Peduli Gempa Cianjur, Petani Subang Sumbang 2 Ton Nanas Bantu Nutrisi para Pengungsi

Senin, 5 Desember 2022 12:08 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Peduli Gempa Cianjur, Petani Subang Sumbang 2 Ton Nanas Bantu Nutrisi para Pengungsi Efrizal Ali, petani nanas Subang yang membantu sumbang 2 ton nanas ke korban gempa Cianjur. ©2022 YouTube Pupuk Kujang/Merdeka.com

Merdeka.com - Efrizal Ali menyumbangkan 2 ton nanas segar hasil budidayanya kepada korban gempa bumi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat baru-baru ini. Petani asal Mekarsari, Subang itu ingin berupaya membantu pemenuhan nutrisi dari para keluarga yang terdampak bencana.

Kepada wartawan, Minggu (4/12), Efrizal mengaku turut berduka atas musibah gempa bumi yang merusak ribuan rumah dan menghilangkan ratusan nyawa itu.

"Kami turut berempati kepada korban gempa di Cianjur," kata Efrizal, mengutip ANTARA, Senin (5/12).

2 dari 3 halaman

Membantu Nutrisi para Korban Gempa Bumi

efrizal ali petani nanas subang yang membantu sumbang 2 ton nanas ke korban gempa cianjur

Efrizal Ali, petani nanas Subang yang membantu sumbang 2 ton nanas ke korban gempa Cianjur ©2022 YouTube Pupuk Kujang/Merdeka.com

Menurut dia, sumbangan buah nanas segar ini diharapkan bisa bermanfaat bagi para pengungsi yang terdampak. Saat membagikan ke sejumlah anak dan warga terdampak, raut wajah mereka begitu antusias untuk memakan buah tersebut.

Efrizal kemudian menyerahkan bantuan nanas itu melalui posko milik Pupuk Kujang di Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Selain itu, bantuan buah juga disalurkan melalui lembaga zakat milik Muhammadiyah setempat.

“Sebagai petani, kami menyumbangkan nanas. Karena itu yang saat ini kami mampu lakukan,” tambah Efrizal.

3 dari 3 halaman

Sukses jadi Petani Nanas

Sebelumnya, Efrizal sudah 10 tahun menekuni bidang pertanian nanas dan ikut mengembangkannya bersama para pembudidaya di Kampung Mekarsari, Desa Sarireja, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Dari data yang diperoleh Pupuk Kujang di poskonya, tercatat 342 orang warga Desa Benjot yang mengungsi di poskonya. Bantuan nanas kemudian sudah diterima oleh warga dengan baik yang juga berasal dari anggota Koperasi Singgalang Sari Maju yang diketuai Efrizal.

Efrizal dan petani nanas di Sarireja merupakan contoh petani sukses, terutama setelah mendapat pendampingan dari Pupuk Kujang sejak 2012. Ia kemudian menghasilkan sejumlah produk turunannya seperti minuman, olahan kudapan, keripik hingga kain nanas.

“Sejak 2012 saya mengambil keputusan untuk menjadi petani nanas, dengan fokus di pengembangan produknya. Di satu tahun berikutnya (2013), kami para petani nanas membuat kelompok tani bernama Mekasari Maju,” tandas pria yang juga mantan pegawai swasta di Jakarta itu.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini