Pesepeda Dilarang Keluar Jalur Sepeda Setelah Pukul 06.00, Ini Penjelasan Polisi

Jumat, 9 Desember 2022 14:34 Reporter : Bachtiarudin Alam
Pesepeda Dilarang Keluar Jalur Sepeda Setelah Pukul 06.00, Ini Penjelasan Polisi Pesepeda Ditegur Polisi. Instagram ahmadsahroni88 ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan alasannya mengeluarkan larangan bagi para pesepeda tidak boleh melintas dari luar jalur sepeda, setelah pukul 06.00 Wib.

Menurutnya, larangan ini harus dipatuhi oleh masyarakat terkhusus para pesepeda mengingat sudah tingginya mobilitas kendaraan di jalan raya selepas pandemi Covid-19 yang saat ini telah menurun.

"Tapi melihat situasi sekarang ini, kami yang berada di lapangan, aktivitas masyarakat sudah tinggi setelah pandemi menurun mulai jam 06.00 Wib sudah sangat tinggi," kata Latif, kepada wartawan Jumat (9/12).

Dengan kondisi jalan yang sudah mulai ramai, Latif mengimbau agar para pesepeda harus masuk dan melintas di jalur sepeda selepas pukul 06.00 Wib. Sementara jika pada jalan itu belum ada lajur sepeda, bisa menggunakan sisi jalan.

"Sehingga dimohon diharapkan kami mengimbau kepada penghobi sepeda, kalau mau masuk jalur utama, jalur protokol itu sebelum jam 06.00 Wib, olahraga silakan," kata dia.

2 dari 2 halaman

"Tetapi kalau sudah jam 06.00 Wib harus menggunakan jalur sepeda, kalau jalan tersebut belum ada jalur sepeda, menggunakan lajur yang paling kiri. Karena aktivitas masyarakat untuk bekerja ini kan sangat tinggi," tambah dia.

Sementara imbauan ini dikeluarkan selama hari kerja karena tingkat intensitas kendaraan tinggi. Sedangkan, bilamana memasuki akhir pekan, pesepeda dipersilakan untuk melintas di luar jalur dengan tetap memperhatikan keselamatan.

"Penghobi kan bisa hari Sabtu Minggu, kalau mungkin ingin Senin sampai Jumat silakan jam 05.00 Wib sampai jam 06.00 Wib. Kalaupun mau diatas jam 06.00 Wib ada lajur sepeda. Ya gunakan lajur sepeda kan gitu, nah kalau yang tidak ada lajur sepeda ya mereka sadar harus di sebelah kiri," jelasnya.

Baca juga:
Momen Ketika Dirlantas Marahi Pesepeda Keluar dari Jalur Sepeda
Crazy Rich Priok Hobi Gowes Bereaksi, Pesepeda Tak Tertib Disemprot Komandan Polisi
Nasib Bike Sharing di Jakarta, Terbengkalai dan Sulit Pendanaan
Jalur Sepeda Peninggalan Anies Dapat Anggaran Perawatan Rp7,5 Miliar
Fraksi PKS DKI Puji Aksi Heru Bagi-Bagi Sepeda, Singgung Jaminan Keselamatan Pesepeda
Terbengkalai, Dua Ratusan Sepeda Bike Sharing Peninggalan Anies Sudah Diangkut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini