Ini Cara Gunakan Tarif Integrasi Rp10rb

Jumat, 12 Agustus 2022 04:27 Reporter : Lydia Fransisca
Ini Cara Gunakan Tarif Integrasi Rp10rb Aplikasi Transportasi Terintegrasi JakLingko. ©2021 Liputan6.com/Arief Rahman

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menerbitkan keputusan gubernur (Kepgub) mengenai tarif integrasi transportasi Layanan Angkut TransJakarta, Moda Raya Terpadu (MRT), dan Lintas Raya Terpadu (LRT).

Adapun tarif integrasi merupakan biaya yang berlaku saat menggunakan lebih dari satu jenis transportasi umum di Jakarta antara MRT Jakarta, LRT Jakarta, maupun TransJakarta dengan penambahan Rp250 per km hingga biaya maksimal Rp10ribu. Tarif integrasi baru dapat berlaku jika menggunakan lebih dari satu moda transportasi.

"Tarif integrasi itu berlaku kalo menggunakan lebih dari satu moda ya dan 10rb itu maksimal plafon. Jika pake satu moda harganya sesuai harga yang berlaku normal," tulis JakLingko.

Hingga saat ini, tarif integrasi sudah berlaku untuk seluruh stasiun MRT Jakarta dan LRT Jakarta. Namun, baru 28 koridor TransJakarta.

2 dari 3 halaman

Untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan transportasi umum ini, diminta untuk mengunduh aplikasi JakLingko.

"Download aplikasi JakLingko dan rencanakan perjalananmu dengan memasukkan titik keberangkatan dan titik tujuan," tulis JakLingko dalam laman Instagram resminya @jaklingkoindonesia, Kamis (11/8).

Untuk penggunaan kartu, perjalanan dengan tarif integrasi masih belum bisa dilakukan.

"Apabila melakukan perpindahan moda antara MRT, LRT, dan TransJakarta, akan mendapatkan tarif integrasi," tulis JakLingko.

3 dari 3 halaman

JakLingko memberi contoh penggunaan tarif integrasi ini dari perjalanan Stasiun LRT Pegangsaan Dua ke Stasiun MRT Lebak Bulus.

Dari Stasiun LRT Pegangsaan Dua ke Velodrome, dikenakan tarif integrasi sebesar Rp4.000 dengan rincian Rp 2.500 tarif awal dan Rp 250 untuk jarak 6 kilometer.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan TransJakarta dari halte Pemuda ke CSW/ASEAN dengan tarifnya Rp 3.000 dengan rincian Rp 250 untuk 12 kilometer.

Lalu, disambung kembali dengan menggunakan MRT dari Halte ASEAN ke Lebak Bulus dengan tarif Rp2.000 untuk jarak 8 kilometer.

Jika ditotal, perjalanan sejauh 26 kilometer tersebut hanya dikenakan Rp9.000 jika menggunakan tarif integrasi. Padahal, tarif normal dikenakan biaya Rp 17.500.

[eko]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini