Kelebihan Masker Kain Katun, Alternatif Pencegah Virus Corona

Kamis, 26 Maret 2020 17:15 Reporter : Novi Fuji Astuti
Kelebihan Masker Kain Katun, Alternatif Pencegah Virus Corona Ilustrasi Masker Hidung. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Memakai masker menjadi salah satu usaha untuk mencegah terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Di tengah meningkatnya pasien virus Corona, mendadak masker menjadi barang langka dan kalaupun ada harganya selangit.

Tak heran jika hal itu membuat orang-orang mulai berkreasi dan mencari alternatif sendiri untuk membuat masker dari kain katun. Ismail Fahmi, founder Media Karnels Indonesia membuat sebuah utas di Twitter tentang 'Mengatasi Kelangkaan Masker'.

"Tread ini dibuat para ibu rumah tangga yang suka menjahit, dan para tukang jahit. Tentang masker yang bisa dibuat sendiri berdasarkan penelitian dari Cambridge University," tulis Ismail di Twitter pribadinya @ismailfahmi pada Senin (21/2/2020).

Lebih lanjut Ismail menjelaskan penggunaan masker bedah sebaiknya dipakai oleh tenaga kesehatan yang menghadapi Corona di garda terdepa. "Publik umum non medic? Kita cari cara lain. Kita bantu mereka dengan tidak menggunakan masker yang mereka butuhkan” ungkap Ismail dalam unggahannya.

1 dari 2 halaman

Kelebihan Masker Kain

Menurut penelitian, virus Corona memiliki diameter 0.05- 0.2 mikron. Sehubungan dengan itu, ada beberapa bahan telah diuji untuk menangkal virus yang seukuran SARS itu.

Bahan-bahan tersebut seperti bahan masker bedah, filter vacuum cleaner, lap piring, kaos katun campuran, kaos katun 100% hingga sutra. Dari banyaknya kain masker bedah menjadi kain yang paling dapat menahan partikel hingga 97%, sedangkan yang paling tidak bagus adalah kain sutra.

"Kalau dibandingkan dengan masker beda, ternyata t-shirt katun, cover bantal itu paling enak. Sebaliknya, lap piring yang didobel paling susah dipake bernapas, ngalahin filter vacuum cleanernya" tulis Ismail dalam akun twitternya.

2 dari 2 halaman

"Ia menyimpulkan bahwa material terbaik untuk Do It Yourself (DIY) adalah katun 100%, kain sarung bantal dan bahan katun pada umumnya. Ini akan memfilter 50% dari partikel 0.2 mikron (ukuran corona virus)," jelas Ismail.

Dikutip dari berbagai sumber selain dapat mencegah penyebaran Corona masker kain katun memiliki kelebihan. Masker kain yang kerap disebut sebagai masker hijab ini lebih nyaman saat dipakai. Biasanya masker kain tersedia dengan berbagai desain, ada yang menggunakan empat tali, dua tali dengan tali karet atau tali bersilang.

Harganya pun terbilang lebih ekonomis karena bisa digunakan untuk beberapa kali dengan catatan sering dicuci tetapi kualitasnya tetap terjaga dan tidak turun.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini