Hati-Hati, Penyakit Mata Ini Bisa Picu Kebutaan pada Kucing

Selasa, 18 Mei 2021 13:09 Reporter : Jeffreydien Winanda
Hati-Hati, Penyakit Mata Ini Bisa Picu Kebutaan pada Kucing Hati-Hati, Penyakit Mata Ini Bisa Picu Kebutaan pada Kucing. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Begitu jatuh hati, pemilik kucing tentunya ingin menghabiskan waktu yang cukup lama dengan hewan peliharaannya dalam kondisi sehat. Sayangnya, anabul termasuk cukup rentan terkena gangguan kesehatan salah satunya penyakit mata. Jangan dianggap remeh karena dapat berujung pada kebutaan, ini pentingnya deteksi dini dan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan beberapa penyakit mata ini.

Katarak

hati hati penyakit mata ini bisa picu kebutaan pada kucing
©2021 Shutterstock

Lebih jarang terjadi pada kucing ketimbang anjing atau manusia, katarak bisa dipicu infeksi atau muncul dengan sendirinya. Sayangnya, penyakit ini bisa menyebabkan masalah lain seperti glaukoma. Penting untuk memeriksakan kucingmu jika melihat pembentukan katarak. Nantinya, dokter hewan biasanya akan menyarankan operasi dan implan lensa yang mendekati penglihatan normal.

Glaukoma

hati hati penyakit mata ini bisa picu kebutaan pada kucing
©2021 Shutterstock

Glaukoma dipicu meningkatnya tekanan di dalam mata dan dapat menyebabkan kebutaan pada kucing. Memicu rasa sakit, untungnya penyakit mata ini bisa diatasi dengan obat-obatan untuk mencegah kerusakan pada retina dan saraf optik. Dalam kasus yang parah, mungkin memerlukan rawat inap atau pembedahan untuk mengangkat mata yang terkena sebelum memicu gangguan kesehatan yang lebih parah.

Konjungtivitis

hati hati penyakit mata ini bisa picu kebutaan pada kucing
©2021 Shutterstock

Konjungtivitis adalah peradangan selaput merah muda yang melapisi kelopak mata. Gejalanya bisa berupa kemerahan, bengkak, berair, dan kesulitan membuka mata dengan lebar. Feline herpesvirus, calicivirus, dan chlamydiosis merupakan penyebab umum penyakit mata ini pada kucing. Dalam beberapa kasus, gejala dapat berulang selama masa hidup kucing akibat dipicu oleh stres yang menjadi pemicu berulangnya virus herpes pada kucing.

Hipertensi pada Kucing

hati hati penyakit mata ini bisa picu kebutaan pada kucing
©2021 Shutterstock

Hipertensi pada kucing yang tidak diobati adalah penyebab umum dari "kebutaan mendadak". Hipertensi sering kali menyertai penyakit jantung, diabetes, hipertiroidisme, dan penyakit ginjal. Jika memiliki salah satu kondisi tersebut, anabulmu harus diawasi secara ketat oleh dokter hewan.

Ada beberapa gejala awal yang harus diwaspadai di rumah, yaitu pupil yang membesar dan tidak merespons cahaya secara normal, serta munculnya darah di bagian mata berwarna putih. Kebutaan mendadak dianggap sebagai keadaan darurat medis dan harus segera diperiksa untuk mendapatkan obat-obatan yang mengurangi tekanan darah hewan peliharaanmu.

Tentunya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain melakukan pemeriksaan secara rutin, berikan juga asupan makanan yang sehat dan seimbang. Muezza jadi pilihan tepat karena dibuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan tambahan sintetik. Diolah dengan teknologi modern untuk jaminan aman dan higienis, brand makanan kucing kering ini pun sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand.

muezza makanan kucing halal
©2020 Muezza

Bisa memegang makanan dengan leluasa, tak perlu ragu lagi saat mencari wadah penyimpanan cat food atau mencuci peralatan makannya di tempat cuci piring. Ada 4 pilihan rasa yaitu Salmon Flavor, Tuna Flavor, Mackerel Flavor, dan Ocean Fish Flavor, yang semuanya bisa didapatkan dengan mudah di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. (jef/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [jfw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini