Fungsi Mikroskop yang Perlu Anda Ketahui, Berikut Bagian-bagiannya

Rabu, 10 Juni 2020 17:50 Reporter : Andre Kurniawan
Fungsi Mikroskop yang Perlu Anda Ketahui, Berikut Bagian-bagiannya Ilustrasi mikroskop. ©Shutterstock/Sven Hoppe

Merdeka.com - Manusia memiliki mata yang berfungsi sebagai indra penglihatan. Namun, meskipun mata berfungsi untuk melihat, bagian tubuh ini tetap memiliki batasan. Mata manusia hanya bisa melihat objek yang berukuran normal hingga besar. Tapi untuk objek yang berukuran sangat kecil, mata kita tidak akan mampu melihatnya.

Namun, meskipun mata manusia memiliki batasan, mereka masih memiliki otak yang di sana tersimpan berbagai ide dan inovasi sehingga membuat manusia seolah tidak memiliki batasan. Untuk membantu manusia melihat atau melakukan penelitian terhadap suatu objek yang sangat kecil, manusia dengan otaknya membuat alat yang disebut mikroskop.

Mikroskop adalah instrumen yang biasa digunakan di laboratorium sains, untuk memvisualisasikan objek yang sangat kecil seperti sel, mikroorganisme, dan memberikan gambar yang kontras, yang diperbesar. Mikroskop terdiri dari lensa untuk pembesaran, yang masing-masing memiliki kemampuan pembesaran sendiri. Tergantung pada jenis lensa, alat ini akan memperbesar spesimen sesuai dengan kekuatan fokusnya.

Berikut ini, dilansir dari microbenotes.com, fungsi mikroskop yang perlu Anda ketahui beserta bagian-bagiannya.

Baca Selanjutnya: Bagian dan Fungsi Mikroskop...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini