Demokrat DKI soal Kriteria Sekda Definitif: Diutamakan Etnis Betawi

Jumat, 9 Desember 2022 16:02 Reporter : Merdeka
Demokrat DKI soal Kriteria Sekda Definitif: Diutamakan Etnis Betawi balaikota. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Ketua DPD Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta Mujiyono membeberkan sejumlah kriteria calon Sekretaris Daerah (Sekda) definitif DKI Jakarta pengganti Marullah Matali yang kini jadi Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata.

Menurut dia, kendati ada beberapa kriteria terkait sosok Sekda DKI definitif, kandidat yang berasal dari etnis Betawi harus diutamakan.

"Lebih diutamakan yang berasal dari Etnis Betawi sebagaimana kebiasaan yang berlaku selama ini," kata Mujiyono, Jumat (9/12).

Adapun kriteria ideal Sekda DKI definitif lainnya, menurut Mujiyono, antara lain memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam mengenai berbagai kompleksitas permasalahan di DKI Jakarta.

Kriteria selanjutnya, harus seorang yang visioner dan mampu membantu Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Jakarta.

Selain itu, calon Sekda DKI hendaknya mampu memberikan saran dan solusi yang konstruktif kepada Heru Budi dan bukan hanya melaksanakan perintah saja.

2 dari 2 halaman

Kemudian, menurut Mujiyono, Sekda DKI juga dituntut memiliki karakter cepat, gesit dan adaptif dalam menjawab berbagai permasalahan seperti disrupsi teknologi, gejolak ekonomi global dan perubahan iklim.

Sekda DKI, lanjut dia, harus bersikap netral, terbuka dan mampu menjadi jembatan bagi seluruh stakeholder yang ada di DKI Jakarta tanpa melihat latar belakang politik, etnis, agama dan sebagainya.

"Mengingat bahwa sampai dilaksanakan Pilkada 2024 tidak ada sosok Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah harus dapat menjadi tandem atau pendamping PJ Gubernur untuk melaksanakan RPD 2023 2026," lanjut dia.

Oleh sebab itu, Mujiyono mendorong penentuan Sekda DKI definitif segera dilakukan. Sebab, tugas Sekda sangat penting dan vital, seperti mengoordinasikan dan menyusun kebijakan Pemerintah Daerah, mengundangkan Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernur, mengoordinasikan pengelolaan keuangan daerah.

Sekda DKI definitif, juga bakal melaksanakan tugas lain yang diperintahkan Gubernur. "Penentuan Sekda Definitif perlu segera dilakukan mengingat vitalnya tugas dan fungsi dari Seorang Sekretaris Daerah Berdasarkan Pergub 150 Tahun 2022," ujarnya. [tin]

Baca juga:
Bahas Kerukunan Umat Beragama, Heru Budi Temui Imam Besar Masjid Istiqlal
Begini Tahapan Proses Lelang Jabatan Sekretaris Daerah DKI Jakarta
Lelang Jabatan Sekda DKI Diminta Profesional, Tak Ada Campur Tangan Politik
Jelang 2 Bulan Heru Pimpin Jakarta, Fraksi PDIP DKI: Kinerja Belum Tampak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini