Mengenal Fungsi Pupuk Urea bagi Tanaman, Berikut Pengertian dan Cirinya

Senin, 1 Maret 2021 17:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Fungsi Pupuk Urea bagi Tanaman, Berikut Pengertian dan Cirinya Distribusi Pupuk. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pupuk adalah suatu bahan yang diberikan untuk memperbaiki kesuburan tanah dan mengganti unsur-unsur hara yang hilang dari dalam tanah. Tiap-tiap jenis pupuk memiliki kandungan unsur hara, kelarutan dan kecepatan kerja yang berbeda sehingga dosis dan jenis pupuk yang diberikan berbeda untuk tiap jenis tanaman dan jenis tanah yang digunakan. Salah satu jenis pupuk yang cukup banyak digunakan masyarakat adalah pupuk urea.

Pupuk urea merupakan pupuk yang mengandung nitrogen (N) berkadar tinggi sebesar 45% - 56%. Unsur Nitrogen merupakan zat hara yang sangat diperlukan tanaman. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea sangat bermanfaat bagi tanaman untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Manfaat lainnya antara lain pupuk urea membuat daun tanaman lebih hijau, rimbun, dan segar.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai fungsi pupuk urea bagi tanaman, lengkap dengan pengertian dan cirinya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

2 dari 3 halaman

Fungsi Pupuk Urea

Secara umum, pupuk berfungsi sebagai sumber zat hara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dan memperbaiki struktur tanah. Pemberian pupuk pada media tanam dapat meningkatkan kadar hara dan kesuburan.

Dalam hal ini aktivitas pertanian yang secara terus menerus dilakukan akan mengakibatkan tanah kehilangan unsur hara. Maka dari itu, untuk mengembalikan ketersediaan hara pada media tanam diperlukan pemberian pupuk.

Salah satu jenis pupuk yang banyak digunakan masyarakat adalah pupuk urea yang dibuat dari gas amoniak dan gas asam arang. Persenyawaan kedua zat tersebut melahirkan pupuk urea dengan kandungan nitrogen (N) sebanyak 46%.

Urea termasuk pupuk yang higroskopis atau mudah menarik uap air. Pada kelembapan 73%, pupuk ini sudah mampu menarik uap air dari udara. Oleh karena itu, urea mudah larut dalam air dan mudah diserap oleh tanaman. Adapun berikut ini manfaat pupuk urea suntuk tanaman yaitu:

  • Membuat daun tampak lebih segar, hijau dan rimbun
  • Mempercepat pertumbuhan tunas dan tinggi tanaman.
  • Mempercepat pertumbuhan fotosintesis
  • Mempercepat pertumbuhan akar
  • Meningkatkan jumlah anak tanaman
  • Meningkatkan jumlah panen
3 dari 3 halaman

Pengertian dan Ciri-ciri Pupuk Urea

Sebagai pupuk tunggal yang mengandung nitrogen (N) tinggi sebesar 45-46% urea memiliki sifat mudah terlarut sehingga menjadikannya cepat tersedia di tanaman. Namun, karena sifat ini juga memiliki kerugian jika diaplikasikan.

Untuk itu, perlu dilakukan pengefisiensian penggunaan pupuk. Salah satu strategi yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengatur waktu pemberian pupuk urea. Waktu pemberian pupuk urea dengan hasil baik adalah dua kali pemberian pupuk.

Bagi kamu yang belum paham membedakan pupuk urea dengan pupuk yang lain, berikut ini perlu kamu tahu tentang ciri-ciri pupuk urea yaitu:

  • Mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi
  • Berbentuk butir-butir kristal berwarna putih
  • Memiliki rumus kimia NH2 CONH2
  • Mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air (higroskopis)
  • Mengandung unsur hara N sebesar 46%
  • Standar SNI 2801:2010
[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini