Renovasi Jembatan Cinta Ditargetkan Rampung Desember 2022

Minggu, 25 September 2022 10:02 Reporter : Lydia Fransisca
Renovasi Jembatan Cinta Ditargetkan Rampung Desember 2022 Jembatan cinta Pulau Tidung. ©wikipedia.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu masih mengerjakan renovasi Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Kepala Seksi Pencahayaan Kota Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu Wibi Abdi mengatakan, pengerjaan renovasi Jembatan Cinta akan rampung pada Desember 2022 mendatang.

"Ditargetkan pertengahan bulan Desember 2022 selesai dan sudah bisa dimanfaatkan wisatawan saat pergantian tahun," ujar Wibi, Sabtu (24/9).

Adapun jembatan sepanjang 200 meter ini sudah dikerjakan sejak Agustus 2022 dan kini, pengerjaan renovasi sudah mencapai 25 persen.

Wibi juga mengatakan, proses pengerjaan melibatkan sebanyak 58 pekerja dan pihaknya mengklaim bahwa sistem kerja yang ada telah memenuhi kriteria keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta para pekerja dilindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Mereka telah dilindungi dengan BPJS Ketenakerjaan agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para pekerja sudah mendapat jaminan dari pihak kontraktor," katanya.

Selain dilindungi BPJS, Wibi menambahkan, pekerja telah melakukan antisipasi dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat berkerja, seperti jaket, helm, dan sepatu boots, sesuai aturan yang berlaku.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi meminta agar masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap proses pekerjaan renovasi Jembatan Cinta yang menggunakan anggaran belanja negara daerah (APBD) sekitar Rp 8,4 milliar. Renovasi jembatan cinta ini termasuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Kepulauan Seribu.

"Jembatan cinta sudah lama menjadi destinasi wisata ikonik Kepulauan Seribu khususnya pariwisata permukiman di Pulau Tidung," kata Junaedi.

Junaedi menambahkan, progress pembangunan infrastruktur khususnya yang menunjang sektor kepariwisataan di Kepulauan Seribu menjadi perhatian utama. [rhm]

Baca juga:
Dua Jembatan Utama Bengawan Solo Ditutup, Warga Bangun Jembatan Bambu
Pembangunan Infrastruktur Masif di Era Jokowi
Malaysia Usul Bangun Jembatan Malaka-Dumai, Ini Tanggapan Indonesia
Kabar Terkini Korban Jembatan Putus di Probolinggo, Pulang dari RS Masuk Sekolah
Kronologi Jembatan Ambruk di Probolinggo Sebabkan 40 Siswa SMP Jatuh ke Sungai
Jembatan Ambruk di Probolinggo, 40 Siswa SMP dan Satu Guru Jatuh ke Sungai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini