Verifikasi adalah Pemeriksaan Kebenaran Laporan, Berikut Tujuan dan Metodenya

Kamis, 18 Agustus 2022 10:05 Reporter : Andre Kurniawan
Verifikasi adalah Pemeriksaan Kebenaran Laporan, Berikut Tujuan dan Metodenya Melihat Ruangan Verifikasi Administrasi Parpol Calon Peserta Pemilu 2024 di KPU. ©2022 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Verifikasi adalah pemeriksaan kebenaran suatu laporan. Anda mungkin tidak asing dengan istilah verifikasi. Pasalnya, istilah ini sering muncul saat hendak mendaftar atau melamar pekerjaan secara online. Tepatnya setelah kita mengisi data diri atau kode, biasanya terdapat proses verifikasi terhadap laporan yang kita berikan.

Verifikasi adalah pemeriksaan tentang kebenaran suatu laporan. Proses verifikasi ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa semua informasi dan laporan yang diberikan atau yang diinput adalah benar dan sesuai.

Tanpa adanya verifikasi, bisa saja akun media sosial atau akun lain yang Anda miliki diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam melamar pekerjaan, seperti mendaftar CPNS, proses verifikasi biasanya dilakukan untuk mencocokkan berkas yang diunggah dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Dalam artikel kali ini, kami akan sampaikan lebih lanjut tentang verifikasi adalah pemeriksaan beserta tujuan dan metodenya.

2 dari 4 halaman

Pengertian Verifikasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian verifikasi adalah pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya. Verifikasi digunakan untuk membuktikan, menunjukkan, mencari tahu, atau menyatakan bahwa sesuatu itu benar.

Dalam Cambridge Dictionary, verifikasi adalah tindakan untuk memverifikasi sesuatu, yaitu membuktikan atau memeriksa bahwa sesuatu tersebut ada, atau sesuai dan benar adanya.

Sedangkan dalam konteks penelitian, verifikasi adalah suatu proses yang dilakukan untuk menentukan kebenaran dari pernyataan dengan menggunakan metode empirik dan pengujian ilmiah guna memastikan suatu kebenaran.

Verifikasi juga memiliki arti sebagai upaya konfirmasi untuk membuktikan bahwa seluruh persyaratan yang telah ditetapkan sudah lengkap dan terpenuhi. Pendapat lain juga menyebut bahwa verifikasi adalah pengujian sistem yang digunakan untuk mendapatkan bukti bahwa seluruh persyaratan telah terpenuhi guna mengurangi eror ketika melakukan input data.

Lingkup media sosial mungkin menjadi contoh dari penggunaan verifikasi yang paling dekat dengan aktivitas kita. Misal saat kita hendak melakukan pembaruan akun media sosial, seperti membuat kata sandi baru, verifikasi adalah proses yang harus dilalui untuk memastikan bahwa apa yang kita input sesuai dan tidak ada kesalahan di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Tujuan Verifikasi

Verifikasi adalah pemeriksaan kebenaran dari suatu data atau laporan. Tentu verifikasi ini memiliki tujuan sebagaimana yang kami kutip dari penelitianilmiah.com berikut ini:

Mengurangi biaya

Dengan adanya verifikasi yang baik dan tepat, dapat membantu mengurangi biaya saat melakukan penelitian. Data yang tepat akan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat pula. Misalnya untuk memutuskan perbaikan produk, pelayanan, dan fungsi lainnya yang didapat dari hasil kajian yang dilakukan. Oleh karena itu, verifikasi data yang benar dan tepat akan sangat membantu dalam sebuah penelitian.

Meningkatkan keuntungan

Tujuan verifikasi juga untuk membantu meningkatkan keuntungan. Jika data yang kita miliki tidak melalui tahap verifikasi, besar kemungkinan data tersebut tidak akurat. Hasilnya, data yang tidak akurat tersebut bisa saja menghambat penelitian yang berujung pada pengambilan keputusan yang salah dan menghambat pertumbuhan penjualan dan akhirnya berpengaruh pada keuntungan. Itulah kenapa, verifikasi penting dilakukan dalam sebuah penelitian agar dapat meningkatkan keuntungan.

Meningkatkan produktivitas

Verifikasi yang dilakukan juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas. Dengan adanya data yang tepat dan akurat setelah melalui proses verifikasi, akan membantu dalam meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan hasil penelitian yang baik. Oleh karena itu, verifikasi data yang berkualitas akan berpengaruh positif pada percepatan riset.

Penelitian yang lebih baik

Dalam sebuah penelitian, verifikasi juga bertujuan agar hasil kajian yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang lebih baik sesuai dengan kapasitas seorang peneliti. Contohnya yaitu saat penelitian berhasil berjalan dengan lancar, si peneliti harus menjaga hubungan baik dengan responden.

Hal ini berguna untuk menciptakan hubungan sosial yang lebih dekat antara si peneliti dengan responden. Dengan begitu, peneliti bisa mendapatkan kebutuhan wawancara yang diperlukan dalam penelitiannya.

4 dari 4 halaman

Metode Verifikasi

Mengutip dari modernanalyst.com, ada empat metode dasar verifikasi adalah Inspeksi, Demonstrasi, Uji, dan Analisis.

Inspeksi adalah pemeriksaan tanpa merusak produk atau sistem menggunakan satu atau lebih dari panca indera (visual, pendengaran, penciuman, taktil, rasa). Ini mungkin termasuk manipulasi dan pengukuran fisik sederhana.

Demonstrasi adalah manipulasi produk atau sistem seperti yang dimaksud untuk digunakan dalam memverifikasi bahwa hasilnya seperti yang direncanakan atau diharapkan.

Pengujian adalah verifikasi produk atau sistem dengan menggunakan serangkaian input, data, atau rangsangan yang terkontrol dan telah ditentukan sebelumnya guna memastikan bahwa produk atau sistem akan menghasilkan keluaran yang sangat spesifik seperti yang ditentukan oleh persyaratan.

Analisis adalah verifikasi produk atau sistem menggunakan model, perhitungan, dan peralatan pengujian. Analisis memungkinkan seseorang untuk membuat pernyataan prediktif tentang kinerja khas suatu produk atau sistem berdasarkan hasil pengujian yang dikonfirmasi dari kumpulan sampel atau dengan menggabungkan hasil pengujian individu untuk menyimpulkan sesuatu yang baru tentang produk atau sistem.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini