Manfaat Pose Lotus untuk Pikiran dan Tubuh, Salah Satunya Membantu saat Kelahiran

Selasa, 16 Agustus 2022 16:23 Reporter : Andre Kurniawan
Manfaat Pose Lotus untuk Pikiran dan Tubuh, Salah Satunya Membantu saat Kelahiran ilustrasi yoga. yogapedia.com

Merdeka.com - Pose lotus mungkin adalah pose yoga yang paling dikenal, bahkan untuk orang yang tidak berlatih yoga. Pose ini dianggap oleh banyak orang sebagai pose "klasik" dari yoga. Pose lotus sering digunakan untuk meditasi, dan banyak kelas yoga dimulai atau diakhiri dengan pose ini.

Dalam bahasa Sansekerta, pose lotus disebut sebagai "Padmasana", diambil dari nama bunga teratai, atau "padma." Melansir dari everydayyoga.com, dalam pose yang lengkap, posisi kaki Anda akan seperti kelopak bunga teratai, yang perlahan terbuka.

Namun, pose lotus disebut sebagai pose lanjutan, yang tidak cocok bagi mereka yang baru mengenal yoga. Pastikan untuk mencoba posisi duduk alternatif, seperti pose sukhasana yang lebih mudah jika Anda seorang pemula atau memiliki kelenturan tubuh bawah yang kurang.

Pose lotus bukan seperti duduk bersila biasa. Dalam pose ini, kita perlu duduk dengan punggung lurus dan kaki disilangkan. Namun, pergelangan kaki dan tumit harus diletakkan di atas paha yang berlawanan (tumit kanan di atas paha kiri, dan sebaliknya), dan lengan bertumpu ringan di lutut.

Meski tampak sederhana, namun terdapat manfaat pose lotus yang tersimpan untuk kesehatan dan pikiran kita. Berikut ini kami sampaikan apa saja manfaat pose lotus yang dilansir dari bebodywise.com.

2 dari 4 halaman

Manfaat Pose Lotus

Pose lotus dianggap sebagai salah satu pose terkenal dalam yoga. Berikut beberapa manfaat pose lotus yang signifikan:

Meningkatkan Tingkat Energi

Manfaat pose lotus pertama untuk meningkatkan energi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 50 pria yang berusia di antara 20-23 tahun, duduk dalam posisi lotus selama 30 menit dapat meningkatkan tingkat energi di meridian akupunktur, yang mirip dengan prana shakti dalam Ayurveda.

Membantu saat Melahirkan

Manfaat pose lotus kedua untuk membantu proses kelahiran. Keuntungan dari padmasana lainnya adalah membantu saat melahirkan. Pose lotus mengharuskan kita untuk meregangkan daerah pinggul sehingga dapat membantu memperkuat otot panggul. Oleh karena itu, pose yoga ini dapat membantu mengurangi nyeri persalinan saat melahirkan.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Kram Menstruasi

Manfaat pose lotus juga dapat berguna untuk mengurangi kram menstruasi. Karena pose lotus membuat daerah panggul kita kuat dengan meregangkan otot-otot, pose ini juga membantu mengurangi kram otot.

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat pose lotus berikutnya yakni untuk meningkatkan konsentrasi. Saat melakukan pose lotus, kita akan menutup mata dan fokus pada pernapasan. Cara ini dinilai dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita.

Membantu Menciptakan Keseimbangan Antara Pikiran, Tubuh, dan Jiwa

Manfaat pose lotus terakhir untuk menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Padmasana adalah salah satu pose terbaik untuk menenangkan pikiran dan tubuh kita. Bernapas dalam-dalam selama pose lotus akan membantu melemaskan tubuh dan membangkitkan berbagai titik energi.

4 dari 4 halaman

Ardha Padmasana

Ardha Padmasana adalah pose setengah lotus, di mana alih-alih menempatkan kedua tumit Anda di paha yang berlawanan, Anda hanya perlu menempatkan satu tumit saja di paha yang berlawanan. Setelah beberapa menit, Anda dapat mengganti dan menempatkan tumit lainnya di paha yang berlawanan. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan padmasana, dapat memulai dengan pose setengah lotus ini.

ardha padmasana
fitsri.com

Berikut beberapa manfaat penting dari pose Ardha padmasana, atau pose setengah lotus:

Meningkatkan Pencernaan

Selama melakukan ardha padmasana, aliran darah akan diarahkan ke daerah perut. Hal ini akan membantu mengurangi sembelit dan membantu pencernaan.

Memperbaiki Postur

Karena kita perlu menjaga punggung tetap lurus saat melakukan ardha padmasana atau pun padmasana, pose ini juga akan membantu memperbaiki postur dan juga memperkuat tulang belakang kita.

Mengurangi Kemungkinan Penyakit Jantung

Pernapasan dalam sangat penting dalam melakukan padmasana dan ardha padmasana. Hal ini akan meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan melebarkan pembuluh darah sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini