Ketua DPRD DKI Optimis ETLE Tingkatkan Pengendara Patuh Berlalu Lintas

Rabu, 10 Juli 2019 13:53 Reporter : Henny Rachma Sari
Ketua DPRD DKI Optimis ETLE Tingkatkan Pengendara Patuh Berlalu Lintas Kamera Tilang Elektronik ETLE. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendukung penuh penerapan kebijakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik yang dilakukan oleh Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya.

Prasetio atau yang akrab disapa Pras meyakini bahwa penerapan ETLE bisa meningkatkan kesadaran warga supaya mematuhi aturan lalu lintas sehingga tertib di jalan.

"Kami sambut positif penerapan ETLE ini. Karena bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas dan akan berdampak dengan turunnya angka kecelakaan," kata Pras di Jakarta, Rabu (9/7).

Ia menambahkan, kamera yang terpasang saat ini bisa memantau perilaku para pengendara. Serta memberikan tindakan jika terjadi pelanggaran.

"Dengan ETLE ini juga akan akan mengurangi aksi pungli di jalan oleh oknum polisi. Karena tidak ada lagi penindakan oleh petugas di lapangan, dimana pertemuan person to person antara penegak hukum dengan pelanggar hukum (pengendara), tidak akan terjadi lagi," jelasnya.

Karena itu, pihaknya juga mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, untuk menganggarkan pembelian kamera ETLE sebanyak 81 unit yang dibutuhkan pihak kepolisian.

"Karena ini memberikan dampak positif, khususnya kawasan DKI Jakarta, kami akan mendukungnya dengan mendorong Pemprov DKI supaya segera menurunkan dana hibah untuk pembelian 81 kamera yang dibutuhkan tersebut. Apalagi APBD DKI juga sangat banyak," jelasnya.

Selain itu, Prasetio juga menyebut, bahwa dengan penerapan ETLE di Jakarta ini menjadi tonggak penegakan Polri di dalam era digital saat ini.

Ia pun berharap agar pemasangan kamera ETLE ini juga bisa dilakukan di seluruh wilayah Jakarta khususnya. Maupun bisa menjadi pilot project bagi wilayah lainnya.

"Penerapan ETLE ini bisa menjadi HUT ke 73 Polri dari Ditlantas PMJ. Dimana sistem ini kali pertama diterapkan oleh Ditlantas PMJ. Kami sangat mendukung kemajuan Jakarta yang lebih modern dan menjadi kota smart city," katanya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini