Anies Baswedan Resmikan Stasiun MRT ASEAN

Rabu, 10 April 2019 20:43 Reporter : Merdeka
Anies Baswedan Resmikan Stasiun MRT ASEAN Anies Baswedan Resmikan Stasiun MRT ASEAN. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Stasiun MRT ASEAN yang awalnya bernama Stasiun Sisingamangaraja. Dia menyebut Jakarta bukan saja ibu kota Indonesia, namun juga ibu kota ASEAN.

"Karena itu kita berharap melalui penamaan ini menguatkan komitmen Indonesia untuk berperan dalam level regional," kata Anies di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta Selatan, Rabu (10/4).

Jakarta juga menjadi kota yang berpotensi sebagai lokasi penyelenggaraan kegiatan ataupun pertemuan kerjasama negara-negara ASEAN. Anies menyebut sebanyak 1.600 kegiatan yang diselenggarakan ASEAN dan ratusan diantaranya diadakan di Jakarta.

"Tiga ratusan dan lima ratusan diselenggarakan di Jakarta. Harapannya dengan nama ini membuat kita makin sadar atas peran yang kita miliki itu," ucapnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan penamaan Stasiun ASEAN ini tidak didasarkan komersil seperti beberapa stasiun lainnya. Seperti halnya Stasiun Dukuh Atas BNI, Istora Mandiri, Setiabudi Astra dan Lebak Bulus Grab.

"Jadi ASEAN tidak membayar apa pun justru kita memberi nama ini sebagai bagian dari ikhtiar kita membuat Jakarta makin kokoh sebagai ibu kota," jelasnya.

Dalam peresmian tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman M Fachir, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi hingga Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

Sebelumnya, MRT Jakarta telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Minggu, 24 Maret 2019. Kereta yang melewati 13 stasiun itu mulai beroperasi secara komersial pada Senin, 1 April 2019.

Rencananya selama sebulan pertama berbayar ini penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan. Tarif MRT Jakarta telah disepakati paling rendah Rp 3 ribu dan paling mahal Rp 14 ribu.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persen selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3).

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini