Salat Iduladha di JIS, Anies Serukan Keadilan Sosial untuk Semua

Minggu, 10 Juli 2022 08:03 Reporter : Rahmat Baihaqi
Salat Iduladha di JIS, Anies Serukan Keadilan Sosial untuk Semua salat iduladha di JIS. ©2022 Merdeka.com/rahmat baihaqi

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar salat Iduladha 1443 Hijriah bersama ribuan warga ibu kota di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7). Warga mulai memadati JIS sejak Pukul 05.30 WIB.

Pantauan merdeka.com, Pemprov DKI menyiapkan parkir alternatif untuk para jemaah salat Id. Jaraknya sekitar 2 Km dari lokasi salat.

Pemprov DKI juga menyediakan kendaraan untuk mengantar warga yang akan menuju stadion. Setibanya di stadion, fasilitas wudhu dan toilet telah disiapkan.

Anies didampingi langsung Wakil Gubernur DKI, Riza Patria. Sejumlah anggota DPRD DKI juga tampak hadir. Tema kutbah di JIS yakni Kurban cinta Allah, Cinta Sesama.

Dalam pidatonya, Anies mengatakan, rasa syukur bisa melaksanakan salat Iduladha di JIS pagi ini. Sebelumnya, Pemprov DKI juga sukses melaksanakan salat Idulfitri di tempat yang sama.

"Insya Allah kolaborasi kita untuk membangun Jakarta yang lebih baik untuk menghasilkan rasa dan keadilan sosial bisa benar-benar terlaksana dalam kesempatan ini, " jelas Anies.

2 dari 2 halaman

Jokowi di Istiqlal

Di tempat lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7). Jokowi salat berdampingan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang berada di sebelah kanannya.

Tampak Jokowi mengenakan stelan jas berpeci hitam dengan mengenakan sarung. Sedangkan Prabowo, tampak dengan pakaian berwarna hitam dan putih.

Salat Iduladha di Masjid Istiqlal dipimpin oleh Salim Ghazali. Khutbah disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, K.H. Mohammad Nuh, yang akan mengangkat tema ‘Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan’.

Pada Iduladha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton. Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia.

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal menyelenggarakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Adapun shalat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 WIB. [rnd]

Baca juga:
Kekhusyukan Jemaah Salat Iduladha 1443 H di Stadion Jakarta Internasional
Deretan Momen Seleb Rayakan Idul Adha 2022, Ada yang Kurban 20 Sapi
Raja Salman dan Putra Mahkota Kirim Ucapan Selamat Iduladha ke Pemimpin Negara Islam
Penjual Hewan Kurban DKI Laris Manis di Iduladha 2022 Meski Dibayangi Wabah PMK
Anies Baswedan Tak Undang Khusus Jokowi Salat Id di JIS, Ini Penjelasannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini