Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Tips Cegah Flu di Musim Hujan, Jaga Tubuh tetap Fit</b>

Tips Cegah Flu di Musim Hujan, Jaga Tubuh tetap Fit

Flu menjadi penyakit yang populer di musim hujan. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu cara mencegahnya.

Musim hujan telah tiba. Selain membawa kebahagiaan dan kesegaran, musim hujan juga membawa berbagai penyakit, salah satunya adalah flu. Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pernapasan. Flu bisa menular melalui batuk, bersin, atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi. Gejala flu antara lain demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, penyakit ini harus tetap diwaspadai karena bisa menyebabkan komplikasi seperti pneumonia. Oleh karena itu, penting untuk mencegah flu sebelum menyerang tubuh kita. Bagaimana caranya? Simak tips-tips berikut ini.

<b>Tips Cegah Flu di Musim Hujan</b>

Tips Cegah Flu di Musim Hujan

  • Minum air putih yang cukup, sekitar 8 gelas per hari atau sesuai kebutuhan tubuh Anda. Tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per hari untuk orang dewasa.

  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik atau lebih, terutama sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh wajah, dan setelah menggunakan toilet. Jika tidak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%.

  • Menghindari kontak fisik dengan orang yang sedang sakit flu, seperti bersalaman, berpelukan, atau berciuman. Jika ada anggota keluarga yang terkena flu, usahakan untuk menjaga jarak dan tidak berbagi barang pribadi.

  • Menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di tempat yang ramai dan berisiko tinggi penularan. Masker dapat membantu mencegah masuknya virus flu ke saluran pernapasan.

  • Menjaga kebersihan lingkungan, seperti membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, misalnya gagang pintu, meja, atau telepon. Virus flu dapat bertahan di permukaan benda padat selama 24 jam dan menular melalui sentuhan.

  • Menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang kaya vitamin C, seperti jeruk, pepaya, atau bayam. Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi virus. Selain itu, rutin berolahraga, minum air putih yang cukup, dan tidur yang berkualitas juga penting untuk menjaga imunitas.

Tips Cegah Flu di Musim Hujan, Jaga Tubuh tetap Fit

  • Melakukan vaksinasi flu setiap tahun. Vaksin flu dapat memberikan perlindungan terhadap jenis-jenis virus flu yang paling umum dan berbahaya. Vaksin flu dapat diberikan kepada orang dewasa maupun anak-anak, kecuali yang memiliki alergi terhadap telur atau komponen vaksin lainnya.

Kenapa Tubuh Rentan Sakit saat Musim Hujan?

Ada beberapa alasan mengapa tubuh rentan sakit saat musim hujan, yaitu:

  • Daya tahan tubuh melemah. Beberapa studi menduga bahwa suhu dingin saat musim hujan dapat melemahkan sistem imun tubuh, sehingga membuat tubuh lebih mudah terinfeksi virus.

  • Perubahan suhu ekstrem. Tubuh harus beradaptasi dengan perbedaan suhu udara saat hujan dan tidak hujan, yang dapat memengaruhi kekebalan tubuh.

  • Minimnya aktivitas fisik. Olahraga dapat membantu menjaga tubuh tetap fit dan sehat, tetapi banyak orang yang cenderung malas berolahraga saat musim hujan. Hal ini dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

  • Mudahnya penyebaran virus dan bakteri. Lingkungan yang lembap saat musim hujan dapat memudahkan bakteri dan virus berkembang dan menular, baik melalui kontak fisik, udara, maupun air.

Apa Saja Penyakit yang Muncul di Musim Hujan?

Selain flu, ada sejumlah penyakit lain yang bisa muncul di musim hujan, seperti:

Leptospirosis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang menyebar melalui kontak dengan tanah, air, atau makanan yang terkontaminasi urine, darah, atau jaringan hewan yang terinfeksi. Gejala leptospirosis antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, dan muntah-muntah. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti meningitis, kerusakan hati dan ginjal, atau bahkan kematian.

Diare
Penyakit ini ditandai dengan feses yang encer dan cair, serta frekuensi buang air besar yang lebih sering dari biasanya. Penyebab diare adalah bakteri, virus, atau parasit yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Gejala diare antara lain kram perut, mual, muntah, dan demam. Jika diare tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan dehidrasi, kekurangan elektrolit, atau bahkan kematian. 

Demam tifoid
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi yang menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Gejala demam tifoid antara lain demam tinggi, sakit kepala, nyeri perut, mual, muntah, dan diare atau sembelit. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti perdarahan usus, perforasi usus, atau infeksi pada organ lain. 

