Kondisi Terbaru Dokter Tirta yang Dirawat dengan Status PDP

Minggu, 29 Maret 2020 19:29 Reporter : Alieza Nurulita Dewi, Miftahul Arifin
Kondisi Terbaru Dokter Tirta yang Dirawat dengan Status PDP Indonesia Mall. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Dokter Tirta Mandira Hudi, atau akrab dipanggil Tirta, belakangan mencuri perhatian publik. Pria kelahiran Surakarta, 30 Juli 1991 ini adalah dokter lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Sejak kemunculan virus corona di Indonesia nama dokter Tirta kerap jadi sorotan. Terlebih saat stetmen dan gagasan yang di utarakan cukup berani. Semua dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona yang tengah melanda Indonesia saat ini.

Tidak hanya setetmen dan gagasan saja, dokter lulusan dari FK UGM ini juga melakukan tindakan nyata dengan terjun langsung ke lapangan. Ia juga memberikan edukasi baik secara langsung maupun melalui media sosial bagaimana cara hidup sehat agar terhindar dari virus Covid-19.

1 dari 5 halaman

Isolasi di Rumah Sakit

drtirta

2020 Merdeka.com /Instagram dr.tirta

Dokter Tirta Mandira Hudi atau yang akrab di sapa dokter Tirta saat ini tengah menjalani perawatan isolasi di salah satu rumah sakit. Ia di tetapkan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) Corona karena sempat memasuki zona merah peta penyebaran corona di DKI Jakarta.

Dalam unggahan di akun sosial media instagram miliknya, terlihat dokter Tirta tengah duduk di ranjang rumah sakit lengkapi dengan jarum infus di tangan. Meskipun demikian dokter Tirta tetap melakukan aktivitas di dalam ruangan dengan memberikan edukasi-edukasi melalui instagram miliknya.

2 dari 5 halaman

Tetap Jalankan Misi Kemanusiaan

drtirta

2020 Merdeka.com /Instagram dr.tirta

Meski berstatus PDP, dokter Tirta tetap membagikan informasi terkini terkait misi kemanusiaan yang Ia lakukan bersama tim. Dibantu oleh teman-temannya, beberapa bantuan untuk cegah penyebaran corona telah dibagikan ke berbagai wilayah.

"@kurirkebaikan.id kerjasama @dewan_masjid_indonesia menyalurkan bantuan madu dan telur untuk penjaga dan jamaah Masjid Jami Jakarta Barat yang sedang di isolasi Semoga bermanfaat Semangat semua. Dana berasal dari donasi kalian via linksaya di @kitabisacom" tulis dokter Tirta dalam postingannya.

3 dari 5 halaman

Sempat Desak Pemerintah

drtirta

2020 Merdeka.com /Instagram dr.tirta

Sebelum jatuh sakit dan berstatus PDP, sebagai relawan Covid-19 Dokter Tirta pernah memberikan saran kepada pemerintah terkait penanganan virus corona di tanah air.

Saat ini menurut dokter Tirta, satu-satunya jalan menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia adalah dengan melakukan karantina wilayah sesegera mungkin.

"Kalau mau selesai, satu-satunya cara adalah menahan migrasi orang-orang, sehingga infeksi rate bisa dikontrol sambil tenaga medis menyelesaikan masalah," ujar dokter Tirta dikutip dari Liputan6.com

Kemudian dalam kesempatan lain dokter Tirta penah membalas langsung cuitan Presiden Joko Widodo. Dalam cuitannya, dokter Tirta mendesak pemerintah segera melakukan karantina wilayah untuk menghindari penyebaran virus corona yang semakin meluas.

4 dari 5 halaman

Kondisi Terbaru

dokter tirta

2020 Merdeka.com/instagram @dr.tirta

Dalam postingannya terbaru, Dokter Tirta terlihat lebih sehat. Melalui caption yang ditulis, Ia menjelaskan kronologi yang membuatnya bisa dirawat dan masuk dalam golongan PDP.

"Dua

Rabu saya rapid test di @dewan_masjid_indonesia dan hasilnya negatif

Kamis : saya keliling ke 8 rumah sakit kasi apd sampe jam 3 pagi

Jumat: kondisi saya belum tidur, saya ke wisma atlet, makan bakso grobak, depan wisma atlet, sepulang dari wisma atlet, sabtu subjh saya demam + batuk + nyeri TELAN. Jembik. Baksonya kayanya ye

Sabtu : saya ke rs @kartikahospital , paru2 gambaran bronkitis kronis , lab normal, tak ada gambaran faringitis (negatif)

Status : pdp (karena riwayat ke redzone)

Minggu : rapid test kedua kalinya, NEGATIF, mau d lakukan swab, radang tenggorok sudah ga ada, cari lendir susah, hasil PCR keluar selasa, gejala ga ada lagi, cuma batuk ringan, demam turun tanpa obat

Diagnosa : bronkitis kronis akibat rokok HAHAHAAHAHA BAJILAK. CORONA AMAN, ROKOK MEMBUNUHMU , status ODP HIJAU ! MANTAP CUUUK !

Ga ada halangan, selasa saya cabut dari @kartikahospital , makasih semua yg mendoakan" tulis dokter Tirta.

5 dari 5 halaman

Ucapan Terima Kasih dari Dokter Tirta

Dalam postingan tersebut, dokter Tirta juga menjelaskan dirinya mulai mendapat perhatian dari pemerintah. Ia bahkan menandai Presiden Joko Widodo dan beberapa stafnya.

Ucapan terima kasih juga dokter Tirta sampaikan untuk orang-orang yang telah memberikan perhatian pada dirinya.

"Makasih banyak @jokowi dan @belvadevara dan temen2 kementerian inc @kemenkes_ri telpon kabar, saya akui, pemerintah sampe telpon saya, menanyakan kabar itu luar biasa

Makasih @divisihumaspolri , udah chat dan kasi semangat

Makasih dokter puskes tni, sudah chat dan kasi semangat, temen temen followers, temen @kurirkebaikan.id , @andhikae.putra @muhammad_ers @muhammad_ers dkk

Semua dokter, dosen, @ardilamry @cop86 @hasbyristama , pd fk 09 ugm, dan semua followers" tulis dokter Tirta.

Ia juga memberikan klarifikasi bahwa dirinya tidak postif corona.

"Info yg mengatakan saya POSITIF CORONA ITU HOAX !" tegas dokter Tirta dalam postingannya.

[mif]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini