Pemprov DKI Bongkar Reklamasi di Kali Ciliwung

Jumat, 16 Agustus 2019 17:32 Reporter : Merdeka
Pemprov DKI Bongkar Reklamasi di Kali Ciliwung Kali Ciliwung dipenuhi sampah. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air, Juaini Yusuf menyatakan sejumlah petugas telah dikerahkan untuk membersihkan urukan material atau perluasan daratan di Sungai Ciliwung, Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Lagi dibersihin di timur sama Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur kerja sama dengan Satgas Bina Marga sama PPSU, wilayah," kata Juaini di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dia menilai, kegiatan warga menguruk sungai menggunakan bebatuan juga termasuk hal yang menyalahi aturan. Pasalnya batuan yang dibuang ke sungai tersebut dapat menghambat laju air sehingga bisa menyebabkan banjir.

"Itu kan sebenarnya salah juga, menyalahi aturan, masak kali diuruk?" ujarnya.

Dalam pembersihan material ukuran itu, Juaini menyatakan petugas melakukan secara manual. Sebab alat berat tidak dapat menjangkau lokasi. Akan tetapi, dia optimis pembersihan itu dapat dilakukan secepatnya.

"Paling pakai manual, tenaga orang, kan satgas kita banyak," ujar dia.

Sementara itu, Juaini mengaku belum mengetahui berapa jumlah rumah yang di bangun di atas material ukuran itu. Sebelumnya, sebagian warga bantaran Sungai Ciliwung di Jalan Tanah Rendah membuat daratan buatan. Mereka memperlebar lahan tempat tinggalnya dengan sejumlah material.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini