Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
<b>Penyebab Menggigil pada Anak dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik</b>

Penyebab Menggigil pada Anak dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik

Menggigil pada anak bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu segera diatasi.

Menggigil pada anak seringkali menjadi momen yang membuat para orangtua merasa cemas dan khawatir. Ketika terjadi, orang tua tentu bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab buah hatinya sampai menggigil. Mungkin dalam beberapa kasus, menggigil adalah kondisi ringan yang bisa di atasi di rumah. Namun pada kasus lainnya, anak yang menggigil mungkin harus dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut.

Penyebab Menggigil pada Anak

Ada beberapa kemungkinan penyebab menggigil pada anak-anak, antara lain:

  • Paparan udara dingin. Ini adalah penyebab paling umum dari menggigil. Tubuh bereaksi dengan menggigil untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh normal.

  • Infeksi. Menggigil dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang melawan infeksi virus atau bakteri. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan menggigil pada anak-anak adalah malaria, infeksi saluran kemih, meningitis, sepsis, flu, radang tenggorokan, sinusitis, pneumonia, dan demam berdarah.

  • Dehidrasi. Ketika anak kehilangan cairan tubuh lebih dari yang mereka konsumsi, mereka dapat mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan suhu tubuh turun dan menggigil.

  • Kurang gizi. Anak yang tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup dan seimbang dapat mengalami kurang gizi. Kurang gizi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anak lebih rentan terhadap infeksi dan menggigil.

  • Reaksi terhadap obat tertentu. Beberapa obat dapat menyebabkan efek samping berupa menggigil pada anak-anak. Contohnya adalah obat antibiotik, obat antimalaria, obat antihistamin, dan obat antidepresan.

  • Kondisi medis lain. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan menggigil pada anak-anak, seperti serangan panik, kadar gula darah rendah, suhu tubuh yang terlalu rendah, reaksi emosional, reaksi karena aktivitas fisik yang ekstrem, dan kadar hormon tiroid rendah.

Pengaruh Sel Darah Putih

Tinggi rendahnya kadar sel darah putih ternyata juga bisa menyebabkan anak menggigil. Menggigil adalah salah satu gejala dari leukopenia, yaitu kondisi ketika jumlah sel darah putih dalam tubuh kurang dari normal. Sel darah putih atau leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. 

Jika jumlahnya kurang, tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi dan mengalami demam, menggigil, ruam, sakit tenggorokan, dan gejala lainnya. Menggigil juga bisa terjadi pada leukositosis, yaitu kondisi ketika jumlah sel darah putih dalam tubuh lebih dari normal. Hal ini biasanya terjadi saat tubuh sedang melawan infeksi yang berat atau menandakan adanya penyakit darah, seperti leukimia.

merdeka.com

Kenapa Anak bisa Menggigil?

Tubuh anak bisa menggigil karena berbagai alasan, tetapi secara umum, menggigil adalah cara tubuh untuk menghasilkan panas dan menjaga suhu tubuh normal. Ketika tubuh merasakan suhu yang lebih rendah dari yang seharusnya, otot-otot akan berkontraksi dan relaksasi secara cepat, sehingga menghasilkan panas. Ini disebut sebagai menggigil involunter, yang berarti tidak dapat dikontrol oleh kehendak.

Namun, menggigil juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak berhubungan dengan suhu, seperti infeksi, dehidrasi, kurang gizi, reaksi terhadap obat tertentu, atau kondisi medis lain. Ini disebut sebagai menggigil non-termal, yang berarti tidak dipengaruhi oleh suhu. Menggigil non-termal biasanya menunjukkan adanya gangguan pada sistem saraf pusat, sistem kekebalan tubuh, atau sistem endokrin.

Jadi, jika anak Anda menggigil, Anda perlu memeriksa apakah ada gejala lain yang menyertainya, seperti demam, batuk, sakit kepala, mual, muntah, lemas, atau pucat. Anda juga perlu memastikan bahwa anak Anda mendapatkan cukup cairan, makanan, dan istirahat.

Jika menggigil berlangsung lama, parah, atau tidak ada penjelasan yang jelas, Anda sebaiknya membawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Anak Menggigil

  • Menjaga agar suhu ruangan sejuk. Ini dapat membantu tubuh anak menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan. Jangan menanggalkan pakaian anak atau menyekanya untuk mendinginkannya, karena hal ini dapat memperparah kondisi.

  • Menggunakan selimut tipis untuk menutupi tubuh. Ini dapat memberikan rasa nyaman dan hangat pada anak yang menggigil. Jangan menggunakan selimut tebal atau bahan yang tidak menyerap keringat, karena hal ini dapat meningkatkan suhu tubuh anak.

  • Memperbanyak istirahat. Ini dapat membantu tubuh anak memulihkan diri dari infeksi atau kondisi medis yang menyebabkan menggigil. Istirahat juga dapat mengurangi stres dan kecemasan yang dapat memicu menggigil.

  • Mencukupi konsumsi cairan. Ini dapat mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan suhu tubuh turun dan menggigil. Berikan anak air putih atau minuman lainnya, serta makanan yang berkuah, seperti sup atau bubur.

  • Mengonsumsi obat penurun demam. Ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi dan menggigil. Obat yang dapat digunakan adalah parasetamol atau ibuprofen, sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter atau petunjuk pada kemasan.

  • Mandi dengan menggunakan air hangat. Ini dapat membantu merelaksasi otot-otot yang berkontraksi saat menggigil. Mandi juga dapat membersihkan keringat dan kuman yang menempel pada kulit anak.

Penyebab Menggigil pada Anak dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik
Penyebab Anak Muntah Terus yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya
Penyebab Anak Muntah Terus yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya

Anak yang muntah secara terus-menerus bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu pada Si Kecil.

Baca Selengkapnya icon-hand
"Guncangannya Seperti Selamanya. Orang-Orang Menangis, Ketakutan, dan Saling Berpelukan"

Lebih dari 2.012 orang tewas dan sedikitnya 2.059 terluka akibat gempa di Maroko.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kenali Gejala Limfoma pada Anak dan Penyebabnya, Orang Tua Wajib Tahu
Kenali Gejala Limfoma pada Anak dan Penyebabnya, Orang Tua Wajib Tahu

Meskipun jarang terjadi pada anak-anak, ini adalah penyakit serius yang perlu diwaspadai oleh semua orang tua.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penyebab Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur, Kenali Tanda-Tandanya
Penyebab Telapak Kaki Sakit saat Bangun Tidur, Kenali Tanda-Tandanya

Telapak kaki sakit saat bangun tidur adalah keluhan yang sering dialami oleh banyak orang. Meski umum, penting untuk tahu apa penyebabnya agar dapat dihindari.

Baca Selengkapnya icon-hand
Petaka Gempa Maroko,
Petaka Gempa Maroko, "Saya Harus Memilih Selamatkan Orang Tua atau Anak Saya"

Tayeb bersama istri, kedua putra, dan orang tuanya sedang berada di rumah ketika gempa terjadi.

Baca Selengkapnya icon-hand
Ini Penyebab Kapal Penyeberangan Tenggelam Tewaskan 15 Orang di Buton Tengah
Ini Penyebab Kapal Penyeberangan Tenggelam Tewaskan 15 Orang di Buton Tengah

Pencarian terhadap korban tenggelam telah ditutup.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kondisi Terkini Tanimbar Maluku Usai Diguncang Gempa Magnitudo 7,2
Kondisi Terkini Tanimbar Maluku Usai Diguncang Gempa Magnitudo 7,2

Masyarakat merasakan gempa dengan guncangan sedang hingga lemah.

Baca Selengkapnya icon-hand
Gejala ISPA pada Anak, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Gejala ISPA pada Anak, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah penyakit yang sering menjangkiti si kecil.

Baca Selengkapnya icon-hand
Terjadi Lagi di Depok, Anak Tusuk Orangtua Hingga Kritis Dipicu Cekcok Korban Minta Izin Nikah Lagi
Terjadi Lagi di Depok, Anak Tusuk Orangtua Hingga Kritis Dipicu Cekcok Korban Minta Izin Nikah Lagi

Pamuji salah satu tetangga korban mengatakan korban tinggal seorang diri di rumah. Dia melihat tidak ada masalah apapun antara bapak dan anak itu.

Baca Selengkapnya icon-hand