Penyebab Mata Kucing Berair yang Jarang Disadari, Kenali Gejalanya

Jumat, 22 Oktober 2021 15:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Penyebab Mata Kucing Berair yang Jarang Disadari, Kenali Gejalanya Ilustrasi kucing. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Penyebab mata kucing berair seringkali jarang disadari oleh pemiliknya.Umumnya penyebab mata kucing berair bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit. Meski begitu, penting untuk mengetahui penyebab mata kucing berair.

Pemilik harus memperhatikan perawatan dan makanan kucing peliharaan dengan baik untuk menjaga kesehatan kucing. Kucing yang tidak dirawat dengan baik akan mudah terserang penyakit. Sehingga apabila kondisi kesehatan kucing terganggu akan berdampak negatif kepada pemeliharaannya karena resiko dapat tertular penyakit dari kucing.

Penyakit kucing sangat mudah menular dari satu kucing ke kucing yang lain dan juga manusia, sehingga harus ditangani dengan cepat dan tepat. Salah satu masalah kesehatan yang kerap muncul pada kucing adalah mata berair. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mata kucing berair.

Mata adalah struktur yang sangat halus, maka dari itu pemilik kucing tidak boleh mengabaikan bila mata kucing sampai berair. Di mana kondisi tersebut dalam medis disebut 'epiphora' yakni penyaring air mata tidak berfungsi dengan baik atau kondisi mata yang memproduksi banyak air mata.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai penyebab mata kucing berair, kenali gejalanya telah dirangkum Merdeka.com melalui Liputan6.com pada Jumat, (22/10/2021).

2 dari 3 halaman

Penyebab Mata Kucing Berair yang Jarang Disadari


1. Infeksi Mata
Penyebab mata kucing berair yang pertama adalah karena terjadinya infeksi pada mata. Konjungtivitis atau radang konjungtiva berarti selaput yang menutupi bagian dalam kelopak mata dan bagian putih mata menjadi merah dan bengkak. Hal ini dapat disebabkan oleh bakteri atau virus.

2. Alergi
Penyebab mata kucing berair berikutnya adalah karena alergi. Hal ini dapat berupa alergi terhadap serbuk sari, tungau debu atau makanan dan lainnya. Kucing dengan alergi juga sering mengalami masalah kulit, termasuk rasa gatal yang berlebihan.

3. Flu Kucing
Flu kucing yang disebabkan oleh virus adalah penyebab mata kucing berair yang paling umum. Terkadang mata berair adalah satu-satunya gejala, tetapi lebih sering disertai dengan bersin dan keluarnya cairan dari hidung. Kucing mungkin juga memiliki suhu tubuh yang tinggi, menjadi lesu dan tidak mau makan.

4. Saluran Air Mata yang Tersumbat
Selanjutnya, saluran air mata yang tersumbat juga dapat menjadi penyebab mata kucing berair.  Hal ini dapat terjadi dalam beberapa kondisi. Misalnya pada sinusitis, di mana sinus menjadi meradang dan bengkak, menekan saluran. Epiphora umum terjadi pada ras berwajah datar, karena bentuk wajah mereka mengganggu saluran air mata.

5. Trauma pada Mata
Penyebab mata kucing berair selanjutnya ialah trauma pada mata, atau benda asing yang tersangkut di mata.  Rumput atau sejenisnya dapat dengan mudah bersarang di bawah kelopak mata. Terkadang bulu mata tumbuh di tempat yang salah, di bagian dalam kelopak mata, dan bertindak seperti benda asing yang menyebabkan kerusakan dan infeksi. Benda asing menyakitkan, sehingga gejala nyeri akan terlihat di samping air mata.

3 dari 3 halaman

Gejala Mata Kucing Berair


Gejala gangguan mata berair akan berbeda-beda tergantung penyebabnya. Sementara mata berair adalah gejalanya, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal ini:

  • Air mata berlebihan
  • Noda merah muda pada bulu di bawah mata
  • Keluarnya cairan berwarna hijau atau kental dari mata
  • Mata merah
  • Lebih banyak berkedip atau menyipitkan mata
  • Memejamkan mata
  • Mata mendung
  • Menggosok mata dengan cakar atau furniture
  • Bahaya Mata Kucing Berair
[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini