Kecelakaan Bus di Ciamis Diduga Karena Rem Blong, Begini Keterangan Polisi

Senin, 23 Mei 2022 08:56 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Kecelakaan Bus di Ciamis Diduga Karena Rem Blong, Begini Keterangan Polisi Bus Kecelakaan di Ciamis. Humas Polres Ciamis

Merdeka.com - Kecelakaan bus yang menabrak rumah di Jalan Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat, masih terus diselidiki polisi. Akibat kejadian itu empat orang meninggal dunia, dan puluhan lainnya luka-luka. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), dugaan sementara kecelakaan karena rem blong.

Kepala Kepolisian Resor Ciamis, AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, menyatakan jika olah TKP sendiri sudah dilakukan sejak hari Minggu pagi. Walau begitu pihaknya belum bisa menyatakan jika rem blong sebagai kesimpulan penyebab kecelakaan.

"Untuk sementara, dugaan awal karena rem blong, namun nanti akan kami lengkapi dengan saksi lain dan bukti di TKP," kata Tony, mengutip ANTARA, Senin (23/5).

2 dari 3 halaman

Masih Mengumpulkan Keterangan Saksi

Tony mengatakan jika pihaknya masih terus mengumpulkan keterangan para saksi untuk mengetahui lebih jelas penyebab kecelakaan, termasuk ada atau tidaknya unsur kelalaian.

Untuk saat ini, bangkai bus yang mengalami rusak parah di bagian depan sudah dilakukan evakuasi untuk dibawa ke kantor Polres Ciamis.

"Terkait kelalaian, nanti akan melalui proses penyelidikan, kami mohon waktu," katanya.

Akibat peristiwa itu, 24 orang harus dibawa ke sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan setempat. Kemudian, sebanyak delapan orang juga sudah diperbolehkan pulang dan sisanya masih menjalani perawatan intensif.

"Korban meninggal dunia menjadi empat orang, satu orang yang dirujuk meninggal dunia," katanya.

3 dari 3 halaman

Mencari Keberadaan Sopir Bus yang Diduga Kabur

bus kecelakaan di ciamis
Bus Pariwisata Pandawa yang tabrak mobil dan rumah di Ciamis - Humas Polres Ciamis

Selain menggali penyebab bus hilang kendali, Tony juga menyampaikan jika petugas masih turut mencari keberadaan sopir yang dikabarkan melarikan diri setelah menabrak mobil dan rumah.

Polisi juga sudah menanyakan ke pihak perusahaan bus, terkait keberadaan sopir yang disebutkan kabur karena takut diamuk massa.

"Kami belum bisa menyimpulkan dia kabur atau takut diamuk massa, namun ada jaminan perusahaan untuk mendatangkan sopir," katanya.

Bus Tabrak Mobil dan Rumah

Sebelumnya, bus pariwisata Pandawa mengalami kecelakaan di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kendaraan besar tersebut membawa rombongan dari Tangerang Banten, dan saat itu baru pulang dari wisata ziarah di daerah Panjalu.

Saat mulai memasuki jalur turunan di Payungsari, Dusun Pari, Panumbangan, bus kemudian berjalan zig-zag dan tak terkendali. Setelah itu bus sempat menabrak sejumlah kendaraan dan akhirnya sebuah rumah hingga hancur total.

Peristiwa sendiri terjadi pada hari Sabtu, 21 Mei 2022, sekitar pukul 17.30 WIB, hingga menghebohkan warga dan viral di media sosial. [nrd]

Baca juga:
Sopir Bus Maut di Ciamis Menyerahkan Diri ke Polisi
Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Diduga akibat Rem Blong
Kemenhub sebut Bus Pariwisata yang Kecelakaan di Ciamis Tidak Berizin
Kesaksian Warga saat Bus Alami Kecelakaan di Ciamis, Sempat Melaju Zig-zag
Sebelum Kabur, Sopir Bus Kecelakaan di Ciamis Sempat Dibawa ke Puskesmas dan RSUD
Polisi Buru Sopir Bus yang Kabur saat Kecelakaan Maut di Ciamis Tewaskan Empat Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini