Pantau Pengerukan Kali Sentiong, Wagub DKI Minta Semua Gotong Royong Cegah Banjir

Minggu, 18 Oktober 2020 18:33 Reporter : Lia Harahap
Pantau Pengerukan Kali Sentiong, Wagub DKI Minta Semua Gotong Royong Cegah Banjir Pengerukan Kali Sentiong. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 350 personel gabungan dari Suku Dinas Sumber Daya Air dan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup untuk program Gerebek Lumpur di Kali Sentiong. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meninjau langsung kegiatan tersebut.

Riza mengatakan, dalam pengendalian banjir di Ibu Kota, ada beberapa hal yang perlu diantisipasi beberapa waktu ke depan. Yakni anomali cuaca, perubahan iklim dan La Nina yang diperkirakan terjadi pada Desember mendatang.

"Jadi, di akhir tahun ini dan awal tahun 2020 nanti bisa dipastikan akan terjadi peningkatan debit air, jadi memang perlu upaya-upaya yang ekstra," ujar Riza. Demikian dikutip dari Antara, Minggu (18/10).

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk mengeruk Kali Sentiong yang berada di Kecamatan Johar Baru. Sebanyak tiga ekskavator dan delapan truk jungkit disiapkan untuk mengangkut hasil pengerukan Kali Sentiong.

Riza berharap agar semua pihak dapat terlibat aktif dalam berbagai langkah antisipasi ini dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara gotong royong.

"Diharapkan semua pihak terlibat aktif sehingga semua program penanganan banjir dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, yang ikut hadir di lokasi menyebutkan program gerebek lumpur dilakukan pada delapan titik yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

"Gerebek lumpur untuk di Kecamatan Johar Baru dipusatkan di Kali Sentiong ini," kata Bayu.

Bayu menambahkan, pengerukan Kali Sentiong melibatkan kekuatan penuh gabungan dari Sudin Sumber Daya Air, Sudin Lingkungan Hidup, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan serta Satpol PP.

"Semua terlibat, total ada 350 personel gabungan, semua berperan, Sudin Perhubungan dan Satpol PP yang membantu kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan," kata Bayu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih memasifkan kegiatan Gerebek Lumpur dalam menghadapi musim hujan yang diprediksi akan terus meningkat sampai dengan penghujung tahun. [lia]

Baca juga:
Pemprov DKI Sediakan 487 Pompa Stasioner Antisipasi Banjir
Peringatan Dini Banjir Mulai Berjalan, Wagub DKI Klaim Titik Genangan Berkurang
Wagub DKI Sebut Peringatan Dini Banjir Jakarta Mulai Berjalan
BPBD DKI Sebut Delapan Wilayah Siaga Banjir
Penanganan Banjir dan Rumah DP 0 Rupiah Dikritik, Riza Patria Pasang Badan
Jakarta Diguyur Hujan, 30 RT dan 25 Ruas Jalan Terendam Banjir

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini