Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kebiasaan yang Bisa Mempertajam Daya Ingat, Bisa Cegah Masalah Kognitif

Memiliki ingatan yang tajam dan mencegah masalah kognitif penting untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama seiring bertambahnya usia.

Untungnya, ada beberapa kebiasaan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menjaga otak kita tetap tajam. Dengan memasukkan kebiasaan-kebiasaan ini ke dalam rutinitas harian kita, kita dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga kejernihan mental. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat mempertajam ingatan Anda dan mencegah masalah kognitif:

Tetap aktif secara mental

Terlibat dalam kegiatan yang merangsang mental secara teratur sangat penting untuk kesehatan otak. Pecahkan teka-teki, teka-teki silang, baca buku, pelajari keterampilan atau bahasa baru, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang menantang pikiran Anda. Hal ini membantu menstimulasi aktivitas otak dan mencegah penurunan kognitif.

Olahraga secara teratur

Latihan fisik tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik kita, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi otak kita. Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke otak, mendorong pertumbuhan neuron baru, dan meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Ikuti pola makan yang seimbang

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan otak. Sertakan makanan yang kaya antioksidan, asam lemak omega-3, dan vitamin dalam menu makanan Anda. Makanan seperti buah beri, ikan berlemak, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Hindari gula dan makanan olahan yang berlebihan, karena dapat merusak kemampuan kognitif.

Tidur yang cukup

Tidur sangat penting untuk konsolidasi memori dan pemrosesan kognitif. Kurang tidur dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, masalah memori, dan penurunan fungsi kognitif. Usahakan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk menyegarkan otak Anda dan meningkatkan kinerja kognitif.

Kelola stres

Stres kronis dapat berdampak buruk pada daya ingat dan kemampuan kognitif. Temukan cara yang sehat untuk mengelola stres, seperti melakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau latihan pernapasan dalam. Beristirahat, mempraktikkan manajemen waktu, dan mencari dukungan sosial juga merupakan strategi manajemen stres yang efektif.

Tetap aktif secara sosial

Terlibat dalam kegiatan sosial dan menjaga hubungan tidak hanya penting untuk kesehatan emosional kita, tetapi juga untuk kesehatan kognitif kita. Interaksi sosial menstimulasi otak dan membantu mencegah penurunan kognitif. Tetaplah terhubung dengan keluarga dan teman, bergabunglah dengan klub atau kelompok komunitas, dan berpartisipasi dalam acara sosial.

Tantang daya ingat Anda

Sama seperti otot lain dalam tubuh kita, otak kita membutuhkan olahraga teratur agar tetap tajam. Jaga agar ingatan Anda tetap aktif dengan menantang diri Anda sendiri dengan permainan memori, teka-teki, atau bahkan menghafal daftar atau puisi. Hal ini membantu meningkatkan retensi memori dan kemampuan mengingat.

Berlatihlah dengan penuh perhatian dan meditasi

Teknik mindfulness dan meditasi telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan rentang perhatian. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk melatih kesadaran atau meditasi, dengan berfokus pada saat ini dan menenangkan pikiran.

Kebiasaan ini mungkin juga akan membantu mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit kognitif, seperti Alzheimer atau demensia. Namun, hal ini tidak menjamin bahwa seseorang yang memiliki daya ingat yang baik akan terbebas dari penyakit kognitif, karena ada banyak faktor lain yang berpengaruh, seperti genetik, riwayat kesehatan, dan lingkungan.

Oleh karena itu, selain mempertajam daya ingat, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala-gejala gangguan kognitif, seperti lupa, bingung, kesulitan berbicara, atau perubahan perilaku.

Kebiasaan yang Harus Dihindari

Daya ingat adalah kemampuan otak untuk menyimpan dan mengambil informasi. Daya ingat sangat penting untuk belajar, berpikir, dan berkomunikasi. Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa menurunkan daya ingat, antara lain:

  • Kurang tidur. Kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk memproses informasi secara efektif. Kurang tidur juga dapat mengurangi konsentrasi dan daya ingat jangka pendek.

  • Stres dan depresi. Stres dan depresi dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan neurotransmiter di otak, yang berperan dalam fungsi memori. Stres dan depresi juga dapat mengurangi motivasi, minat, dan perhatian terhadap informasi baru.

  • Kurang berolahraga. Kurang olahraga dapat mengurangi aliran darah dan oksigen ke otak, serta menghambat pertumbuhan sel-sel saraf baru. Kurang olahraga dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan memori, serta meningkatkan risiko penyakit kognitif, seperti Alzheimer dan demensia.

  • Merokok, narkoba, dan alkohol. Merokok, narkoba, dan alkohol dapat merusak sel-sel otak dan pembuluh darah, serta mengganggu keseimbangan kimia otak. Merokok, narkoba, dan alkohol dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan memori, serta meningkatkan risiko penyakit kognitif.

  • Mengonsumsi asupan yang kurang bergizi. Kurang asupan gizi dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak, peradangan, dan penurunan kinerja otak. Beberapa nutrisi yang berperan dalam fungsi memori adalah omega-3, antioksidan, vitamin B, dan zat besi. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut, seperti ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi
10 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Kebiasaan Membaca Fiksi

Terdapat banyak manfaat terhadap keseahtan mental yang bisa kita peroleh dari membaca karya fiksi.

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Memperburuk Masalah Kecemasan
5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Memperburuk Masalah Kecemasan

Sejumlah kebiasaaan yang kita lakukan di malam hari justru bisa menjadi penyebab dan memperburuk kecemasan yang kita alami.

Baca Selengkapnya
7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Meningkatkan Energi Secara Drastis
7 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Meningkatkan Energi Secara Drastis

Aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari bisa menimbulkan rasa lelah yang membuat energi turun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merampas Kebahagiaan dan Ketenangan Hidup Kita
6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merampas Kebahagiaan dan Ketenangan Hidup Kita

Sejumlah kesalahan dan perbuatan kita justru bisa membuat kebahagiaan terampas dari diri.

Baca Selengkapnya
Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan Dini, Bikin Muka Tampak Boros
Kebiasaan yang Mempercepat Penuaan Dini, Bikin Muka Tampak Boros

Kebiasaan yang bisa mempercepat tanda penuaan dini adalah faktor-faktor yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Baca Selengkapnya
Deretan Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Timbulkan Rasa Capek di Besok Hari
Deretan Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Timbulkan Rasa Capek di Besok Hari

Kondisi lelah yang kita alami di hari ini bisa terjadi akibat hal yang kita lakukan kemarin malam.

Baca Selengkapnya
8 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Bisa Picu Munculnya Stres
8 Kebiasaan Buruk Sehari-hari yang Bisa Picu Munculnya Stres

Tanpa kita sadari, sejumlah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari ternyata bisa menjadi penyebab terjadinya stres pada kehidupan kita.

Baca Selengkapnya
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tak Disangka Bisa Tingkatkan Risiko Demensia
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tak Disangka Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

Kebiasaan sehari-hari yang kita miliki ternyata bisa berpengaruh terhadap munculnya risiko demensia di diri kita.

Baca Selengkapnya
8 Kebiasaan Terkait Kecantikan yang Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan Kulit
8 Kebiasaan Terkait Kecantikan yang Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan Kulit

Sejumlah kebiasaan terkait kecantikan yang kita lakukan bisa sangat berdampak buruk bagi kesehatan kulit kita.

Baca Selengkapnya