Sumarno: Rekapitulasi tingkat kecamatan rampung tanggal 26 April

Jumat, 21 April 2017 15:39 Reporter : Nur Habibie
Sumarno bicara format debat putaran dua. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Sumarno mengatakan proses input data pemilih sudah rampung 100 persen dari 13.034 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kini, petugas KPU DKI tengah menghitung hasil pemungutan suara tingkat kecamatan hingga 26 April mendatang.

"Proses input data hitung sudah selesai 100 persen tadi malam, jadi kami sudah berhasil menyelesaikan, menginput data, men-scan C1, sertifikat hasil penghitungan suara di 13,034 TPS atau 100 persen TPS di wilayah DKI Jakarta," ujar Sumarno di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

"Sekarang ini kita fokusnya kepada rekapitulasi manual yang berjenjang di Kecamatan, sampai dengan tanggal 26 April nanti," ujarnya

Setelah dilakukannya rekapitulasi tingkat kecamatan, akan dilanjutkan ke tingkat kotamadya.

"Baru setelah tanggal 26 April, dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kota, sampai dengan tanggal 28, mulai 29 April sampai 1 Mei itu rekapitulasi di tingkat Provinsi DKI Jakarta," ucapnya.

Lebih lanjut, Sumarno menjelaskan bahwa hasil semalam yang dilakukan oleh KPU di Hotel Bidakara hanya sebagai informasi data banding yang dijadikan alat kontrol oleh masyarakat.

"Hasil inilah yg bisa kita jadikan dasar untuk hasil Pilkada kita. Kalau yang tadi malam, yang Situng ini, walau sudah 100 persen, itu sekedar informasi pendahuluan sebagai data banding atau data sanding yang bisa dijadikan alat kontrol oleh masyarakat untuk mengawal proses rekapitulasi yg berlangsung secara manual," pungkasnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.