.

Berikut rincian bila perjalanan dari Lebak Bulus ke Bundaran HI:

- Lebak Bulus-Fatmawati: Rp 4 ribu
- Lebak Bulus-Cipete Raya: Rp 5 ribu
- Lebak Bulus-Haji Nawi: Rp 6 ribu
- Lebak Bulus-Blok A: Rp 7 ribu
- Lebak Bulus-Blok M: Rp 8 ribu
- Lebak Bulus-ASEAN: Rp 9 ribu
- Lebak Bulus-Senayan: Rp 10 ribu
- Lebak Bulus-Istora: Rp 11 ribu
- Lebak Bulus-Bendungan Hilir: Rp 12 ribu
- Lebak Bulus-Setiabudi: Rp 13 ribu
- Lebak Bulus-Dukuh Atas: Rp 14 ribu
- Lebak Bulus-Bundaran HI: Rp 14 ribu

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Anies Baswedan
  2. MRT
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini