Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Masuk Rumah sesuai Al-Qur'an, Ketahui Keutamaannya

<b>Doa Masuk Rumah sesuai Al-Qur'an, Ketahui Keutamaannya</b><br>

Doa Masuk Rumah sesuai Al-Qur'an, Ketahui Keutamaannya

Sebagai umat Islam, doa masuk rumah seharusnya menjadi amalan sehari-hari yang dirutinkan.

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, umat Islam dianjurkan untuk selalu mengingat Allah dengan cara berdoa. Bahkan untuk hal-hal kecil, Islam melindungi kita dengan doa-doa pendek namun bermakna dalam.

Termasuk saat masuk ke dalam rumah, terdapat doa masuk rumah yang telah diajarkan pada kita untuk diamalkan sehari-hari. Dengan doa masuk rumah ini, kita berharap perlindungan pada Allah. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadist dari Jabir bin ‘Abdillah, ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim).

Beberapa orang mungkin ada yang sudah hafal dengan doa masuk rumah ini, karena bacaannya yang pendek dan mudah untuk dihafal.

Doa Masuk Rumah, Lengkap Beserta Arti dan Keutamaannya

Doa Masuk Rumah

Sebagai seorang umat muslim, tentu akan sangat baik jika kita bisa mengingat Allah dalam setiap aktivitas yang sedang dikerjakan.

Doa masuk dan keluar rumah merupakan salah satu bentuk amalan yang membantu kita untuk terus mengingat Allah meski sedang keluar atau masuk ke dalam rumah.

Doa masuk rumah terdapat dalam salah satu hadis yang artinya,

Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Artinya: Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR. Abu Daud).

Namun, Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini adalah dho’if. Syaikh Al Albani juga mendho’ifkan hadis ini. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa hadis yang satu ini adalah hadis yang lemah.

Lalu apa yang bisa kita baca ketika hendak masuk ke dalam rumah? Sebenarnya mengucapkan salam saja sudah cukup ketika kita masuk ke dalam rumah.

Terkait pengucapan salam saat memasukki rumah ini juga sudah diterangkan dalam Al-Qur'an yang artinya:

“Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” 

(QS. An Nur: 61).

Bagaimana jika Masuk ke Rumah Kosong atau Tak Berpenghuni?<br>

Bagaimana jika Masuk ke Rumah Kosong atau Tak Berpenghuni?

Ketika hendak memasuki rumah yang tidak berpenghuni atau rumah kosong atau rumah yang tidak ada orang di dalamnya, maka mengucapkan salam tidaklah wajib dan hanya sunnah saja.

Namun tetap ada bacaan doa masuk rumah yang tidak berpenghuni. Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,

“Jika seseorang masuk rumah yang tidak didiami, maka ucapkanlah “Assalamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibadillahish sholihiin (salam bagi diri kami dan salam bagi hamba Allah yang sholeh)” 

(HR. Bukhari. Sanad hadist ini hasan sebagaimana dikatakan oleh Al Hafizh Ibnu Hajar dalam Al Fath, 11: 17).

Doa Keluar Rumah

Doa masuk dan keluar rumah berikutnya adalah doa ketika kita hendak keluar rumah.

Doa keluar rumah mungkin menjadi salah satu doa yang familiar bagi kita. Berikut bacaan doa keluar rumah:

'Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah"

Artinya:
"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya."

Terkait doa masuk dan keluar rumah tersebut, terdapat hadis dari Anas bin Malik, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah’, maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga”. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Selain bacaan doa keluar rumah tersebut, ada juga bacaan zikir lain yang bisa dilafalkan ketika hendak keluar rumah. Zikir ini terdapat dalam hadis dari Ummu Salamah, beliau berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah keluar dari rumahku kecuali beliau menghadapkan pandangannya ke langit, lalu beliau membaca dzikir: Allahumma inni a’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya (Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesesatan diriku atau disesatkan orang lain, dari ketergelinciran diriku atau digelincirkan orang lain, dari menzholimi diriku atau dizholimi orang lain, dari kebodohan diriku atau dijahilin orang lain)” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah).

Keutamaan Doa Masuk Rumah

Ada beberapa keutamaan doa masuk rumah yang bisa didapatkan oleh umat Muslim, antara lain:

- Mendapat Rezeki Berlimpah

Umat Muslim yang berdoa sebelum masuk rumah juga akan mendapatkan rezeki berlimpah.

Sebagaimana hadis berikut, artinya:

“Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

- Terhindar dari Gangguan Setan

Keutamaan membaca doa masuk rumah berikutnya adalah terhindar dari gangguan setan. Setiap Muslim yang mau mengamalkan doa ini akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

“Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya): Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan. Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya): ‘Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam’. Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata: ‘Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam’.” (HR Muslim)

- Terhindar dari Segala Macam Bahaya

Keutamaan doa masuk rumah selanjutnya adalah terhindar dari segala macam bahaya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis, artinya:

“Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’.” (Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR Abu Daud)

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya, Amalkan Sehari-Hari
Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya, Amalkan Sehari-Hari

Doa masuk kamar mandi untuk memohon perlindungan dari setan, dan juga untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Baca Selengkapnya
Doa Dijauhkan dari Maksiat, Ketahui Kiatnya dalam Islam
Doa Dijauhkan dari Maksiat, Ketahui Kiatnya dalam Islam

Umat muslim dianjurkan untuk terus berdoa memohon perlindungan Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Keluar Masjid dan Artinya, Perlu Diketahui
Doa Keluar Masjid dan Artinya, Perlu Diketahui

Penting untuk memperhatikan doa masuk masjid dan doa keluar masjid.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Bacaan Doa Mau Tidur dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Doa mau tidur ini bertujuan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Doa Buka Puasa dan Keutamaan Menyegerakan Berbuka, Umat Muslim Wajib Tahu
Doa Buka Puasa dan Keutamaan Menyegerakan Berbuka, Umat Muslim Wajib Tahu

Doa buka puasa sebagai bentuk syukur kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Begini Penjelasan Ular Masuk Rumah Menurut Al-Quran, Ketahui Doa Mengusirnya
Begini Penjelasan Ular Masuk Rumah Menurut Al-Quran, Ketahui Doa Mengusirnya

Berikut penjelasan mengapa ular masuk rumah menurut Al-Quran beserta doa mengusirnya.

Baca Selengkapnya
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin

Dalam Islam, terdapat beberapa doa harian yang dianjurkan untuk dihafalkan dan diamalkan. Doa ini memiliki makna mendalam dan memperkuat hubungan kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Doa Keberkahan Rumah Tangga dalam Islam, Ketahui Kiatnya
Doa Keberkahan Rumah Tangga dalam Islam, Ketahui Kiatnya

Rumah tangga yang harmonis dan penuh berkah menjadi sebuah tujuan.

Baca Selengkapnya
Doa Masuk Masjidil Haram Arab Latin dan Artinya, Pelajari Segera
Doa Masuk Masjidil Haram Arab Latin dan Artinya, Pelajari Segera

Sebagai tempat suci umat Islam, dianjurkan untuk membaca doa ini saat hendak memasuki Masjidil Haram.

Baca Selengkapnya