Demam berdarah dengue
Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Gejala demam berdarah antara lain demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, ruam kulit, mual, muntah, dan perdarahan pada hidung, gusi, atau kulit. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti syok, gagal organ, atau kematian.

Malaria
Penyakit ini disebabkan oleh parasit plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Gejala malaria antara lain demam, menggigil, keringat dingin, sakit kepala, mual, muntah, dan anemia. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi seperti kerusakan otak, ginjal, hati, atau paru-paru. 

Penyakit tangan-kaki-mulut
Penyakit ini disebabkan oleh virus coxsackie yang menular melalui kontak dengan sekresi hidung, air liur, atau tinja orang yang terinfeksi. Gejala penyakit tangan-kaki-mulut antara lain demam, sakit tenggorokan, ruam merah pada tangan, kaki, atau mulut, dan luka melepuh pada tangan, kaki, mulut, atau bokong. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari.

Infeksi kulit
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, jamur, atau virus yang masuk ke dalam kulit melalui luka, gigitan, atau iritasi. Penyakit ini bisa menyebar melalui kontak langsung dengan orang atau benda yang terinfeksi. Gejala infeksi kulit antara lain kulit merah, bengkak, gatal, nyeri, atau bernanah. Jenis infeksi kulit yang umum terjadi saat musim hujan antara lain kudis, kurap, bisul, atau impetigo.

Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya
Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya

Kucing yang sedang mengalami flu bisa jadi karena infeksi virus, alergi atau kemasukan benda asing. Perhatikan durasi flu dan segera bawa ke dokter.

Baca Selengkapnya icon-hand
Resep Sup Ayam untuk Redakan Demam dan Flu, Praktis Dibuat
Resep Sup Ayam untuk Redakan Demam dan Flu, Praktis Dibuat

Sup ayam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya meredakan demam dan flu.

Baca Selengkapnya icon-hand
Mencegah Sarang Nyamuk di Musim Hujan: 4 Tips Sederhana yang Perlu Anda Ketahui
Mencegah Sarang Nyamuk di Musim Hujan: 4 Tips Sederhana yang Perlu Anda Ketahui

Nyamuk, meskipun kecil, dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Sarang nyamuk yang mudah terbentuk di sekitar rumah bisa menjadi sumber penyakit menular.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Resep Sup Ayam Jahe Gurih, Menu Sehat Hangatkan Tubuh
Resep Sup Ayam Jahe Gurih, Menu Sehat Hangatkan Tubuh

Sajian sup ayam kuah gurih ini kerap disantap sebagai obat alami untuk meredakan flu.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan, Jaga Asupan Makan
Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat Musim Hujan, Jaga Asupan Makan

Meningkatkan daya tahan tubuh anak saat musim hujan sangat penting untuk mencegah penyakit dan infeksi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tips Jitu Mencegah Kerontokan pada Bulu Kucing, Lakukan Beberapa Cara Ini
Tips Jitu Mencegah Kerontokan pada Bulu Kucing, Lakukan Beberapa Cara Ini

Kerontokan bulu pada kucing bisa jadi pertanda kondisi yang tidak baik. Perhatikan selalu dan rawat bulu kucing dengan tips yang sudah diberikan.

Baca Selengkapnya icon-hand
Viral Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor saat Hujan Deras, Begini Penjelasan PT KCIC
Viral Stasiun Kereta Cepat Halim Bocor saat Hujan Deras, Begini Penjelasan PT KCIC

Limpahan air berasal dari saluran air yang tidak mampu menahan debit air karena intensitas hujan yang sangat tinggi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Tips Berpakaian saat Cuaca Panas, Jaga Tubuh tetap Sejuk dan Nyaman
Tips Berpakaian saat Cuaca Panas, Jaga Tubuh tetap Sejuk dan Nyaman

Memilih pakaian yang tepat akan meningkatkan kenyamanan dan mencegah panas menyebar ke tubuh.

Baca Selengkapnya icon-hand
Penampakan Flo, Kucing yang Dicekoki Miras di Kursi Saksi Pengadilan Negeri Padang
Penampakan Flo, Kucing yang Dicekoki Miras di Kursi Saksi Pengadilan Negeri Padang

Dalam pemeriksaan medis, lanjut Silvi, hati kucing tersebut bermasalah. Diduga Flo sudah dicekoki miras lebih dari satu kali.

Baca Selengkapnya icon-hand