Pakaian Adat Aceh bagi Pria dan Wanita, Begini Makna FIlosofis di Dalamnya

Jumat, 12 Maret 2021 15:01 Reporter : Andre Kurniawan
Pakaian Adat Aceh bagi Pria dan Wanita, Begini Makna FIlosofis di Dalamnya pakaian adat Aceh. modelbaju.id

Merdeka.com - Indonesia terdiri dari berbagai budaya yang menjadi ciri khas di setiap daerahnya. Mulai dari bahasa, sajian kuliner, ritual budaya, hingga cara mereka menjalani hidup sehari-hari. Keunikan budaya yang ada di Indonesia ini terkadang juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Salah satu keragaman budaya di Indonesia yang menarik perhatian yaitu pakaian adatnya. Selain menjadi ciri khas suatu daerah, pakaian adat juga biasa digunakan dalam upacara-upacara budaya, seperti contohnya saat acara pernikahan atau pertunjukan kesenian.

Kali ini, kami akan membahas tentang pakaian adat Aceh. Pakaian adat Aceh dikenal dengan nama Ulee Balang. Bagi pria, baju adat asal Aceh ini disebut dengan baju Linto Baro. Sedangkan bagi wanita baju adatnya disebut baju Daro Baro.

Pakaian adat Aceh ini bukan sembarang pakaian yang dipersiapkan untuk keperluan upacara adat saja. Juga terdapat makna filosofis yang terkandung di dalam pakaian adat Aceh tersebut. Berikut ini, kami akan menyampaikan pembahasan lebih lanjut mengenai pakaian adat Aceh beserta dengan penjelasan filosofis yang ada di dalamnya.

Baca Selanjutnya: Pakaian Adat Aceh...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini