Naturalisasi Ciliwung, Pemprov DKI Bebaskan Lahan 4 Kelurahan ini Butuh Dana Rp 160 M

Kamis, 15 Agustus 2019 20:00 Reporter : Merdeka
Naturalisasi Ciliwung, Pemprov DKI Bebaskan Lahan 4 Kelurahan ini Butuh Dana Rp 160 M Kali Ciliwung dipenuhi sampah. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta akan membebaskan sebanyak 118 bidang tanah untuk proyek naturalisasi Sungai Ciliwung pada 2019. Pembebasan lahan tersebut dilaksanakan di empat kelurahan.

"Ada kelurahan Tanjung Barat, Cililitan, Pejaten Timur dan Balekambang (Condet)," kata Juaini di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Dia menjelaskan pihaknya menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk lokasi pembebasan itu. Setelah tanda tangan Anies akan dilanjutkan penentuan harga lahan dan eksekusi.

Pembebasan tersebut membutuhkan dana sebesar Rp 160 milliar menggunakan APBD 2019. "Total anggarannya Rp 160 miliar," ucapnya.

Juani menyebut pembayaran akan diberikan bila lahan tersebut memiliki alas hak tanah. "Enggak semua bersertifikat penting ada giriknya ada sertifikatnya. Ada pengesahan dari lurah camat kalau udah disahkan enggak ada sengketa ya cek BPN yaudah kita bayar," jelasnya.

Sementara itu, Pakar Arsitektur Perkotaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Jehansyah Siregar menyebut program naturalisasi tidak cocok diterapkan untuk sungai yang dilalui debit air besar, seperti Kali Ciliwung.

Naturalisasi merupakan program strategi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. Naturalisasi kata dia, adalah dengan pengembalian fungsi sungai ke fungsi yang lebih alami.

"(Naturalisasi untuk) sungai-sungai kecil, kemudian kawasan sekitar sungainya itu masih kurang permukiman penduduknya, itu bisa dilakukan," kata Jehansyah di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 3 Mei 2019.

Selain itu, dia juga mengatakan sekitar Kali Ciliwung merupakan lokasi pemukiman warga. Sehingga itu akan mempersulit proses naturalisasi. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Ciliwung
  3. Pemprov DKI
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini